12th Gen Intel® Core™ H Series Muncul di ROG Series

Setelah diumumkan secara global di ajang CES 2022, ASUS kini mengumumkan jajaran laptop gaming inovatif ROG terbaru dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Jajaran laptop gaming ROG terbaru tersebut di antaranya adalah laptop gaming terbaik untuk penggemar eSports ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17, laptop gaming ultra-portable 16-inci yang tipis dan ramping ROG Zephyrus M16, serta inovasi terbaru yaitu tablet gaming paling powerful di dunia ROG Flow Z13.

Ditenagai 12th Gen Intel® Core™ H Series Processor

ROG Strix SCAR Series, ROG Zephyrus M16, dan ROG Flow Z13 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel® 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi Core™ yang terdiri dari Performance Core (P-Core) dan Efficient Core (E-Core). Sesuai dengan namanya, P-Core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-Core   bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi serta optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya. Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series, yaitu Intel® Core™ i9-12900HK, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 Core (6 P-Core dan 8 E-Core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

Dilengkapi MUX Switch

Seluruh jajaran laptop gaming ROG di tahun 2022 juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik. Salah satunya adalah MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan dengan lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Baca juga  Zenbook Flip UM462, Laptop dengan Layar Putar 360 derajat

Varian ROG ASUS Yang Menggunakan 12th Gen Intel

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17

ROG Strix SCAR kembali tampil di tahun 2022 sebagai laptop andalan para penggemar eSports. Berfokus pada performa, laptop gaming ini telah dibekali dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ dengan varian tertingginya yaitu hingga Intel® Core™ i9-12900H yang mengusung konfigurasi 14 Core dan 20 thread (6 P-Core dan 8 E-Core). Chip grafis NVIDIA generasi terbaru yang didinginkan oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ yang telah menggunakan liquid metal. ROG Strix SCAR juga dibekali dengan MUX Switch, penyimpanan PCIe SSD Gen4 x4, serta memori DDR5 4800MHz untuk pengalaman bermain game yang maksimal.

Kecepatan adalah ciri khas ROG Strix SCAR dan untuk itulah laptop ini dibekali dengan opsi layar hingga Full HD 300Hz dan QHD 240Hz. Laptop favorit atlet eSports ini juga dibekali dengan teknologi dari Dolby Vision HDR serta dilengkapi Adaptive Sync agar gamer terhindar dari efek screen tearing dan stuttering. Sementara itu, response time yang cepat 3ms memastikan pengguna ROG Strix SCAR selalu unggul di medan pertempuran. ROG Strix SCAR hadir dalam dua varian yaitu Strix SCAR 15 dengan layar 15-inci serta Strix SCAR 17 dengan layar 17-inci.

ROG Zephyrus M16

Salah satu pelopor laptop gaming dengan layar 16-inci kini kembali hadir dengan prosesor yang telah di-upgrade ke 12th Gen Intel® Core™ H Series. Dibekali prosesor hingga Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 Core dan 20 thread (6 P-Core dan 8 E-Core) serta chip grafis NVIDIA terbaru. Tidak hanya powerful, ROG Zephyrus M16 juga sangat portabel karena mengusung bodi dengan desain minimalis, ringkas, dan ringan.

Baca juga  ASUS dan Erafone Gelar Tukar Tambah Smartphone Lama dengan Laptop ASUS

12th Gen Intel ROG Series

ROG Zephyrus M16 juga kembali dibekali dengan layar berkualitas dan mampu menghasilkan detail visual terbaik di kelasnya. Layar laptop gaming ini mampu menghasilkan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display. Hal tersebut membuat ROG Zephyrus M16 juga dapat diandalkan oleh para gamer sekaligus content creator profesional.

ROG Flow Z13

Berbeda dengan semua laptop yang diperkenalkan sebelumnya, ROG Flow Z13 merupakan tablet gaming paling powerful di dunia. Meski sangat ringkas, ROG Flow Z13 memiliki performa yang tinggi karena ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ dengan varian tertingginya yaitu hingga Intel® Core™ i9-12900H yang mengusung konfigurasi 14 Core dan 20 thread (6 P-Core dan 8 E-Core) dan chip grafis NVIDIA terbaru. Tidak hanya itu, tablet gaming ini juga dibekali memori LPDDR5 5200MHz serta MUX Switch untuk performa gaming maksimal. ROG Flow Z13 juga tampil dengan desain futuristik yang terinspirasi dari tema luar angkasa di abad ke-20 namun tetap mengedepankan konsep utamanya, yaitu portabilitas.

ASUS menghadirkan dua opsi layar untuk ROG Flow Z13. Pertama adalah layar 4K 60Hz dengan color gamut 85% DCI-P3. Sementara opsi kedua adalah layar Full HD 120Hz dengan color gamut 100% sRGB. Keduanya mengadopsi rasio layar 16:10, mendukung teknologi Dolby Vision, dilapisi Corning Gorilla Glass, dibekali Adaptive-Sync, serta mengantongi sertifikasi PANTONE® Validated Display.

Karena merupakan sebuah tablet, ROG Flow Z13 dapat dioperasikan menggunakan layar sentuh yang terintegrasi. Terdapat pula keyboard dengan touchpad yang dapat dilepas-pasang serta penyangga bodi utama yang dapat dibuka hingga 170⁰. Karena komponen utamanya terdapat di belakang layar, ROG Flow Z13 memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dibandingkan dengan laptop tradisional. Hal tersebut pula yang membuat ROG Flow Z13 mampu menampung hardware kelas gaming meski tampil dengan bodi yang sangat ringkas.

Jika Anda membutuhkan performa grafis yang lebih kencang, ROG Flow Z13 juga dapat dihubungkan ke ROG XG Mobile yang merupakan solusi GPU eksternal terbaik saat ini. Tidak hanya kompatibel dengan seri pertama yang dirilis tahun 2021, ROG Flow Z13 dan ROG Flow X13 juga dapat digunakan bersama ROG XG Mobile seri terbaru yang ditenagai chip grafis NVIDIA dan AMD Radeon generasi terkini. Tentu saja ROG XG Mobile tetap dibekali dengan berbagai port ekstra serta dapat berfungsi sebagai adapter daya ketika dihubungkan ke ROG Flow Z13.

Baca juga  Mengenal Snapdragon 660, otak dibalik ASUS Zenfone Max Pro M2

TUF Gaming F15

Tidak hanya jajaran laptop ROG, ASUS juga segera menghadirkan jajaran laptop TUF Gaming F15 terbaru dalam waktu dekat di Indonesia. Seri TUF Gaming kembali hadir dengan desain baru dan tetap menawarkan pengalaman gaming terbaik serta durabilitas bodi yang tangguh. 

Kali ini, TUF Gaming F15 ditenagai oleh  generasi terbaru serta chip grafis laptop NVIDIA generasi terbaru dengan TGP hingga 140W, memberikan kombinasi hardware yang sangat powerful untuk bermain game. Seri TUF Gaming terbaru kali ini juga telah dilengkapi dengan MUX Switch yang berfungsi untuk meningkatkan performa gaming dengan cara mengalihkan jalur data dari chip grafis secara langsung ke display tanpa harus melalui chip grafis terintegrasi yang ada di prosesor. Dengan demikian, performa gaming dapat meningkat hingga 10% di sebagian besar game modern yang ada saat ini.

Pendinginan juga menjadi fokus pada TUF Gaming F15 kali ini. Keduanya kini telah dilengkapi dengan dua kipas Arc Flow Fans™ yang memiliki lebih banyak bilah kipas (84 bilah). Setiap bilah dari kipas tersebut memiliki ketebalan yang bervariasi dari pangkal hingga ke ujung bilah untuk memaksimalkan aliran udara. Desain tersebut dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang. Berkat inovasi tersebut, sistem pendinginan TUF Gaming terbaru dapat tampil lebih senyap namun mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.