OxygenID, Upaya Startup dan Modal Ventura Penuhi Oksigen Konsentrator

Malam kelam di RS Sardjito menjadi saksi puluhan pasien meregang nyawa akibat ketiadaan pasokan oksigen malam itu. Meskipun beberapa rumah sakit di Yogyakarta bertindak cepat dengan mengirimkan bantuan oksigen namun tetap saja ada kurang lebih 63 pasien meninggal dunia akibat kesulitan bernafas.

OxygenID Saat Startup dan Ventura Bergerak

Hal ini tentunya menjadi keprihatinan kita bersama, tidak terkecuali platform aplikasi investasi Bibit yang berupaya melakukan penggalangan dana lewat program #WargaBantuWarga. Campaign sosial ini menargetkan terpenuhinya 10000 oksigen konsentrator yang bisa disebarkan guna membantu penanganan pasien Covid 19.

oxygenID campaign pengadaan oksigen konsentrator
tabung oksigen. Sumber: Katadata

Penggalangan dana ini dilakukan Bibit dengan menggandeng Kitabisa.com untuk mengajak peran serta masyarakat bergerak dalam kondisi pandemi ini. Langkah kecil ini merupakan bagian dari gerakan investor, startup dan individu dalam gerakan sosial OxygenID. Selain Bibit dan Kitabisa, tercatat beberapa startup teknologi seperti Flip, Pluang, Mapan, BukuWarung, Halodoc, Xendit, Bonza, TokoCrypto, Payfazz, Advotics, eFishery, Waresix, KAYA.ID, Koinworks turut serta dalam gerakan OxygenID.

Modal Ventura Upayakan 1000 Oksigen Konsentrator

Selain rekan-rekan startup, perusahaan modal ventura juga turut ambil bagian untuk mensukseskan gerakan ini. Dimotori oleh East Ventures, perusahaan investor berupaya memperoleh modal untuk memasok 1000 oksigen konsentrator lewat gerakan Indonesia PASTI BISA yang nantinya akan digabungkan dalam total 10000 oksigen konsentrator OxygenID. Campaign Indonesia PASTI BISA sendiri turut menggandeng Dedy Corbuizer guna mempromosikan gerakan sosial ini.

Rencananya 10000 Oksigen konsentrator ini akan disebar ke 200 rumah sakit di Indonesia. Harapannya, tidak ada lagi kesulitan bagi rumah sakit dalam menyediakan oksigen bagi para pasiennya.

Masyarakat Bisa Turut Berperan

Untuk warga masyarakat yang ingin turut serta dalam gerakan sosial ini, dapat membantu dengan melakukan donasi di https://kitabisa.com/campaign/untukterdampakcovid19. Untuk saat ini penggalangan dana ditargetkan mencapai angka 1.5 miliar rupiah, dan terhitung malam ini sudah berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 1.176.818.374 dari 35ribu lebih orang-orang baik di Indonesia. Yuk turut serta berperan membantu kegiatan gotong royong demi penanganan pandemi yang lebih baik.

Baca juga  Konsultasi Dokter Mudah dengan SehatQ.Com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *