Kuliner Khas Pasuruan, Apa Saja?

Pasuruan, entah Kab. atau Kota memiliki banyak sekali makanan yang tersimpan dan tanpa dipublish pun, sudah enak dan viral di wilayahnya. Pasuruan dalam hal kuliner, tidak kalah dengan kota-kota lain yang menyuguhkan kuliner banyak.

Kulinernya khas, menggambarkan wilayah tersebut. Ada ketupat, soto, hingga camilan seperti cenil dan lain sebagainya. Klepon juga ada, yang penting rasa pasti beda. Makanan khas, menjadi hal yang masih dicari hingga sekarang. Jadi jangan mau ke Pasuruan kalau belum mencoba hal ini!

Berikut makanan khas Pasuruan, yang bisa dicoba:

1. Kupang Kraton

Kupang Kraton, merupakan makanan khas milik Pasuruan. Jangan ditanya, rasa sedapnya merajalela hingga ke ubun-ubun. Bumbu petis, kuah bisa menjadi satu rasa yang nikmat jika dijadikan satu. Komposisi pas.

Makanan ini, terbuat dari bahan utama kerang yang mana dicampurkan ke bumbu bawang putih, petis, jeruk nipis, irisan lento, dan lontong. Terdapat juga, tambahan sate kerang dan cabe rawit sebagai pelengkap, serta ditutup oleh segelas es degan hijau agar semakin menyegarkan.

2. Rawon Sate Komoh

Pasti banyak yang belum mendengar kuliner ini. Kuliner ini lebih terkenal Rawon saja, atau Sate Komoh saja. Ternyata, di Pasuruan sajian masakan ini bisa dijadikan satu dan masih enak, rasanya nyantol. Makanan ini, terbuat dari bawang putih, bawang merah, jeruk purut, laos, serai, dan jinten.

Rasa rempah-rempahnya mantap, dan lebih nikmat jika disantap selagi hangat. Gajih dan empalnya menggiurkan, kemudian Sate Komoh juga dari daging sapi, yang diiris kotak-kotak, dan dibakar pakai arang. Pastinya nikmat, dengan hal ini.

3. Nasi Punel

Nasi Punel, merupakan kuliner khas Pasuruan selanjutnya, dimana merupakan nasi campur, yang terdiri dari beragam lauk pauk. Nasi yang disediakan, terasa setengah lembek. Lauk pauk yang ada juga beragam, mulai dari tempe, tahu, sambal kacang panjang, sayur nangka muda, dan ayam bumbu bali.

Kemudian, ada pepes kelapa dan berbagai macam gorengan, mulai dari gorengan babat, usus, paru, hingga daging sapi. Untuk cita rasa, lebih cenderung pedas dengan bumbu rempah yang kuat. Semakin terasa lezat dengan taburan serundeng di atasnya. Nasi Punel, bisa ditemukan di Bangil.

4. Botok Tempe

Makanan khas ini, mudah dijumpai dan banyak sekarang yang masih menjual. Tidak hanya di Pasuruan, masakan ini sudah mendunia hingga ke luar negeri, dimasak oleh orang Indonesia di sana. Botok Tempe, sajiannya yang sederhana, dan mudah dibuat, tapi cita rasanya maknyos.

Tak kalah dengan batok isian yang lainnya, Batok Tempe membawa kesan khas di mulut. Tempe banyak yang suka, sehingga tak salah jika makanan ini menjadi favorit para ibuk-ibuk hingga anak-anak. Makanan ini paling mudah ditemukan, dan bisa disantap pada pagi hari.

5. Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul atau Kepiting Gundul, merupakan masakan kepiting, yang mana hewan ini mudah ditemukan di Pasuruan. Salah satu rumah makan yang mengolah ini, adalah Pak Gundul, makanya namanya di atas. Kuliner populer di Pasuruan ini, sudah bisa disantap mulai harga 30 ribu.

Berbagai kuliner laut selain kepiting, juga ada di sini. Mulai dari cumi, ikan, dan lain-lain. Kamu, bisa langsung datang ke kedainya mulai jam 11 pagi hingga 11 malam. Rasakan nikmatnya hanya disini, karena lebih baik disantap langsung, jadi rasanya langsung nikmat.

6. Soto Gondrong

Soto, menjadi kuliner khas yang ada di Pasuruan, bayangkan bedanya dengan kota lain, bisa dicek di Soto Pak Gondrong. Lokasi berada di taman kecil, sehingga cocok disantap saat bersantai, bersama keluarga. Teriknya matahari, bisa terminimalisir dari sini.

Soto Pak Gondrong, memiliki resep yang khas, dimana rempah-rempah yang dipakai, khusus. Untuk menyantapnya, bisa memilih menu lauk sesuai hati, mulai dari tempe, telur hingga aneka gorengan. Satu porsi Soto Gondrong dijual dengan harga 12.500 ribu saja.

Itulah, 6 kuliner khas Pasuruan, yang bisa dicoba sampai sekarang. Selama di Pasuruan, jangan sampai tidak mencoba 6 kuliner ini!

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *