Pengen buat Iklan FB? Ini Cara Pasang Iklan di Facebook Ads

Istilah ads atau iklan sepertinya menjadi hal yang tidak asing lagi akhir-akhir ini. Ketika membuka internet, sobat digital akan menemukan banyak iklan yang muncul di layar. Salah satu jenis iklan yang populer dan banyak digunakan adalah Facebook Ads. Sepertinya namanya, iklan ini ditampilkan pada media sosial Facebook. Untuk lebih mengenal yang namanya Facebook Ads, simak informasinya berikut ini:

Facebook Ads
Freepik.com

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads atau Facebook Advertising adalah fitur berbayar yang ditawarkan oleh Facebook untuk membuat iklan tersebar di media sosial Facebook. Jika menggunakan fitur ini, iklan yang sobat digital buat bisa tampil di Beranda pengguna lainnya.

Kelebihan Facebook Ads

Facebook Ads memiliki beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:

  • Sobat digital bisa membuat digital marketing campaign yang lebih mudah untuk dilacak karena hasilnya terlihat.
  • Mendapatkan kenaikan traffic dengan cepat.
  • Bisa mengontrol budget karena pilihan iklan yang beragam.
  • Target lebih rinci mulai dari interest, umur, lokasi, pendapatan per bulan, sampai demografi.
  • Bisa menjangkau target lebih awal.
  • Bisa menggunakan video dan gambar agar iklan lebih menarik.
  • Biaya lebih murah karena cost per click (CPC).

Kekurangan Facebook Ads

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Facebook Ads juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Iklan bisa tidak berhasil apabila sobat digital tidak mampu mengatur iklan dengan baik.
  • Iklan tayang 24 jam sehari, jadi tidak ada jam tertentu.
  • Hanya cocok untuk business to customer.

Tipe-Tipe Facebook Ads

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan Facebook Ads, ketahui juga tipe-tipenya berikut ini:

  • Boost post

Tipe iklan pertama yang bisa sobat digital buat di Facebook adalah boost post. Melalui tipe iklan ini, sobat digital bisa mempromosikan postingan dengan cara memunculkannya di mobile news feed, desktop fee, dan desktop right column. Boost post biasanya digunakan untuk mempromosikan produk atau toko.

  • Website ads

Dari namanya saja sudah sangat jelas jika website ads berfungsi untuk mempromosikan website melalui media sosial Facebook. Jika ingin mempromosikan website, sobat digital tetap harus membuat halaman atau page di Facebook. Iklan yang muncul akan terhubung dengan website. Website ads mampu membantu meningkatkan traffic rate.

  • Promote page

Promote page merupakan tipe iklan yang menampilkan satu akun dengan deskripsi singkat. Pengiklan menggunakan tipe Facebook Ads ini untuk mempromosikan page berisi promosi penjualan atau informasi perusahaan. Jika menekan like di page, pengguna akan mendapatkan update informasi. Tujuan promote page untuk mendapatkan jumlah like atau follower untuk page yang dipromosikan.

  • Event ads

Facebook Ads tidak hanya bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis saja. Sobat digital juga bisa mempromosikan acara atau event penting. Tujuan dari event ads yaitu mendapatkan jumlah peserta yang lebih banyak. Biasanya iklan dalam bentuk informasi detail seperti waktu, lokasi, materi acara, dan lain sebagainya.

  • Install app ads

Tipe Facebook Ads terakhir yang bisa sobat digital manfaatkan adalah install app ads. Sesuai dengan namanya, tipe iklan ini paling cocok digunakan oleh seorang developer atau pembuat aplikasi. Tujuannya untuk membuat audiens mau menginstall dan menggunakan aplikasi. Nanti akan ada link yang langsung beralih ke halaman download aplikasi.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

Berikut ini adalah cara membuat iklan di Facebook Ads yang bisa sobat digital ikuti:

  • Masuk ke halaman Facebook Ads

Langkah pertama yang perlu sobat digital lakukan adalah membuat iklan yang akan ditampilkan di Facebook Ads. Caranya dengan masuk ke halaman Facebook Ads. Sobat digital juga bisa masuk ke Facebook Manager terlebih dahulu untuk mengetahui keberhasilan iklan.

  • Tentukan hal-hal untuk iklanmu

Facebook Ads menyediakan tempat agar iklanmu lebih fokus pada target. Sobat digital bisa menentukan beberapa hal agar tujuan iklan lebih spesifik dan tercapai. Tentukan juga target audiens dan jadwal penayangan iklan. Jangan lupa menambahkan foto, video, dan caption yang menarik.

  • Melakukan pembayaran

Langkah terakhir dalam mengiklankan produk di Facebook Ads adalah melakukan pembayaran. Ada beberapa jenis pembayaran yang bisa dilakukan, termasuk kartu kredit dan kartu debit. Setelah melakukan pembayaran, iklan akan ditampilkan di Facebook.

Itulah pembahasan mengenai Facebook Ads yang perlu sobat digital ketahui. Jika sobat digital ingin membuat digital marketing campaign, maka sobat digital wajib mempelajari mengenai macam-macam ads, termasuk Facebook Ads. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat bermanfaat untukmu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *