Kenalan dengan Instagram Ads Yuk

Instagram merupakan platform media sosial yang digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Instagram menjadi platform yang sering dijadikan media promosi. Banyak orang jualan di Instagram karena berbasis visual berupa gambar dan video sehingga lebih menarik untuk audiens. Untuk memaksimalkan bisnis pengguna, platform yang rilis pada tahun 2010 ini menghadirkan iklan berbayar yang dikenal dengan nama Instagram Ads. Berikut selengkapnya mengenai iklan berbayar ini:

Instagram Ads
Freepik.com

Apa Itu Instagram Ads?

Secara sederhana, Instagram Ads merupakan fitur iklan berbayar yang dihadirkan oleh platform Instagram. Pada umumnya iklan berbayar yang ada di Instagram sama saja dengan media sosial lain, terutama Facebook. Pasalnya Facebook sudah mengakuisisi Instagram sejak tahun 2012. Bahkan Facebook Ads dan Instagram Ads disatukan melalui Facebook Ads Manager. Jadi jika ingin beriklan di Instagram, sobat digital harus membuat akun Facebook terlebih dahulu.

Kelebihan Instagram Ads

Beriklan menggunakan Instagram Ads menawarkan beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:

  • Iklan yang ditampilkan tidak terkesan agresif seperti media sosial lainnya. Orang-orang bisa melihat iklan tersebut seperti postingan Instagram biasa.
  • Menerapkan sistem targeting dengan informasi spesifik seperti usia, lokasi, jenis kelamin, hobi, dan lain sebagainya.
  • Format iklan sangat bervariasi mulai dari video, foto, hingga carousel.
  • Ada fitur untuk meningkatkan engagement seperti kunjungi situs website, follow, download aplikasi, dan lain sebagainya.
  • Mudah melakukan tracking dan evaluasi.

Kekurangan Instagram Ads

Meskipun menawarkan berbagai macam kelebihan, namun Instagram Ads tetap memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan dari Instagram Ads:

  • Banyak spamming yang mengganggu di kolom komentar.
  • Foto terlihat kecil sehingga sulit dilihat.
  • Foto bisa blur atau tidak jelas apabila kualitasnya buruk.
  • Persaingan bisnis di Instagram sangat ketat.

Jenis-Jenis Instagram Ads

Setidaknya ada empat jenis iklan yang bisa sobat digital manfaatkan melalui Instagram Ads, langsung saja berikut di antaranya:

  • Image Ads

Jenis Instagram Ads yang pertama adalah Image Ads yang mengandung konten gambar, bisa landscape maupun potrait. Sebagian besar pengiklan memilih Image Ads karena dianggap paling mudah. Jika sobat digital ingin mencoba menggunakannya, pastikan file gambar yang digunakan berkualitas tinggi. Jadi gambar tidak akan nampak blur saat diunggah.

  • Video Ads

Jenis iklan yang berbentuk video ini memiliki durasi maksimal 60 detik. Jadi video yang akan digunakan untuk iklan harus di bawah durasi tersebut. Sobat digital bisa membuat video mengenai kelebihan produk, layanan, dan lain sebagainya.

  • Instagram Stories Ads

Instagram Stories Ads bisa berupa gambar maupun video. Nanti iklan tersebut akan ditampilkan pada fitur Instagram Stories dalam format vertikal.

  • Carousel Ads

Jenis Instagram Ads yang terakhir adalah Carousel Ads. Jika menggunakan iklan ini, sobat digital bisa menampilkan beberapa foto dan video pada satu iklan. Itulah alasan mengapa jenis iklan ini sangat disukai oleh pengiklan.

Cara Membuat Instagram Ads

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai Instagram Ads di atas, selanjutnya sobat digital perlu mengetahui cara membuatnya. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat Instagram Ads yang bisa diikuti:

  • Langkah 1: Masuk ke Facebook Ads Manager melalui akun Facebook yang sobat digital miliki.
  • Langkah 2: Pilih menu “Kampanye”, selanjutnya pilih “Pembuatan Iklan Terpadu”. Tujuannya agar iklan yang sobat digital pasang lebih maksimal.
  • Langkah 3: Pilih tujuan pembuatan iklan yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Pertimbangkan dengan baik tujuan beriklan ini sebelum menentukan pilihan. Jangan sampai iklan di Instagram menjadi sia-sia.
  • Langkah 4: Tentukan jenis iklan. Jika sobat digital masih pemula, rekomendasinya adalah Pengoptimalan Anggaran sehingga bisa disesuaikan budget.
  • Langkah 5: Masukkan nama iklan dan tujuan trafik.
  • Langkah 6: Aktifkan Promo, jika memang sobat digital ingin menambahkan promo.
  • Langkah 7: Tentukan target berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, bahasa, dan penargetan khusus.
  • Langkah 8: Tentukan penempatan iklan, ingin di Instagram saja atau juga dengan Facebook.
  • Langkah 9: Buat jadwal penayangan iklan.
  • Langkah 10: Hubungkan dengan akun Instagram milikmu.
  • Langkah 11: Tentukan format iklan yang sobat digital inginkan yaitu carousel, video tunggal, gambar tunggal, koleksi, atau slideshow.
  • Langkah 12: Tambahkan deskripsi, judul, gambar, dan link.
  • Langkah 13: Lakukan pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

Itulah pembahasan mengenai Instagram Ads yang perlu diketahui para pebisnis. Sebelum menggunakan iklan berbayar, pastikan melakukan riset untuk mengetahui apakah pengguna Instagram cocok dengan produkmu atau tidak. Semoga informasi mengenai Instagram Ads tersebut membantumu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *