Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10 Plus

Samsung selalu memiliki flagship terbarunya dengan fitur-fitur menarik untuk diluncurkan di pasar smartphone tanah air. Tiga diantaranya adalah Samsung Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10e, yang merupakan smartphone di generasi ke-10. Samsung Galaxy S10 adalah versi reguler, lalu Samsung S10 plus adalah versi dengan sejumlah penambahan fitur, lalu Galaxy S10e adalah versi ekonomis dengan sejumlah pengurangan fitur. Sebagai smartphone kelas premium, smartphone seri ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal bila dibanding dengan seri Samsung lainnya, bahkan paling mahal. Kita harus mengeluarkan Rp 10 jutaan untuk dapat membawa pulang smartphone seri ini. Sehingga tak heran banyak fitur yang menjadi privilege yang ditawarkan karena semuanya serba high-end.

Perbedaan Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10 Plus

samsung_galaxy_s10_plus-min

Dengan adanya tiga smartphone di seri ini, sama-sama berada di kelas premium, maka menimbulkan pertanyaan, apa yang menjadi pembedanya, dan manakah yang lebih baik dipilih. Karena hal itu, berikut ini adalah perbandingan yang difokuskan antara dua smartphone yaitu perbandingan Samsung S10 dan Samsung S10 Plus.

  • Desain

Bobot kedua smartphone terbilang ringan, namun sangat kokoh. Selain memperhatikan unsur estetika, baik Samsung S10 dan S10 Plus sama-sama memperhatikan kekuatan. Rangka badannya terbuat dari aluminium dengan bahan material casing yang berkualitas. Bahkan ketika diketuk, tidak ada kesan kopong melainkan padat dan kokoh. Selain itu keduanya dirancang untuk digunakan di berbagai kondisi karena telah memiliki sertifikasi IP68 yang merupakan standar tertinggi untuk ketahanan air dan debu pada ponsel. Dengan adanya sertifikasi tersebut, maka secara teknis keduanya tahan di kedalaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit.

Dari segi penampilan, kedua smartphone terlihat sangat mirip. Yang membedakan hanyalah pada ukurannya saja, dimana Samsung Galaxy S10 sedikit lebih kecil mengingat memang ukuran layarnya pun berbeda. Dari pilihan warna, Samsung Galaxy S10 tersedia dalam varian Prism White dan Prism Black. Sedangkan Samsung Galaxy S10 Plus memiliki tiga warna tambahan yaitu Prism Green, Ceramic Black, dan Ceramic White.

  • Layar

Layar keduanya berbeda ukuran dimana Samsung Galaxy S10 memiliki layar dengan ukuran 6,1 inch sedangkan Samsung Galaxy S10 Plus berukuran 6,4 inch. Selain perbedaan ukuran layar, spesifikasi lainnya sama, dimana layar sama-sama beresolusi Quad HD+ Curved Dynamic AMOLED dengan aspek rasio 19:9 rasio screen to body mencapai 93.1%. Sementara itu untuk kedalaman warna, Samsung S10 mencapai 550 ppi, dan Samsung Galaxy S10 Plus mencapai 438 ppi. Meskipun resolusinya sama, namun ukuran layar berbeda berpengaruh pada tingkat kedalaman. Ya walaupun secara kasat mata tidak akan terlihat.

Layar ponsel kedua smartphone ini sama-sama menggunakan desain Infinity-O dengan resolusi 1440×3040 pixel yang melengkung di kedua sisinya, dimana desain ini membuat layar benar-benar memenuhi seluruh body. Di kedua smartphone ini tidak terdapat waterdrop notch seperti di ponsel kebanyakan, diganti dengan adanya mode punch hole untuk meletakkan kamera selfie, yakni di di pojok kanan atas.

Perbedaannya adalah, lubang kamera Samsung S10 hanya ada satu, sedangkan Samsung S10 Plus lubangnya ada dua. 

Fitur menarik lainnya yang ada di layar adalah in-display fingerprint scanner berteknologi ultrasonik. Teknologi yang disematkan pada layar ini membuat Samsung Galaxy S10 dan S10 Plus dapat memindai sidik jari tanpa perlu membuat porsi layar menyala. Untuk bisa mengenali kontur sidik jari, teknologi ini bukan menggunakan cahaya, melainkan menggunakan gema suara ultrasonik yang tidak terdengar oleh telinga sehingga akurasi dan keamanannya pun lebih terjaga.

Dari ulasan perbandingan Samsung S10 dengan Samsung S10 Plus di atas yang dilihat dari aspek desain dan layar, terlihat bahwa keduanya memiliki beberapa hal kesamaan, namun juga ada beberapa perbedaan. Tidak ada yang lebih baik ataupun lebih buruk diantara keduanya, semua tergantung kepada preferensi dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Baca juga  Cari Obat untuk Atasi Abdominal Migrain? Ke Toko SehatQ Saja!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *