Tips Memilih Kursi Ergonomic untuk Pekerja Digital Kreatif

Ada alasan mengapa kursi ergonomic sangat dibutuhkan pekerja digital kreatif, bagi seorang content creator, duduk berjam-jam di depan laptop adalah sebuah keharusan yang tidak mungkin di tinggalkan. Bicara soal durasi pengerjaan konten yang bisa memakan waktu sangat lama, tentunya membutuhkan kenyamanan duduk yang prima.

Mengapa Pekerja Digital Kreatif Membutuhkan Kursi Ergonomic?

Sebagai seorang content creator yang bekerja di bidang penulisan online, untuk membuat sebuah konten paling cepat aku harus duduk selama 30 menit. Tapi untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas, satu tulisan akan menghabiskan waktu sekitar 3 jam.

tips memilih kursi ergonomic untuk konten kreator

Padahal aku tidak hanya menulis di satu blog saja, melainkan di beberapa tempat, setidaknya, dalam satu hari aku menghabiskan waktu duduk di depan layar sekitar 8-9 jam per hari. Durasi yang sama juga terjadi pada para pekerja kantoran dimana sepertiga hidup mereka dihabiskan di kursi untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dari perusahaan.

Untuk pengerjaan sebuah konten tulisan saja bisa selama itu, apalagi para pekerja digital kreatif seperti youtuber yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk menghasilkan satu video berkualitas. Oleh karenanya kenyamanan saat bekerja sangat dibutuhkan dan oleh karena itu kursi ergonomic sangat penting untuk mendukung kenyamanan bekerja.

Apa Sih Kursi Ergonomic?

Kursi ergonomic adalah kursi yang dapat mendukung posisi duduk dengan postur tubuh tepat dan seorang pekerja dapat bekerja dengan nyaman. Kursi ergonomic memiliki bentuk, ukuran, bahan bantalan dan sandaran yang memang ditujukan untuk mengurangi risiko kesehatan penggunanya.

Desain ergonomic sendiri merupakan desain yang mengoptimalkan kenyamanan berdasarkan pada tubuh manusia, semua perangkat ergonomic, termasuk furniture ergonomic dibuat untuk mendukung kenyamanan.

tips memilih kursi ergonomic pexio vlad

Kursi ergonomic sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan waktu duduk lama untuk bekerja, seperti content creator dan pekerja digital kreatif lainnya. Pemilihan kursi ergonomic, dapat membantu para pekerja ini mengurangi keluhan seperti sakit pinggang.

Tips Memilih Kursi Ergonomic Untuk Content Kreator

Para pekerja digital kreatif dan content creator yang ingin membeli kursi ergonomic perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum memutuskan pilihan.

Ada Tuas Pneumatic

tuas pneumatic pada kursi ergonomic pexio

Kursi ergonomic seharusnya dapat menjembatani perbedaan pemakainya, oleh karenanya pembuat kursi memberikan fitur tuas pneumatic untuk mengukur tinggi rendah kursi dari lantai. Posisi ini memungkinkan pekerja digital dapat menyesuaikan telapak kaki dengan lantai dan paha berada pada posisi horizontal

Penopang pinggang

Semua kursi ergonomic memiliki sandaran punggung dan kepala, tetapi perlu diperhatikan bagaimana kontur penopang punggung bagian bawah. Struktur tulang belakang bagian bawah memiliki kurva ke dalam, dan kursi ergonomic yang baik sebaiknya memiliki fitur ini.

contoh kursi ergonomic kantor
sandaran pinggang, punggung, kepala dan lengan. Sumber: Pexio.co.id

Sandaran Lengan

Kursi Ergonomic biasanya dilengkapi dengan sandaran lengan, tinggi sandaran lengan ini mengharuskan posisi lengan atas sedekat mungkin dengan tubuh kita, jika lengan atas terlalu ke depan saat kita duduki, menandakan sandaran lengan terlalu tinggi.

Pada beberapa kursi tersedia opsi untuk mengatur tinggi rendah sandaran lengan.

Lebar Kursi

Pilihlah kursi ergonomic yang sesuai dengan ukuran tubuh kita, terlalu lebar akan menyulitkan kita menyandarkan lengan, sementara terlalu sempit akan membuat kita kesulitan bergerak dan menyandarkan diri.

Setiap orang memiliki kebutuhan berbeda dengan lebar kursi ini, jadi pastikan kamu menggunakan kursi ergonomic dengan ukuran lebar yang sesuai.

Bisa Berputar

Biasanya kursi ergonomic dapat diputar agar kita bisa tetap menjangkau benda-benda di sekitar saat bekerja tanpa harus berdiri untuk mengambil sesuatu. Pastikan juga putarannya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat, serta cukup stabil mendukung posisi bekerja. Pada beberapa kursi yang tua, terkadang pergerakan badan sedikit sudah membuat kursi sedikit berputar. Hal ini tentu malah akan mengganggu kinerja kita sebagai seorang digital creative.

Material Kursi

Hampir semua kursi ergonomic menggunakan bantalan pada bagian alas, punggung dan lengannya, ini berfungsi untuk memberikan rasa nyaman dan mengikuti kontur tubuh selama digunakan. Jika memilih kursi ergonomic yang berbahan kain, pastikan dapat menyerap keringat.

tips memilih kursi ergonomic pexio
Berbagai pilihan kursi ergonomic

Salah satu rekomendasi produsen ergonomic furniture yang memproduksi kursi ergonomic adalah Pexio. Produk kursi ergonomic Pexio memiliki beragam varian untuk pengguna, mulai dari kebutuhan kursi kampus, staff pekerja, level managerial, maupun buat pekerja digital kreatif freelance sepertiku.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.