BikinCV Tips Membuat Curriculum Vitae Memikat HRD

Curriculum vitae atau CV adalah salah satu syarat utama yang diminta sebuah perusahaan saat kita hendak melamar pekerjaan. CV berisi data profil yang dapat memberi gambaran kepada seorang staf HRD untuk mengetahui siapa kita dan apa kemampuan kita.

Sebuah CV yang baik seharusnya dapat mewakili informasi mengenai latar belakang pendidikan, skill yang kita kuasai serta kedekatan bidang keahlian kita dengan posisi yang tersedia dalam lowongan kerja.

Tahukah kamu, bahwa seorang staff HRD tidak memiliki cukup banyak waktu untuk melihat berkas lamaran kerja yang dikirimkan oleh para pelamar kerja. Sebuah website di internet mengenai pencari kerja menyebutkan, seorang perekrut di perusahaan hanya memiliki waktu tujuh detik untuk melihat sebuah daftar riwayat hidup atau CV yang kita kirimkan.

tips membuat CV lamaran kerja memukau

Waktu yang sedikit ini tentu harus dimaksimalkan agar kita dapat menghadirkan curriculum vitae yang dapat membuat staf perekrut berhenti sejenak dan menaruh perhatian lebih pada lembar riwayat hidup kita tersebut.

Lalu seperti apa sih contoh CV menarik yang bisa membuat staf HRD penasaran dan mengagendakan jadwal wawancara dengan kita? Berikut adalah ulasannya

Tips Bikin CV Memukau HRD

Agar CV kamu dapat menarik perhatian lebih dari tujuh detik dan memaksa staf HRD untuk mempelajari CV kamu lebih detail maka gunakan tips berikut ini

Mulailah dengan Pernyataan yang Kuat

Sebuah CV yang menarik harus dimulai dengan pernyataan yang kuat untuk memberikan dampak langsung kepada calon perusahaan tempat kita melamar pekerjaan.

Contoh CV lamaran kerja yang menggunakan pernyataan kuat diawal misalnya

“Saya adalah individu yang antusias, pekerja keras, dan berkomitmen dengan rekam jejak yang terbukti dalam merancang situs web dan membuat basis data. Saya memiliki keterampilan teknis yang kuat, serta keterampilan interpersonal yang sangat baik. Saya ingin sekali ditantang untuk tumbuh dan memperluas keahlian yang saya peroleh melalui pengalaman saya di sektor TI.”

Kalimat di atas dapat memprovokasi seorang staf HRD untuk mengetahui skill yang telah kamu kuasai, kalimat tersebut juga menyiratkan bahwa kamu adalah seorang yang sangat percaya diri dengan apa yang kamu miliki.

Menekankan Pencapaian pada Pekerjaan Sebelumnya

Setiap orang bisa menyebutkan poin pertama di atas dengan mudah, seorang HRD bisa saja terpukau atau sebaliknya, merasa biasa saja karena sudah banyak CV yang serupa dengan pernyataan di atas.

Cobalah untuk memberikan gambaran pencapaian yang telah kamu raih pada pekerjaan sebelumnya.

“Saya berpengalaman membantu meningkatkan engagement sosial media untuk perusahaan A”

Akan lebih baik jika kamu menggunakan kalimat berikut

“Saya berhasil membantu meningkatkan engagement sosial media perusahaan A sebesar 42% dalam waktu 6 bulan”

Kalimat di atas lebih bisa menggambarkan apa yang telah kamu capai untuk membantu perusahaan sebelumnya, dan jika perusahaan yang kamu lamar mengalami masalah serupa, hal tersebut bisa menjadi poin plus untuk memasukkan kamu dalam daftar calon pekerja yang harus diwawancara dengan segera.

Berikan Insight Terbaru Bidang Industri

Setiap perusahaan memiliki kompetitor, dan mereka memahami bahwa insight terbaru dalam bidang industri akan memberikan peluang agar mereka tetap dalam track yang benar dan tetap up to date dengan perkembangan bidang bisnis.

Pastikan kamu dapat menunjukkan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan kamu pada hal-hal baru dalam bidang tersebut. Sebagai contoh

“Saya memiliki kemampuan untuk menggunakan Google Analytics versi 4 berikut dengan kemampuan tracking, analisis data sehingga dapat memahami dan memberikan report terkait user journey saat menggunakan website perusahaan”

Menunjukkan Hubungan Pencapaian dengan Task Description

Seringkali perusahaan menginginkan karyawan baru yang sudah memiliki pengalaman pada posisi yang ditawarkan. Dengan pengalaman perusahaan akan lebih mudah untuk kembali on the track mencapai tujuan perusahaan.

Sebisa mungkin hubungkan pencapaian yang kamu dapatkan sebelumnya sesuai dengan task description yang ada dalam pengumuman lowongan kerja.

Highlight Skill Growth yang Kamu Miliki

Staff HRD menyukai orang yang mampu berkembang, orang yang memiliki kemampuan berkembang dapat membantu perusahaan lebih baik lagi. Kamu bisa sebutkan perkembangan skill dan karir yang telah kamu capai, hal-hal apa yang kamu pelajari dan dapatkan pada pekerjaan sebelumnya.

Tekankan juga bahwa kamu berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan skill yang telah kamu kuasai, dan tekankan bahwa di perusahaan ini bisa menjadi tempat terbaik untuk mengembangkan skill kamu.

Gunakan Desain CV yang Memukau

Alih-alih menggunakan Ms Word untuk membuat CV, akan lebih baik jika kamu bisa membuat CV dengan desain yang tidak biasa. Ya, Ms Word bisa kamu gunakan tetapi tentunya desain yang kamu hasilkan sangat terbatas, kecuali kamu punya waktu senggang yang banyak untuk mempersiapkan desain CV yang benar-benar menarik.

Sayangnya, tidak semua dari kita punya cukup waktu untuk membuat tampilan CV yang memukau bukan?

BikinCV Mudahkan Proses Pembuatan CV Kamu

tips membuat CV memukau HRD

Buat kamu yang belum pernah membuat CV atau fresh graduate dan sedang mencari contoh CV lamaran kerja yang baik dan mampu memukau HRD bisa banget mampir ke BikinCV.com.

BikinCV adalah layanan online untuk pembuatan Curriculum vitae dan surat lamaran kerja dengan mudah. Di sini tersedia banyak pilihan template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Caranya pun terbilang sangat mudah, cukup dengan mengisi data terkait diri kamu maka CV dan surat lamaran kerja online sudah kamu dapatkan dalam bentuk PDF dalam waktu kurang dari 5 menit. Mudah, cepat dan praktis bukan?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.