Cara jadi selebgram dan dapat endorse untuk para pemula yang ingin mencoba peruntungan di dunia maya merupakan hal yang banyak dicari, banyak yang mencari cara menjadi selebgram di usia remaja, pada usia sedini mungkin agar dapat terus memaksimalkan potensi mereka.
Untuk para pemula, mereka mungkin kesulitan bagaimana cara untuk mulai menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil endorse dan meningkatkan prestise mereka di dalam pergaulan.
So kita simak yuk sobat digital, karena artikel ini akan membahas bagaimana cara kamu bisa jadi selebram dan bisa dapet banyak endorse
Cara Jadi Selebram dan Dapat Endorse
Oke, kita mulai ya biar gak penasaran dari cara pertama jika kamu ingin jadi selebgram dan dapat endorse begini cara optimasi instagram kamu
Bangun Personal Branding
Menjadi selebgram berbeda dengan menjual produk, karena dengan menjadi selebgram yang kita jual adalah jasa kita, persona kita kepada calon klien. Untuk menghadirkan persona yang sesuai dengan kebutuhan klien, kita harus menetapkan terlebih dahulu personal branding yang ingin dibangun.
Apakah kamu akan menjadi seorang beauty influencer atau seorang foodgrammer, seorang travelgram atau tekno influencer, tentukan terlebih dahulu niche dan personal branding untuk akun instagram kamu.
Kemudian mulailah memposting hal-hal yang berkaitan dengan niche personal branding yang ingin kamu capai
Feed Menarik
Salah satu yang membedakan selebgram dengan pengguna instagram biasa bisa langsung terlihat dari bagaimana seorang selebgram mengoptimalkan feed yang dimiliki olehnya. Konten yang diunggah merupakan konten yang unik dan menarik. Gunakan bantuan preset lightroom atau editor lain, kamu juga bisa sesekali menyisipkan motto, ungkapan maupun quote yang menginspirasi dengan menggunakan tools online seperti canva untuk memproduksi konten feed kamu
Tingkatkan Jumlah Follower
Salah satu tujuan brand meng-hire seorang selebgram dan influencer adalah agar brand mereka dikenal oleh para follower selebgram tersebut, semakin banyak jumlah follower semakin banyak brand yang tertarik untuk bekerjasama dan memberikan endorse.
Endorse brand kepada selebgram adalah salah satu cara menjangkau banyak konsumen baru, yaitu dari circle milik selebgram tersebut
Jadi selebgram dan dapat endorse sendiri punya beberapa tingkatan mulai dari nano, micro, macro influencer.
- Nano influencer adalah mereka yang memiliki jumlah follower antara 1000-10000
- Micro influencer adalah selebgram yang memiliki jumlah follower mulai 10000-100000
- Macro influencer adalah mereka yang memiliki jumlah follower di atas 100000
Sebelum kalian menjadi seorang selebgram pastikan kalian memenuhi tingkatan minimal nano influencer dengan setidaknya memiliki 1000 follower
Maksimalkan Hashtag
Hashtag merupakan sekumpulan ide atau konten yang sama, gunakan hashtag yang sesuai dengan kebutuhan kalian, usahakan dalam setiap feed kalian menyertakan hashtag terkait niche personal branding kalian.
Hashtag juga membantu orang-orang menemukan feed kalian dari hasil pencarian. Kamu bisa memperoleh reach yang lebih baik dengan penggunaan hashtag yang tepat.
Engagement Rate
Engagement rate adalah istilah keterikatan follower terhadap selebgram yang diikutinya, engagement rate bisa didapatkan dengan menghitung jumlah rerata interaksi per feed dibagi jumlah total follower selebgram tersebut.
Nilai engagement rate dinyatakan dalam persentase. Seorang nano influencer paling tidak harus memenuhi ER sebesar 3-5% minimal, jika bisa mencapai 10% tentu lebih baik. Artinya, jika kamu punya 1000 follower maka tingkat interaksi pada setiap post feed instagram kamu minimal harus di like dan dikomen oleh setidaknya 30-50 kali interaksi.
Agar mendapat interaksi yang maksimal, kamu juga harus rajin berinteraksi dan menyapa para follower. Pastikan mereka merasa nyaman untuk berinteraksi dalam konten yang kamu unggah.
Jika kalian merasa kesulitan untuk membangun engagement rate kalian bisa menggunakan jasa layanan rajakomen.com. Layanan ini akan membantu kamu dalam melakukan optimasi instagram kamu lebih baik lagi.
Rajakomen dapat membantu kamu meningkatkan reach setiap post kamu di social media, mulai dari komen, like, share, save, view dan repost, nah jika kamu juga punya akun lain di youtube, kamu juga bisa menggunakan rajakomen untuk optimasi like, komen, share channel youtube kamu. Selamat berjuang jadi selebgram dan dapat endorse ya kak