Puasa Ramadhan? Hindari Mengkonsumsi 4 Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Berbuka

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Pada saat puasa ramadhan tiba, tentu saja banyak kebiasaan yang akan berubah selama kurang lebih 30 hari. Di bulan suci ramadhan, Anda akan terbiasa untuk bangun sahur dan berbuka puasa saat menjelang Maghrib. Dengan begitu, pola makan Anda pun berubah, yang tadinya biasa makan 3-4 kali sehari, kini Anda hanya bisa makan di waktu-waktu tertentu saja.

Puasa membuat Anda harus mengosongkan perut selama kurang lebih 12 jam. Anda memerlukan nutrisi dan asupan yang baik agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti asupan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak rendah, vitamin, serat, dan masih banyak lagi. Tentu saja, Anda bisa memberikan asupan nutrisi tersebut hanya pada saat sahur dan berbuka puasa.

Selektif Memilih Makanan Selama Bulan Ramadhan

makanan manis saat berbuka puasa

Pada saat sahur dan berbuka, perut tentu masih dalam keadaan kosong. Jika Anda makan makanan sembarangan, maka khawatir pencernaan Anda akan mengalami masalah. Misalnya, jika pada saat berbuka Anda memakan makanan yang sangat pedas, maka tak lama kemudian perut Anda akan sakit. Yang lebih parahnya, Anda bisa saja masuk UGD dikarenakan asam lambung yang naik yang menyebabkan perut sakit melilit juga sesak nafas yang parah. Untuk itu, sangat penting untuk tidak mengkonsumsi makanan yang sembarangan pada saat sahur maupun berbuka.

Selain tidak baik untuk pencernaan, memakan makanan sembarangan pun bisa memberikan efek buruk jangka panjang bagi tubuh Anda. Jika Anda sering memakan makanan tinggi lemak pada saat sahur dan berbuka puasa, maka khawatir Anda akan mengalami kegemukan, kolesterol, hingga serangan jantung. Penyakit-penyakit tersebut tentu saja tidak memakan biaya yang sedikit untuk pengobatannya.

Hindari Mengkonsumsi Makanan dan Minuman ini di Bulan Ramadhan

Oleh karena itu, agar Anda senantiasa sehat dan bugar selama puasa ramadhan, simak beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan puasa.

  • Makanan pedas

Makanan pedas sangat tidak baik dikonsumsi pada saat kondisi perut masih kosong. Rasa pedas dapat membuat dinding lambung iritasi sehingga perut menjadi perih meililit. Untuk itu, hindari makanan pedas baik saat sahur maupun berbuka puasa agar puasa Anda menjadi lancar tanpa sakit perut yang berkepanjangan.

  • Minuman manis dalam kemasan

Minuman yang manis akan sangat segar jika dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Namun makanan manis dalam kemasan tidak dianjukan untuk diminum saat berbuka. Minuman kemasan mengandung pengawet juga gula buatan yang tidak baik bagi tubuh. Hati akan bekerja ekstra saat mencerna fruktosa yang ada pada gula, sedangkan pada saat perut kosong, hati membutuhkan pemanasan dalam mencerna makanan.

  • Makanan gorengan

Makanan gorengan juga kurang baik jika dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Gorengan tinggi akan lemak yang bisa membuat pencernaan tidak lancar. Selain itu, gorengan juga bisa membuat tenggorokan menjadi kering dan Anda akan merasa kehausan sepanjang hari jika dikonsumsi saat sahur.

  • Sayur mentah

Sayur memang kaya akan serat dan vitamin, namun jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka hal tersebut hanya akan membuat perut Anda syok. Perut harus bekerja lebih keras untuk mencerna sayuran yang mentah tersebut.

Demikianlah beberapa makanan dan minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa ramadhan. Jaga selalu asupan makanan selama berpuasa agar Anda tetap sehat dan bertenaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *