Apa Perbedaan Mentega Tawar dan Mentega Putih?

Jika Anda salah satu orang yang gemar memasak pasti paham apa itu mentega atau yang biasa disebut dengan butter dan seperti apa kegunaannya. Ya, secara garis besar mentega merupakan salah satu bahan yang terbuat dari lemak susu diolah sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut. Dipasaran sendiri ada banyak jenis mentega yang bisa Anda temukan, salah satunya mentega tawar grosir yang mempunyai rasa hambar atau tidak berasa. Umumnya jenis yang ini digunakan untuk mengolah sesuatu tetapi tidak ingin merubah rasa dari olahan tersebut.

perbedaan mentega putih dan mentega tawar

Perbedaan Jenis Mentega

Selain jenis butter tawar, sering mendengar pula dengan jenis mentega putih. Banyak orang yang kebingungan dalam membedakan dari kedua jenis tersebut. Apakah memang mentega putih dan tawar itu sama? Sebelum membahas satu-satu, Anda perlu paham terlebih dahulu apa saja yang membedakan antara mentega satu dengan lainnya yaitu:

  1. Perbedaan pertama mentega tawar dan mentega putih bisa dilihat dari rasa, ada yang tawar ada pula yang asin.
  2. Lalu kedua dari warna mentega itu sendiri, ada yang putih, kuning atau putih kekuningan.
  3. Kemudian Anda bisa membedakan dari tekstur mentega apakah lebih keras, lebih lembut dan sebagainya.
  4. Kandungan dalam mentega menjadi pembeda antara satu dengan lainnya yang berkaitan dengan rasa.

Perbedaan Mentega Tawar dan Mentega Putih

Unsalted butter atau mentega tawar adalah mentega yang dalam proses pembuatannya tidak melibatkan bahan tambahan seperti garam, karena tidak menggunakan bahan tambahan rasa mentega tawar pun menjadi hambar dan tidak berasa. Pada umumnya mentega tawar dibuat dari susu dan mengandung 80% lemak susu.

Mentega putih adalah jenis mentega yang dibuat dari bahan-bahan nabati, penggunaan lemak nabati tanpa campuran bahan lain inilah yang membuat warna dari jenis mentega ini berwarna putih.

Setelah mengetahui beberapa hal diatas, saatnya kembali pada poin pertama dimana adakah perbedaan antara mentega tawar dan putih? Pada dasarnya keduanya berbeda, perbedaan mentega putih dan unsalted butter yang paling utama adalah dari bahan yang digunakan untuk membuat mentega. Mentega tawar menggunakan bahan utama lemak susu, sedangkan mentega putih berbahan dasar lemak nabati.

Poin selanjutnya tentu perbedaan dari rasa. Anda bisa menemukan jenis butter tawar dengan warna putih ataupun kekuningan, tetapi Anda bisa juga menemukan mentega putih tanpa rasa dan juga asin. Jadi pada intinya itu semuanya tergantung dari jenis. Jangan hanya melihat dari rasa ataupun dari warnanya saja tetapi juga beberapa poin seperti yang telah dikatakan diatas sebelumnya.

Demikian ulasan mengenai perbedaan dari butter putih dan juga tawar secara umum, jika kurang paham bisa langsung tanyakan pada ahli bakery. Dan jika kebingungan dalam menemukan jenis mentega tawar ataupun putih bisa langsung kunjungi Tokowahab yang menyajikan banyak sekali bahan-bahan mentah, ada juga harga kismis Sun Maid dan dapat digunakan dalam berbagai jenis olahan. Bagaimana, mudah bukan?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.