Tips Memilih Pipa Air PVC

Pipa air adalah salah satu hal penting dalam instalasi bangunan yang kita tempati, baik itu rumah, kantor, rumah sakit atau jenis bangunan lain. Dengan adanya pipa air yang terintegrasi dengan sumber air yang berasal dari sumur/aliran PDAM kita bisa memastikan kebutuhan air di bangunan tersebut bisa tercukupi.

Dalam membangun bangunan, selain instalasi listrik yang perlu kita perhatikan, kita juga perlu memperhatikan instalasi air di rumah kita. Oleh karenanya saat membuat desain rumah kita tetap perlu memperhatikan bagaimana nanti instalasi listrik dan air yang ada di rumah. Bagaimanapun kedua jenis instalasi tersebut sangat penting bagi kehidupan yang ada di dalamnya.

Nah bicara mengenai pemenuhan kebutuhan air di dalam rumah tangga. Kita perlu memastikan bahwa pipa air yang kita gunakan memang memiliki kualitas baik, mudah dirawat serta awet.

Standar Mutu Pipa Air Rucika

pipa air PVC rucika standar

Untuk kebutuhan pipa air rumah tangga, tidak ada salahnya jika kita menggunakan Pipa Rucika. Pipa air Rucika terbuat dari bahan uPVC ( unplastized Polyvinyl Chloride). Mengapa memilih pipa air Rucika dibanding produk lain? Pipa Rucika memiliki keunggulan dalam material polymer pembentuknya, yakni Calcium Zinc, tahan terhadap korosi, kuat, ringan, mudah disambung dan dipelihara serta dibuat dari bahan ramah lingkungan tanpa timbal.

Pipa PVC standar Rucika ini mengacu standar manajemen mutu ISO 9001:2000 serta standar JIS. Pipa Rucika memiliki kemampuan mereduksi paparan sinar ultraviolet, serta karena sifatnya ramah lingkungan, pipa rucika mudah didaur ulang.

Untuk Standar Produksi Pipa, Rucika mengacu pada beberapa standar yang berlaku secara global maupun skala nasional seperti

  • ISO 4422-1996 – pipes and fitting made of uPVC for water supply
  • SNI 06-0084-2002 – pipa PVC untuk saluran air minum
  • SNI 06-0135-1987 – sambungan pipa PVC untuk air minum
Baca juga  Ini Waktu yang Tepat Saat Membutuhkan Jasa Renovasi Murah Jabodetabek

Untuk mengukur kualitas pipa standar Rucika ini juga telah menggunakan serangkaian standar SNI mulai dari uji metilene kloride, uji tekanan hidrostatik, uji ketebalan dinding untuk air minum, uji bentuk dan sifat tampak pipa, uji oven, uji kadar PVC dengan THF, serta uji pita meter. Semua ujian tersebut dilakukan untuk memastikan kualitas pipa air Rucika layak dan aman untuk kebutuhan rumah tangga.

Selain memiliki standar mutu yang baik dan mendukung green ecosystem, pipa air Rucika memiliki banyak pilihan fitting pipa. Sama seperti pipa airnya, fitting pipa Rucika juga menggunakan standar ISO dan SNI dalam pembuatan serta pengujiannya. Dibuat dari material bebas timbal yang aman untuk menyambung instalasi air rumah tangga.

Untuk keperluan fitting/sambungan pipa, Rucika sendiri memiliki berbagai kategori produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Apa saja produk sambungan tersebut?

  • PVC Tee SC
  • PVC Faucet Tee SC
  • PVC Clamp Saddle
  • PVC Insert Reducer
  • PVC Cap
  • PVC Elbow
  • PVC Flange Adaptor
  • PVC Flange Spigot
  • PVC Long Bend
  • dan masih banyak lagi

Sementara itu untuk merekatkan sambungan pipa instalasi air di rumah kita perlu lem PVC yang berkualitas prima, agar sambungan air lebih rekat dan tidak mudah bocor. RuGlue, adalah lem pipa yang khusus dibuat untuk daerah beriklim tropis. Dengan menggunakan lem RuGlue ini, lem mampu mensenyawakan pipa dengan fitting yang digunakan sehingga benar-benar erat dan anti bocor.

lem pipa air ruglue

Nah sementara itu jika kita memerlukan instalasi air bersih yang memiliki tekanan tinggi. Maka pilihan produk pipa yang digunakan adalah Rucika Exoplas. Pipa air ini selain menggunakan material uPVC juga dibuat menggunakan teknologi Bi-axial yang mampu meningkatkan performa pipa termoplastik dengan design stress hingga 28Mpa, atau setara dengan 2x kemampuan pipa PVC biasa menghadapi tekanan air.

Baca juga  Tagihan Listrik Membengkak Gegara Fitting Pipa Sering Jebol

Setelah mengetahui kelebihan pipa air Rucika, anda bisa lebih percaya diri dan merasa aman saat membuat instalasi air di rumah anda. Informasi lebih lanjut tentang Pipa Rucika bisa kalian temukan di website https://www.rucika.co.id/

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *