Wisata Takjil Ramadan di Jogja, Kemana Enaknya?

Untuk rekan para pemburu takjil yang ingin melakukan wisata takjil ramadan di Jogja, pastinya butuh informasi rekomendasi masjid yang menyediakan hidangan iftar yang enak dan syukur-syukur bisa mengenyangkan perut.

Apalagi di masa pandemi semacam ini, kebutuhan hidup anak kost bisa sedikit terbantu berkat adanya program sedekah takjil di masjid-masjid di Indonesia. Tak lupa juga dengan di Jogja yang dikenal sebagai kota klitih pelajar ini tentunya memiliki banyak pendatang muda yang butuh menghemat pengeluaran selama ramadhan.

Rekomendasi Wisata Takjil Ramadan untuk Mahasiswa Jogja

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata takjil ramadan di Jogja buat para pencari takjil maupun mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Jogja.

Masjid Jogokariyan

Kampung Ramadhan Jogokariyan adalah tradisi di wilayah Jogokariyan yang dipusatkan di Masjid Jogokariyan. Disini kamu bisa ngabuburit di pasar sore Kampoeng Ramadhan Jogokaryan dan membeli berbagai kuliner takjil untuk kamu santap saat berbuka.

wisata takjil ramadan jogja masjid jogokariyan

Namun, jika tujuanmu adalah wisata takjil gratis kamu bisa menunggu saat berbuka di Masjid Jogokariyan, setiap hari masjid ini menyediakan 1000-3000 porsi makanan berbuka puasa untuk warga dan masyarakat seputar masjid maupun buat pihak yang membutuhkan. Uniknya, makanan ini disajikan dalam piring bukan nasi box.

Buat kamu yang pengen tahu menu berbuka hari ini di Masjid Jogokariyan silahkan follow IG @masjidjogokariyan. Sapa tau menu hari ini adalah masakan kesukaanmu

Masjid Salahuddin

Masjid UGM satu ini memang lebih terkenal dengan kualitas ceramah tarawihnya yang seolah bisa bikin kamu jadi Ph.D dalam waktu sebulan, gimana enggak, para pembicara kaliber nasional, mulai dari tokoh publik, negarawan, pejabat, professor, dan lain-lain diundang sebagai pemberi ceramah pada sholat tarawih.

Untuk urusan takjil jangan kuatir, karena masjid Salahuddin juga mempersiapkan 1000 porsi makanan berbuka puasa untuk masyarakat. Bedanya, disini menggunakan nasi box untuk mempermudah panitia ramadan.

Masjid Syuhada

Buat kamu yang tertarik untuk menikmati makanan berbuka puasa non ala carte aka buffet boleh mampir ke Masjid Syuhada di Jalan I Nyoman Oka, Kotabaru. Disini takjil disediakan secara prasmanan.

prasmanan masjid syuhada jogja

Tapi inget ya gaes, mohon jaga diri saat ambil takjil jangan sampe kekenyangan n gak bisa ikutan sholat magrib nantinya.

Masjid Al Muqtashidin FBE UII

Buat kamu yang pengen memperdalam ilmu agama, berburu wisata takjil ramadan sekaligus bisa berkesempatan kenalan dengan bidadari calon penghuni surga boleh mampir ke masjid A Muqtashidin UII Concat.

bidadari surga UII

Karena sebelum kamu menuntaskan keinginan wisata kuliner di masjid satu ini kamu harus ikut kajian sore spesial ramadhan yang diselenggarakan takmir masjid. Sama seperti masjid Salahuddin UGM, masjid UII juga menghadirkan pembicara yang gak kalah bernas dari kalangan akademisi, bisa cum laude pahalanya klo sebulan rutin nyimak kajian di masjid satu ini.

Masjid Gedhe Kauman

Nah gak lengkap nyebut masjid jogja tanpa menyebut masjid Gedhe Kauman, masjid yang merupakan satu dari simbol peradaban Mataram Islam ini juga menyediakan menu favorit yang bikin kamu semangat lagi usai berpuasa seharian. Menu Nasi Gulai kambing dan nasi bronkos merupakan menu favorit para jamaah dan pelancong yang membatalkan puasa di Masjid Kauman

Masjid Sabillurosyad

Buat kamu yang ingin berbuka puasa dengan menu yang light, masjid Sabillurosyad atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Kauman Bantul ini memiliki menu berbuka puasa yang berupa bubur.

menu berbuka puasa unik

Buat kamu yang gak terbiasa makan berat boleh mampir membatalkan puasa di masjid ini.

Masjid Gedhe Mataram

Berlokasi di kota perak, Kotagede, Masjid Gedhe Mataram menyediakan takjil gratis untuk masyarakat muslim yang beribadah puasa di bulan ramadhan.

Masjid Ulil Albab UII

Buat kamu yang berlokasi di Jalan Kaliurang, bisa mampir ke masjid Ulil Albab di kompleks kampus UII. Menariknya sistem pembagian makanan di Masjid ini menggunakan sistem Drive Thru yang bisa kamu ikuti sejak pukul 17.00

wisata takjil ramadan drive thru masjid ulil albab UII

Nah itulah rekomendasi wisata takjil ramadan di berbagai masjid di Jogja, jika lokasimu jauh dari masjid tersebut, kamu masih bisa mendapatkan menu takjil gratis di berbagai masjid dan mushola terdekat di daerahmu. Yang penting jangan lupa ikutan sholat magrib klo abis makan takjil disana.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.