5 Alasan UMKM Butuh Software Akuntansi

Dulu, sebelum ada komputer para pelaku bisnis menggunakan teknik manual atau menyusun hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, baik yang berbentuk neraca, jurnal hingga laporan keuangan. Dengan hadirnya komputer, para pebisnis tentu menjadi sangat terbantu apalagi dengan adanya software seperti Microsoft Excel.

Akan tetapi Excel belum bisa dijadikan sebagai acuan yang pasti dalam membuat laporan. Hal ini dikarenakan adanya rumus-rumus yang tidak semua orang menguasainya.

Mengapa Software Akuntansi Penting untuk UMKM

Inilah alasan penggunaan software akuntansi bagi para pelaku UMKM. Melalui software akuntansi bisa membantu pemilik UMKM dalam penghematan keuaagan dan waktu. Selain itu juga membantu untuk merampingkan keuangan bisnisnya.

Melalui laporan keuangan maka proses akuntansi perusahaan tersebut bisa langsung diketahui apakah keuangan perusahaan dalam keadaan sehat atau tidak. Jadi dengan adanya  software accounting ini memang sangat membantu dalam memperjelas keadaan perusahaan.

Ada beberapa alasan para pelaku UMKM ini membutuhkan software akuntansi.

1. Bisa melakukan review setiap saat

Saat kamu sedang membutuhkan data keuangan bisnis, kamu pun bisa melakukan review setiap saat. Inilah yang menjadikan pelaku UMKM wajib untuk menggunakan software akuntansi yang bisa membantu dalam merampingkan data keuangan.

Dengan adanya review setiap saat maka akan bisa mengatasi terkait dengan kondisi keuangan usaha. Jadi memang software akuntansi dibutuhkan sekali bagi pelaku UMKM.

2. Hanya perlu input data

Saat memilih menggunakan software akuntansi tentunya akan sangat memudahkan dalam pekerjaannya, karena tidak membutuhkan rumus yang rumit seperti halnya di Excel. Disini hanya perlu melalui input data saja, dan langsung bisa diketahui berapa biaya operasional, berapa omzet yang didapatkan, modal yang dikeluarkan dan lain-lain.

Termasuk juga saat ingin mendapatkan data pendapatan yang diterimanya dalam satu bulan. Disini hanya perlu input data saja, tanpa menghitung semuanya secara manual.

3. Memudahkan membuat laporan pajak

Saat usahanya sudah berjalan serta mempunyai omzet yang lumayan maka selanjutnya adalah melakukan kewajiban membayar pajak.

Supaya laporan pajak yang dibuat cepat selesai maka perlu adanya software akuntansi. Dengan software ini maka akan memudahkan dalam laporan pajak tahunan. Pilihlah software akuntansi yang langsung terintegrasi dengan pajak.

4. Mempercepat pembuatan laporan keuangan

Diatas juga sudah disinggung bahwa salah satu alasan UMKM harus menggunakan software akuntansi yaitu untuk merampingkan keuangannya. Sekarang dalam penyusunan laporan keuangan sudah menggunakan software akuntansi, dan kamu hanya perlu menunggu hasilnya saja selama beberapa menit.

Berbeda jika masih menggunakan manusia, agar bisa mengetahui laporan keuangan selama satu bulan maka membutuhkan waktu minimal satu minggu untuk membuatnya. Tentu saja ini akan membuang waktu dan tenaga.

5. Pengontrol Biaya

Bisnis yang dijalankan saat ini tentunya mengeluarkan biaya. Diantaranya biaya operasional, biaya produksi serta biaya pemasaran. Semua itu tentunya juga harus dicatat dengan jelas dan rapi, dengan menggunakan software akuntansi ini maka akan lebih mudah saat proses perincian biaya.

software akuntansi keuangan kledo app

Dengan fitur software akuntansi dari Kledo ini akan memudahkan kamu dalam menghitung biaya produksi, biaya penyimpanan, biaya pengiriman, dan berbagai biaya operasional lain yang bisa diketahui berkat adanya informasi yang realtime.

Dan jika bisnis yang kamu jalani tidak mulai menggunakan software akuntansi maka sulit dalam pembuatan laporan keuangan dari bisnis yang tengah kamu jalankan.

6. Biaya yang dikeluarkan lebih kecil

Alasan lainnya mengapa software akuntansi dibutuhkan oleh pelaku UMKM yaitu yang terkait dengan biaya. Saat memilih menggunakan software akuntansi tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa tenaga ahli yang menyusun laporan keuangan. Tentu saja kita tetap butuh admin yang bertanggungjawab menjalankan software akuntansi tersebut, tetapi untuk UMKM hal tersebut bisa kita handle sendiri. Lebih murah tentunya

7. Memilih software akuntansi

Apabila sudah mengerti mengapa harus menggunakan sofware akuntansi, maka langkah selanjutnya yaitu memilih software akuntansi yang dibutuhkan untuk bisnis yang dijalani.

Di Indonesia saat ini dana banyak sekali vendor software akuntansi baik yang dari luar negeri maupun yang bersifat lokal. Bahkan sekarang kita juga bisa menemukan software akuntansi online yang dikenal juga dengan software akuntansi online.

software akuntansi keuangan kledo

Dengan menggunakan software akuntansi online maka data keuangan UMKM akan disimpan di awan tau disebut dengan penyimpanan cloud. Salah satu software akuntansi paling rekomended yaitu Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang mudah untuk digunakan serta bisa diakses dari mana saja dan kapan saja selama kamu terhubung dengan internet karena menggunakan infrastruktur cloud.

Sebagai kontribusi untuk memajukan UMKM di Indonesia, software akuntansi Kledo juga memudahkan pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya dengan memberikan kemudahan dimana kamu bisa menggunakan Kledo secara gratis. Selain itu pembuatan laporan pencatatan keuangan usaha seperti invoice maupun reporting yang bisa dilihat secara realtime

Dengan software akuntansi Kledo ini maka pelaku UMKM juga akan dengan mudah mencatat transaksi bisnisnya. Software ini juga mudah diakses serta bisa menyajikan berbagai data seusia dengan yang dibutuhkan.

Jadi kamu juga bisa melihat dengan gamblang data keuangan kapanpun dan dimanapun. Dengan keunggulan ini, maka kamu bisa menyusun langkah strategis dalam pengembangan UMKM kamu

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.