8 Kondisi Penyebab Terjadinya Sakit Dada Sebelah Kiri Atas

Kemungkinannya kamu akan langsung merasa takut, waswas, dan akan langsung berpikir yang tidak tidak pada saat mengalami nyeri dada sebelah kiri atas payudara. Memang timbulnya rasa sakit ini sering dikaitkan dengan terjadinya serangan jantung, sehingga rasa sakit yang dialami tidak akan kamu anggap remeh. Oleh karena itu sangat penting bagimu untuk mengetahui gejala gejalanya, sehingga akan diketahuinya apakah rasa sakit yang dialami membutuhkan perawatan medis atau tidak. JIka memang rasa sakit yang dialami karena adanya serangan jantung maka diperlukan perawatan secepatnya. Tetapi jika penyebabnya karena faktor yang lainnya maka tidak diperlukannya perawatan khusus untuk menanganinya. Heart pain symptom

Dengan telah mengetahui berbagai kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya sakit dada sebelah kiri atas payudara, maka kamu akan mengetahui cara cepat untuk mengobatinya.

Berikut 8 kondisi penyebab terjadinya sakit dada sebelah kiri atas payudara diantaranya yaitu :

1 Angina

Angina ini bukanlah sebuah penyakit tetapi pada umumnya merupakan gejala dari adanya penyakit jantung seperti penyakit jantung coroner. Angina ini adalah sebuah kondisi timbulnya rasa sakit pada bagian dada, rasa tidak nyaman, dan juga adanya tekanan yang terjadi pada saat jantung tidak tercukupi kebutuhan oksigennya dari darah. Suplai darah yang kurang hingga ke jantung menyebabkan akan semakin sedikitnya oksigen yang dibawa ke jantung untuk memompa darah. Sehingga akan mengakibatkan timbulnya rasa sesak atau sakit dada seperti ditusuk tusuk.

2 Miokarditis

Terjadinya sakit dada sebelah kiri atas payudara juga bisa menjadi indikasi jika terjadinya peradangan pada otot jantung. Terjadinya peradangan tersebut disebabkan oleh adanya virus. Selain sakit dada, kondisi tersebut juga akan ditandai dengan terjadinya sesak napas, tidak normalnya irama jantung, dan juga mengalami kelelahan. Adanya miokardirtis ini akan mempengaruhi sistem listrik jantung, melemahkan jantung, dan juga otot jantung mengalami kerusakan yang permanen.

Baca juga  Puasa Ramadhan? Hindari Mengkonsumsi 4 Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur dan Berbuka

3 Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan sebuah kondisi dimana otot jantung melemah, meregang, atau juga pada bagian strukturnya mengalami masalah. Biasanya kondisi ini akan terjadi pada saat jantung tidak lagi memompa darah atau tidak berfungsi dengan baik.

Yang menjadi gejala khas dari terjadinya Kardiomiopati ini adalah adanya rasa sakit pada bagian dada yang disertai dengan sesak napas, jantung yang berdebar debar, pusing, dan juga terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti pergelangan kaki, telapak kaki, kaki, perut, dan juga urat leher.

4 Perikarditis

Perikardium merupakan dua lapisan tipis jaringan yang mengelilingi jantung. Pada saat area tersebut mengalami peradangan atau iritasi maka akan menyebabkan bagian sisi kiri atau tengah dada mengalami rasa sakit seperti ditusuk tusuk benda tajam.

Kemungkinannya juga rasa sakit akan dialami oleh salah satu ataupun kedua bahu. Gejala gejala lain dari terjadinya kondisi ini akan hampir sama dengan gejala pada saat terjadinya serangan jantung.

5 Stress

Merasakan sakit pada bagian dada sebelah kiri atas payudara juga akan terjadi pada saat kamu merasa stress. Ini akan sama seperti pada saat terkena serangan jantung, didalam kondisi ini dada akan merasa sesak dan selama periode stress berlangsung kondisinya akan semakin buruk.

Adanya tekanan pada jantung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup, sehingga akan mengencangnya arteri dan dada sebelah kiri pun merasakan sakit.

6 Serangan Panik

Biasanya serangan panik akan terjadi secara tiba tiba dan dalam kurun waktu 10 menit cenderung akan meningkat. Dada merasa nyeri adalah salah satu gejala khas dari terjadinya kondisi ini.

Selain dada merasa nyeri masih ada gejala khas lainnya seperti sesak napas, jantung berdebar debar, gemetar, pusing, keluar keringat dingin, ataupun merasa mual. Terkadang adanya gejala serangan panik ini akan memicu terjadinya serangan jantung.

Baca juga  Vitamin Kehamilan, Membantu Menghadapi Kehamilan Pertama

7 Gangguan Pencernaan

Merasakan sakit pada bagian dada sebelah kiri atas payudara juga terkadang disebabkan karena adanya berbagai masalah yang menyerang sistem pencernaan. Hal tersebut dikarenakan tulang dada yang berada tepat pada bagian depan beberapa organ pencernaan utama. Oleh karena itulah segala kondisi yang berhubungan dengan kerongkongan, perut, dan usus dapat menyebabkan dada sebelah kiri atas payudara merasa sakit.

8 Serangan Jantung

Terjadinya serangan jantung ini adalah pada saat otot jantung mengalami kerusakan karena pada saat itu jantung tidak mendapatkan darah yang kaya akan oksigen. Merasa sakit pada bagian dada sebelah kiri atas payudara adalah salah satu ciri umum dari terjadinya serangan jantung. Timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kiri atas payudara tersebut dapat dideskripsikan seperti adanya tekanan, remasan, ataupun rongga bagian dalam mengalami rasa sesak. Dan bahkan adanya beberapa kasus dimana para penderitanya akan merasakan sensasi rasa panas dan nyeri pada bagian tubuh sebelah kirinya

Itulah  8 kondisi penyebab terjadinya sakit dada sebelah kiri atas payudara. Selain itu masih ada kondisi penyebab lainnya seperti terjadinya kerusakan tulang. Pada saat terjadinya kerusakan struktur tulang rangka yang disebabkan oleh patahnya tulang dada sebelah kiri maka akan dapat menyebabkan dada sebelah kiri atas payudara mengalami rasa sakit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *