Ide Tanaman Hias Indoor untuk Mempercantik Ruang

Memiliki ruangan rumah yang asri akan membuat keluarga merasa nyaman di dalam rumah, memadukan tanaman hias indoor merupakan ide yang baik untuk menghasilkan tata ruang di dalam rumah yang nyaman.

Kita bisa menciptakan indoor garden baik yang berkonsep vertical garden maupun taman kecil di sudut rumah, atau dengan melakukan penataan tanaman hias dalam pot di beberapa titik dalam ruangan.

Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

Beberapa manfaat memiliki tanaman hias di dalam rumah adalah sebagai berikut

Menjaga Kelembapan Udara

Tanaman hias berfungsi menjaga kelembapan dan kebersihan udara dalam rumah, dengan demikian, kita tidak perlu membeli humidifier untuk menjaga kelembapan udara ruangan. Karena fungsi alat mahal tersebut bisa diganti oleh tanaman hias yang lebih cantik dan murah.

Jenis tanaman hias yang cocok antara lain palem kuning atau chrysalidocarpus lutescens

Meredakan Stress

Beneran lho tanaman hias dapat membantu untuk meredakan stress, karena warna hijau alami dan aroma tanaman dapat meningkatkan suasana hati menjadi tetap positif.

Pilihlah tanaman hias indoor yang memiliki bunga agar semakin meningkatkan mood kita saat ada di dalam rumah.

Mencegah Alergi dan Asma

Tanaman hias dapat memberikan asupan udara bagi penghuni rumah, selain itu kadar debu dalam udara dan kelembapan bisa berkurang. Debu ini biasanya menjadi sumber alergen dan memicu berbagai masalah pernafasan seperti asma, batuk, pilek dan bersin.

Maka untuk penderita asma dan alergi disarankan memelihara tanaman hias dalam ruangan.

Rekomendasi Tanaman Hias Dalam Ruangan

Lalu apa saja sih rekomendasi tanaman yang cocok di dalam rumah? Biar gak penasaran langsung aja yuk kita simak sobat dolan

Lidah Mertua

Tanaman yang dikenal dengan nama menjemukan ini justru cocok ditempatkan di dalam ruangan, alih-alih tajam seperti lidah mertua beneran, tanaman satu ini dapat meningkatkan mood kita.

Berwarna hijau dengan pinggiran kuning, lidah mertua lebih cocok ditempatkan dalam pot mini dan diletakkan di atas meja, buffet atau sudut ruangan.

Chinese Money

tanaman hias indoor chinese money

Memiliki daun lebar bulat seperti koin, membuatnya disebut chinese money, meski kita tahu koin china era kerajaan justru tidak seperti keping mata uang koin yang kita kenal.

Tanaman ini cocok untuk kalian yang lebih suka tanaman simpel dan imut, cocok diletakkan di atas meja.

Monstera

Jenis tanaman hias indoor berikutnya adalah Monstera, memiliki daun unik seolah sobek di kanan kirinya, membuat tanaman ini nampak anggun. Warna hijau tua yang khas mampu membuatnya menarik mata.

Oh ya tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang lumayan juga lho. So gak akan rugi memelihara monstera di dalam rumah.

Daun Ivy

Untuk kamu yang suka dengan tanaman jenis gantung, pilihannya cukup banyak tanaman gantung yang bisa digunakan di dalam ruangan. Salah satunya adalah Daun Ivy atau english ivy.

tanaman rambat gantung daun ivy

Memiliki daun berbentuk bintang dengan warna hijau pupus dan aksen putih ini dapat tumbuh subur dalam cahaya yang redup, jadi bisa ditempatkan di dalam ruangan. Perawatannya cukup mudah karena tidak perlu sering disiram

Aglaonema

Aglaonema merupakan jenis tanaman yang sebaiknya tidak terkena sorotan matahari langsung, meski ia tetap membutuhkan suasana ruang yang terang, sehingga sudut ruangan yang terlindung dari paparan matahari langsung dapat menjadi pilihan.

tanaman hias dalam ruang aglaonema

Tanaman jenis monokotil ini memiliki bentuk daun cantik dengan gradasi warna menarik yang indah untuk dipandang.

Nah itulah beberapa rekomendasi tanaman hias indoor yang cocok untuk menghiasi ruangan di rumah kamu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.