Ajak Ibu dan Anak dalam Indonesia Cinta Membaca

Tanoto Foundation, berupaya menumbuhkan minat dan budaya membaca pada generasi muda Indonesia melalui program Indonesia Cinta Membaca. Program ini merupakan program kesekian kali dari Tanoto Foundation yang ditujukan untuk pendidikan anak-anak Indonesia.

Anak-anak, terutama di usia dini merupakan pembelajar yang cerdas, kecerdasan ini tak hanya sekedar dari sisi akademis saja melainkan kecerdasan sikap, sosialisasi hingga pengambilan keputusan. Namun demikian, salah satu gerbang untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan lebih luas adalah dengan membaca, dengan membaca, anak-anak dapat mendapatkan wawasan mengenai banyak hal yang belum pernah dijumpainya di dunia nyata.

Gerakan literasi di Indonesia meski telah didukung pemerintah, namun belum berjalan secara optimal, padahal pengetahuan suatu bangsa memiliki korelasi positif dengan minat dan budaya membaca.

Gerakan Literasi di Negara Lain

Sebut saja di Finlandia, negara berpenduduk lima juta jiwa ini memiliki budaya membaca turun temurun, kegiatan membaca di Finlandia didukung 738 perpustakaan di seluruh negeri. Menariknya, pemerintah Finlandia memberikan bingkisan paket perkembangan anak kepada keluarga yang baru memiliki bayi, tentu saja ada buku bacaan untuk orang tua maupun si kecil dalam paket tersebut.

cara mengembangkan kecerdasan linguistik anak

Di negeri Skandinavia lain, Swedia, minat tinggi membaca juga tercermin dalam banyaknya perpustakaan umum yang tersebar di titik-titik keramaian seperti stasiun kereta maupun pusat perbelanjaan.

Sebagai gambaran di Ibukota Swedia, Stockhlom terdapat 51 perpustakaan umum untuk melayani 2,3 juta penduduknya. Tak hanya itu, berbeda dengan di Indonesia, sistem peminjaman buku di Swedia membolehkan buku dipinjam selama 6 bulan dengan jumlah buku maksimal yang bisa dibawa pulang sebanyak 50 judul.

Tingginya budaya literasi Swedia tidak lepas dari kebiasaan mereka meninggalkan buku yang sudah selesai dibaca di tempat tertentu dengan tulisan kecil, budaya ini kemudian dipopulerkan oleh pemeran Hermione Granger, Emma Watson dengan mempopulerkan gerakan #bookfairis dengan membagikan buku secara gratis di tempat publik yang mudah ditemukan.

Baca juga  Tempat Wisata Keluarga di Exotarium Jogja

Dalam dunia pendidikan sendiri, membaca merupakan kunci penting untuk memperoleh pengetahuan guna mendukung sisi akademisnya, karena peran penting inilah, Tanoto Foundation bergerak untuk mengkampanyekan budaya membaca kepada anak-anak melalui gerakan #IndonesiaCintaMembaca.

Indonesia Cinta Membaca bersama Tanoto Foundation

Kompetisi Gerakan Indonesia Cinta Membaca Tanoto Foundation

Kampanye Indonesia Cinta Membaca ini diwujudkan Tanoto Foundation melalui kompetisi #MomenBacaBersama yang berlangsung sejak tanggal 10 September 2020 dan ditutup nanti pada Hari Ibu 22 Desember 2020.

Orang tua yang ingin mengajak putra putrinya dalam kampanye ini bisa mengikuti syarat kompetisi #MomenBacaBersama sebagai berikut

  1. Orang tua/pengasuh dengan anak usia 0-6 tahun
  2. Memiliki akun instagram aktif dan asli
  3. Mengunggah konten kreatif berupa foto/video kegiatan membaca bersama anak di feed instagram
  4. Menggunakan hashtag wajib #IndonesiaCintaMembaca dan #MomenBacaBersama
  5. Wajib melalukan tag dan mention akun @tanotoeducation serta memention minimal 3 orang teman
  6. Tidak ada batasan jumlah unggahan konten ke feed instagram, boleh upload sebanyak-banyaknya
  7. Waktu upload adalah 10 September 2020 hingga 22 Desember 2020

Setiap bulannya akan dipilih 3 orang pemenang yang berhak untuk mendapatkan hadiah voucher Gramedia masing-masing sebesar Rp. 500.000 serta Paket Anak SIGAP. Paket ini isinya adalah alat permainan edukatif loose parts.

Dengan adanya kompetisi #MomenBacaBersama ini, harapannya, orang tua dapat membimbing putra dan putrinya belajar membaca, membangun kedekatan psikologis dengan anak serta menumbuhkan kepercayaan diri mereka.

Kegiatan semacam ini diharapkan mampu membawa masyarakat Indonesia makin terbiasa dengan budaya literasi, yang kemudian pada akhirnya akan mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat Indonesia, agar terus dapat bersaing dalam percaturan dunia. Sedikit persembahan dari Tanoto Foundation ini semoga mampu menjadi trigger untuk menarik minat masyarakat dan lembaga lain guna terus mengkampanyekan kegiatan Indonesia Cinta Membaca maupun kegiatan literasi lainnya di lingkungan masing-masing.

Baca juga  5 Tips Jaga Kualitas Hubungan dengan Pasangan

Informasi lebih lanjut bisa dibaca di instagram @TanotoEducation maupun web resmi Kompetisi Gerakan Indonesia Cinta Membaca Tanoto Foundation: https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-hadiahnya/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *