Cara membasmi rayap dengan mudah

Cara membasmi rayap. Rayap (termitidae) merupakan salah satu jenis serangga yang masuk ke dalam infraordo isoptera, termasuk ke dalam ordo blattodea. 

Serangga ini hidup berkoloni layaknya semut, namun umumnya rayap tidak disukai manusia karena kehadiran koloni rayap umumnya merugikan. Ya rayap adalah pemakan kayu. Dimana ada kayu biasanya rayap akan hinggap disana dan membangun sarangnya

Itulah mengapa orang-orang tua dulu kerap menyimpan kayu untuk membangun rumah di dalam air kolam. Tentunya agar kayu tersebut tidak habis dimakan rayap dan bisa digunakan kelak saat hendak membangun rumah.

Enzim selulosa pada kayu adalah makanan utama rayap, oleh karena itulah rayap sangat suka membangun sarang pada kayu, tidak hanya kayu yang tidak terpakai tetapi juga seringkali ditemukan pada furniture rumah tangga. 

Selain kayu, rayap juga mengkonsumsi sabuk kelapa,rumput, kertas, buku, karton, tekstil maupun kulit tanaman. Mereka mencari selulosa yang terkandung dalam obyek-obyek tersebut.

Kelompok rayap dari sub-famili Mastotermetinae (famili Termitidae) membudidayakan jamur Termitomyces (Basidiomycetes) dalam koloninya, jamur tersebut dimakan anggota koloni rayap yang masih muda. Ada juga jenis rayap yang mengkomsumsi tanah karena kaya akan kandungan mineral, karbohidrat, mikroorganisme tanah dan polyphenolic. Kurang lebih, hampir 60% dari famili termitidae mengkomsumsi tanah sebagai bahan makanannya.

Koloni rayap umumnya terbagi menjadi dua kelompok yakni pekerja dan prajurit. Rayap pekerja bertanggung jawab pada segala jenis kerusakan kayu yang ditimbulkan oleh koloni. Kelompok ini yang bertugas mengambil selulosa dari kayu yang mereka makan.

Cara mencegah dan membasmi rayap

Rayap prajurit memiliki bentuk yang lebih besar dengan kepala berbentuk capit guna mempertahankan koloni dari serangan serangga lain. Selain itu terdapat juga raja dan ratu rayap yang bertugas sebagai pemimpin dan menjaga keberlangsungan koloni rayap. Ratu rayap dapat memproduksi hingga 160.000 telur dalam 1 tahun.

Lalu pertanyaannya bagaimana cara mencegah dan membasmi rayap?

Baca juga  Tagihan Listrik Membengkak Gegara Fitting Pipa Sering Jebol

Cara membasmi rayap

Perbanyak ventilasi udara

Rayap pekerja adalah hewan yang buta dan mandul, mereka menyukai kondisi yang lembab dan gelap. Oleh karenanya, kita bisa menggunakan hal tersebut untuk mencegah rayap dengan memperbanyak ventilasi. Selain memperlancar aliran udara guna mengurangi kelembaban udara, ventilasi berguna untuk memasukkan lebih banyak cahaya matahari ke dalam rumah

Bersihkan rumah dengan rutin

Cara membasmi rayap berikutnya adalah dengan rutin membersihkan rumah guna mencegah koloni rayap berkembang, umumnya cairan pembersih lantai mengandung anti jamur dan anti serangga. Rayap tidak menyukai bau cairan pembersih lantai. Selain itu furniture dan koleksi buku perlu kita bersihkan secara berkala agar tidak lembab. 

Tempatkan kapur barus

Serangga umumnya terganggu dengan aroma kapur barus. Kapur barus memiliki fungsi untuk mencegah kelembaban dan mengharumkan ruangan. Tempatkan kapur barus di sudut ruang, lemari buku, lemari pakaian agar mampu menyerap kelembaban udara di dalam ruang. 

Menjemur perabot

Jamur umumnya tumbuh di dalam tempat yang lembab. Rayap muda memakan jamur sebagai makanannya, oleh karenanya menjemur perabot seperti meja kursi dan kasur perlu sesekali dilakukan untuk membersihkan dan mengurangi kelembaban perabot

Dalam beberapa kasus mungkin anda perlu menggunakan jasa pembasmi rayap. Jika anda berada di kota pahlawan, anda bisa memanggil petugas anti rayap surabaya untuk menangani masalah rayap dan serangga lain di rumah anda

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *