Facebook merupakan media sosial yang sudah digunakan di Indonesia sejak lama. Meskipun bermunculan media sosial lain yang lebih kekinian, namun Facebook masih memiliki penggunanya tersendiri. Pasalnya banyak fitur di Facebook yang belum ada di media sosial lain seperti Grup, Komunitas, Halaman, dan lain sebagainya. Selain digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lain, Facebook kini juga menjadi media promosi dan pemasaran. Jika berhasil membuat postingan yang menarik, maka sobat digital bisa mendapatkan banyak like dan komen. Berikut ini adalah beberapa cara agar postingan Facebook menarik banyak orang:
Pilih Jenis Postingan yang Tepat
Ada cukup banyak jenis postingan Facebook yang bisa sobat digital buat. Pastikan sobat digital memilih jenis postingan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa jenis postingan yang bisa diunggah di Facebook:
Pertanyaan
Jenis postingan pertama yang bisa sobat digital buat adalah pertanyaan. Sobat digital harus mengajukan pertanyaan untuk mencoba mengundang audiens untuk menjawab. Lakukan riset dengan baik untuk mencari pertanyaan yang menarik dan sesuai tren.
Gambar
Jenis postingan kedua adalah jenis postingan yang paling populer untuk menarik minat audiens. Tampilan atau visual memang memberikan minat yang tinggi bagi audiens untuk membaca postingan. Buat gambar yang menarik sesuai dengan tujuan sobat digital membuat postingan Facebook.
Video
Dibandingkan postingan berupa gambar, postingan berupa video memang membutuhkan effort yang lebih besar. Namun postingan video sangat membantu untuk menjelaskan sesuatu yang sifatnya panjang. Daripada membuat postingan teks panjang lebar, membuat video akan jauh lebih disukai.
Link
Postingan berupa link tidak mungkin berdiri sendiri. Sobat digital harus menggabungkan postingan ini dengan konten lainnya. Misalnya yaitu konten gambar, video, ataupun teks. Biasanya link tersebut merupakan link untuk menuju ke blog atau website berisi informasi yang lebih lengkap. Buat postingan yang kredibel dan terpercaya agar audiens mau melakukan klik.
Kupon atau Paket
Dibandingkan jenis-jenis postingan Facebook sebelumnya, postingan kupon atau paket sepertinya masih terdengar sedikit asing. Jenis konten ini biasanya berupa hadiah dan kontes yang diberikan untuk audiens. Jadi tentu saja menarik bagi mereka yang menginginkan hadiah.
Giveaway
Jenis postingan menarik terakhir yang bisa sobat digital unggah ke Facebook untuk mendapatkan audiens adalah giveaway. Giveaway sedang populer akhir-akhir ini. Sebenarnya hampir sama dengan kupon dan paket, postingan ini bertujuan untuk menarik audiens dengan memberikan hadiah atau kontes.
Buat Konten Visual yang Banyak
Konten yang menunjukkan visual seperti foto dan video menghasilkan lebih banyak engagement dibandingkan dengan konten tulisan atau text. Oleh sebab itu, sobat digital sebaiknya membuat lebih banyak konten visual. Bahkan sobat digital bisa menanamkan link dan text pada konten visual tersebut dengan cara yang tepat. Berikut adalah contoh konten visual yang bisa sobat digital buat:
Infografik
Infografik merupakan kumpulan informasi yang diberikan dalam bentuk visualisasi, grafik, dan sedikit teks. Dengan begitu, audiens akan lebih paham mengenai topik yang sedang dibahas. Tambahkan link blog atau website pada postingan infografik yang sobat digital buat agar audiens mendapatkan informasi yang lebih lengkap.
Video tutorial
Konten visual yang bisa sobat digital pilih selanjutnya adalah video tutorial. Video ini berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Buat video tutorial yang menarik sehingga audiens mau melihatnya sampai habis.
Custom images
Konten visual terakhir yang bisa coba sobat digital buat adalah custom images. Contoh custom images yaitu gambar kustom untuk memberikan informasi pada penggemar mengenai update HP favoritnya. Kontennya bisa disesuaikan dengan tujuan sobat digital membuat postingan.
Perhatikan Panjang Konten
Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa semakin panjang konten, maka akan semakin baik. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak selalu benar, apalagi jika sobat digital membuat konten tulisan atau text. Orang-orang cenderung malas membaca jika kontennya terlalu panjang.
Setelah membuat postingan berisi konten visual, sobat digital bisa menambahkan deskripsi yang singkat dan padat. Tidak perlu panjang-panjang, cukup 0 sampai dengan 50 karakter saja.
Gunakan Emoticons
Cara membuat postingan Facebook yang menarik terakhir adalah menggunakan emoticons. Pasalnya penambahan emoticons membuat sobat digital tampak lebih ramah untuk berinteraksi dengan audiens. Namun perhatikan jumlahnya, jangan terlalu banyak karena bisa mengganggu postingan.
Itulah cara agar postingan Facebook menarik. Sobat digital bisa menjadikan Facebook sebagai tempat berjualan. Dengan postingan yang menarik, maka akan lebih banyak orang tertarik untuk melihat produkmu.