Mengenal Bagian Otak Serta Cara Tingkatkan Kinerjanya

Otak merupakan bagian tubuh manusia yang kompleks sekaligus amat vital. Otak menjadi pusat kendali, pusat berpikir, menjaga keseimbangan tubuh, daya ingat dan beragam fungsi penting lainnya.

Otak terdiri dari milyaran saraf yang saling terhubung. Otak dilindungi oleh tulang tengkorak serta selaput otak dan terhubung dengan saraf tulang belakang. Simak struktur otak serta cara meningkatkan kinerjanya berdasarkan saran para ahli neurosains lewat pembahasan di bawah ini.

Struktur-struktur Otak

Merupakan organ yang sangat kompleks, berikut beberapa bagian otak yang memiliki peran tersendiri.

  • Otak Besar (Cerebrum)

Bagian otak terbesar dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian kanan dan bagian kiri. Bagian kanan berfungsi mengatur tubuh bagian kiri, sedangkan otak kiri berfungsi mengatur tubuh bagian kanan.

Bagian luar otak disebut cerebral cortex yang membuat koneksi sinaps, sementara bagian dalam mengandung sel saraf mielin yang akan menyampaikan informasi otak dengan saraf tulang belakang.

Selanjutnya otak besar dibagi menjadi 4, bagian depan berfungsi mengatur emosi, pusat ingat, pengambilan keputusan, perilaku, kepribadian, gerakan dan ucapan.

struktur dan kinerja otak

Sementara bagian belakang berfungsi sebagai pusat penglihatan. Bagian samping otak memiliki kendali atas pendengaran, ingatan, emosi dan fungsi bicara. Bagian atas bertanggung jawab atas respon sentuhan, nyeri, suhu, tekanan hingga memberi pemahaman akan ukuran, bentuk dan arah.

  • Otak Kecil (Cerebellum)

Berada di bawah otak besar bagian belakang. Otak kecil pun memiliki 2 belahan yang berfungsi mengatur keseimbangan, koordinasi tubuh dan kendali atas gerakan.

  • Batang Otak (Brainstem)

Sementara itu pemancar yang menghubungkan otak besar dan saraf tulang belakang merupakan tugas dari batang otak.

Baca juga  Cara Mengembalikan Warna Sepatu Kets Terlihat Seperti Baru

Batang otak memiliki 3 struktur utama yaitu otak tengah, pons serta medulla oblongata yang memiliki fungsi masing-masing.

Selain bagian yang telah disebutkan di atas, otak juga memiliki bagian penting lainnya yaitu cairan serebrospinal, meninges, corpus callosum, talamus, hipotalamus, kelenjar hipofisis, ventrikel, kelenjar pineal, saraf kranial dan sistem limbik.

Cara Tingkatkan Kinerja Otak Saat Belajar Menurut Ahli Neurosains

struktur dan kinerja otak

Neurosains merupakan ilmu yang mempelajari saraf atau neuron. Sebagai organ yang berfungsi sebagai pusat berfikir dan mengingat, begini cara meningkatkan kinerja otak yang dapat Anda lakukan agar proses belajar dapat maksimal menurut para ahli neurosains :

  • Fokus

Cara meningkatkan kinerja otak menurut ahli neurosains yang pertama adalah usahakan untuk fokus pada apa yang dipelajari. Hilangkan distraksi seperti sosial media, gadget, suara televisi dan lain-lain.

  • Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro akan memacu Anda menjadi lebih produktif. Untuk menggunakan teknik ini, set alarm selama 25 menit. Saat alarm telah berbunyi, hentikan kegiatan belajar. Rehat sejenak dalam waktu singkat sekitar 5 menit. Ulangi cara ini beberapa kali sebelum menghentikan kegiatan belajar.

  • Lagukan Materi

Melagukan materi merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat seseorang lebih mudah menghafal sebuah materi. Cara ini biasa dilakukan sebagai variasi kegiatan belajar agar tak cepat bosan.

  • Jangan Lupa Istirahat

Cara meningkatkan kinerja otak berikutnya ialah dengan tidak memforsir otak untuk belajar. Gunakan waktu di malam hari untuk beristirahat. Otak setidaknya membutuhkan durasi tidur 7 jam dalam satu harinya.

  • Olahraga Teratur

Lakukan olahraga secara rutin setidaknya 15 menit sehari untuk meningkatkan kinerja otak. Selain bermanfaat bagi otak, olahraga juga baik bagi kesehatan.

  • Belajar Sambil Praktek

Materi belajar akan lebih mudah dipahami saat Anda melakukannya sambil praktek. Gunakan 40 menit awal untuk memahami materi yang dipelajari kemudian 20 menit selanjutnya gunakan untuk mempraktekkannya.

Baca juga  Kenali Penyebab Rambut Rontok Pada Remaja

Terdiri dari milyaran saraf yang saling terhubung namun pada kenyataannya masih banyak orang yang mengalami kesulitan saat belajar. Nah, itulah gambaran tentang struktur otak serta beberapa cara untuk memaksimalkan kinerja otak menurut para ahli neurosains.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *