Mengubah Permalink WordPress

Mengubah permalink wordpress. Permalink atau permanent link adalah sebutan untuk naked url yang muncul pada address bar di browser kita. Permalink ini biasanya kita gunakan untuk menuju situs web tujuan secara direct. Berbeda dengan Blogspot yang secara default memiliki permalink /year/month/%postname%.html dan tidak bisa diubah lagi, meski penggunanya telah menggunakan custom domain, WordPress memiliki sistem permalink yang berbeda.

WordPress mengijinkan beberapa format permalink untuk user pengguna CMS. Ya format ini hanya bisa diakses pengguna wordpress.org atau mereka yang menginstall CMS wordpress pada shared hosting. Sementara pengguna yang mendaftar dan membuat situsnya di wordpress.com tidak dapat mengubah permalink, sama halnya seperti user blogspot.

Format permalink yang ada pada wordpress

Pada wordpress pengguna bisa mengubah permalinknya menjadi seperti dibawah ini

Selain itu, WordPress mengijinkan penggunaan struktur lain seperti penggunaan Tag

Untuk penggunaan yang SEO friendly sendiri, yang terbaik adalah menggunakan Nama Tulisan sebagai permalink. Misal adalah halaman artikel di Dolan Digital ini yang langsung menggunakan %Postname% sebagai permalinknya. Penggunaan postname selain memudahkan user dalam mengingat link yang baru dibaca, juga memudahkan Search Engine untuk mengetahui apa sih sebenernya yang ditulis di halaman itu.

Cara mengubah permalink wordpress adalah sebagai berikut

mengubah permalink wordpress

  1. Masuk ke halaman admin wordpress anda
  2. Klik halaman Pengaturan di bagian sidebar sebelah kiri halaman admin
  3. Pilih permalink
  4. Pilih tipe permalink yang anda inginkan
  5. Klik tombol untuk menyimpan perubahan

Melakukan setting permalink ini sebaiknya dilakukan pada saat website wordpress Kanca Digital baru dibuat, karena jika tidak, url link artikel yang sebelumnya sudah Kanca Digital sebarkan pada saat blogwalking akan menghasilkan broken link. Nah bagaimana mengatasi broken link? tunggu informasinya di Dolan Digital edisi berikutnya ya

Baca juga  Membuat push notification di Wordpress Self Host

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *