Teknologi Baru di Bidang Robotic

Bidang robotic atau robotika merupakan cabang teknologi yang berhubungan dengan konstruksi, desain, operasi, pembuatan, serta aplikasi sebuah robot. Di era teknologi yang semakin maju ini, penggunaan robot untuk aktivitas sehari-hari memang semakin tinggi.

Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, teknologi baru di bidang robotic juga terus berkembang. Berikut ini adalah teknologi-teknologi terbaru yang mungkin membuat Anda penasaran:

Robot Hewan

Robot hewan satu ini diberi nama Unitree Go1. Penampilannya didesain mirip dengan anjing yang menawarkan persahabatan dengan manusia. Anjing menjadi salah satu hewan yang sering dipelihara oleh manusia. Unitree Robotics sebagai pengembang menggunakan software inovatif yang terintegrasi dengan paket sensor pintar. Dengan begitu, robot hewan ini mampu mengikuti dan mengenal pemiliknya.

Robot Sophia

robot shopia masa depan robot

Robot Sophia merupakan robot wanita yang memiliki mesin cerdas untuk meniru perilaku manusia, terutama dalam hal perasaan cinta dan kasih sayang. Uniknya, robot ini mampu mengekspresikan emosi menggunakan wajahnya yang didesain seperti manusia.

Sophia dibuka sejak tahun 2016 dan telah mengisi berbagai penampilan secara global. Robot Sophia semakin menarik karena dinobatkan sebagai juara inovasi pertama dari PBB.

Robot Surena IV

Robot Surena IV merupakan robot humanoid yang dikembangkan sejak bertahun-tahun lamanya. Surena II dan Surena III diperkenalkan pada tahun 2015 dengan banyak peningkatan dibandingkan dengan Surena I.

Sementara Surena IV menunjukkan kemampuan yang lebih banyak seperti meniru pose manusia, memegang botol, menulis, dan lain sebagainya. Bahkan robot satu ini juga mampu mendeteksi wajah maupun objek.

Robot Air Transforming

Robot Air Transforming dikembangkan dan dirancang oleh Houston Mechatronics. Canggihnya, robot ini bisa berubah saat berada di dalam air. Awalnya dari kendaraan submersible otonom (AUV) menjadi robot pemeliharaan humanoid atau ROV.

Saat berada pada mode AUV, robot mampu menempuh jarak hingga 124 mil atau sekitar 200 kilometer. Sedangkan pada mode ROV, ada dua lengan mekanis yang keluar dari tubuhnya. Kemampuannya untuk memperbaiki jaringan pipa dan rig minyak bisa diandalkan.

Mata Bionik

Teknologi mata bionik merupakan usaha ilmuwan selama puluhan tahun mengembangkan teknologi demi mengurangi jumlah kebutaan. Ilmuwan dari Hongkong dan Amerika Serikat mengembangkan sebuah mata sintetis yang memiliki fungsi dan kemampuan mirip mata manusia.

Teknologi yang digunakan adalah sensor tiruan fotoreseptor. Prototype bionik yang diciptakan diperkirakan mampu membantu orang yang tidak bisa melihat untuk bisa melihat lagi.

Robot Digit Pengantar Paket

Jasa pengantaran paket semakin dibutuhkan seiring meningkatnya transaksi berbasis online. Hal tersebut ternyata membuat para ilmuwan di bidang robotic memiliki ide untuk membuat sebuah robot pengantar paket.

Perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi tersebut adalah Ford. Jenis robot yang sedang dikembangkan adalah robot digit yaitu robot gesit yang tidak memiliki kepala. Ada sensor yang bisa membuat robot mampu melewati tangga dan menghindari berbagai rintangan.

Honda Asimo

Banyak yang beranggapan jika Honda Asimo adalah salah satu robot humanoid paling canggih di dunia. Ciri khas robot ini yaitu memiliki dua kaki, berdiri dengan tegak, stabil, dan dapat bergerak di berbagai lingkungan berbeda.

Robot Honda Asimo memiliki sistem kecerdasan buatan yang kompleks. Tidak heran jika akhirnya robot terus belajar dari lingkungannya.

Mobil Terbang

Bagi Anda penggemar film bertema science fiction, maka robot berupa mobil terbang ini sudah tidak asing bukan. Ternyata tidak hanya di film saja ada mobil terbang, perusahaan asal Amerika dan Eropa melakukan pengembangan untuk bisa menciptakan aslinya.

Sudah banyak perusahaan yang memproduksi prototype untuk bisa menyempurnakan baling-baling dan sayap pada mobil terbang. Di masa depan, mobil ini membutuhkan SIM khusus untuk mengendarainya.

Hoverboard Aircraft

Teknologi baru terakhir yang perlu Anda ketahui adalah hoverboard aircraft. Sebenarnya penampilan dari hoverboard ini mirip dengan drone pada umumnya. Namun ukurannya lebih besar hingga bisa dinaiki oleh manusia. Star 8 Green merupakan perusahaan yang memperkenalkannya. Ada delapan baling-baling yang disematkan untuk bisa mengangkut satu orang di atasnya.

Itulah teknologi baru di bidang robotic yang mencengangkan. Teknologi memang bisa membuat hal tidak mungkin menjadi mungkin. Semoga informasi yang diberikan mengenai teknologi di bidang robotic tersebut bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.