Cari Obat untuk Atasi Abdominal Migrain? Ke Toko SehatQ Saja!

Anda mungkin pernah mendengar, atau mengalami, sakit kepala migrain, serangan nyeri berdenyut yang berulang dan sering terjadi di satu sisi kepala. Tapi bagaimana dengan abdominal migrain atau migrain perut? Jenis penyakit satu ini memang kurang umum dan kurang dipahami.

Penyakit ini paling sering didiagnosis pada anak-anak karena kondisi ini sering ditandai dengan sakit perut, mual, dan muntah serta dapat menyebabkan tekanan emosional, dan gangguan pada aktivitas normal.

Apa Itu Abdominal Migrain?

abdominal migraine

Abdominal Perut adalah penyakti yang masih satu jenis dengan sakit kepala migrain. Biasanya abdominal migrain terjadi pada anak-anak yang memiliki riwayat keluarga migrain. Abdominal migrain jarang terjadi pada orang dewasa, tetapi sekitar 2% dari semua anak mungkin mengalami abdominal migrain.

Meskipun abdominal migrain termasuk dalam jenis migrain, nyerinya sering terjadi di perut. Biasanya, terjadi di dekat pusar atau garis tengah perut. Abdominal migrain sering terjadi sebagai reaksi pemicu migrain. Abdominal migrain menurut https://www.sehatq.com/penyakit  dapat menyebabkan sakit perut yang parah, mual, kram perut, dan sering muntah.

Abdominal migraine kebanyakan menyerang anak-anak dan menyerang i antara usia 3 dan 10 tahun. Seorang anak dengan keluarga atau riwayat pribadi sakit kepala migrain memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena migrain perut.

Apa Penyebab Abdominal Migrain?

Migrain perut dan migrain kepala memiliki pemicu serupa yakni seperti stres, melewatkan makan, terpapar cahaya terang, kurang tidur, dan makanan yang mengandung cokelat, kafein, dan monosodium glutamat (MSG).

Nah, karena hanya ada sedikit penelitian tentang obat yang digunakan untuk mengobati migrain perut, pasien dengan kondisi tersebut sering diobati dengan obat yang terbukti efektif untuk migrain kepala.

Gejala utama migrain perut adalah episode berulang dari nyeri perut sedang hingga parah yang berlangsung antara 1 dan 72 jam. Gejala lain dapat berupa mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan penampilan pucat. Gejala ini jarang terjadi di berbagai kondisi.

Baca juga  Tagihan Listrik Membengkak Gegara Fitting Pipa Sering Jebol

Bisakah Abdominal Migrain Diobati?

Terkadang makanan seperti coklat atau snack-snack micin mengandung monosodium glutamat yang dapat meningkatkan kemungkinan abdominal migrain. Menghindari makanan ini mungkin bermanfaat bagi sebagian orang dengan kondisi ini.

Lalu bagaimana cara mengobati abdominal migrain? Perawatan khusus untuk abdominal migrain belum ditetapkan karena sedikit yang diketahui tentang pengobatan migrain perut, dokter mungkin memperlakukannya seperti migrain lainnya.

Namun tenang, Anda bisa dapatkan beberapa obat itu hanya di Toko SehatQ yang bisa Anda akses di https://toko.sehatq.com/. Apa sajakah obat tersebut?

  1. NSAID (seperti ibuprofen) atau asetaminofen untuk meredakan nyeri.
  2. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala migrain dan, jika diminum segera setelah migrain, maka obat ini dapat mencegah perkembangan gejala abdominal migrain.
  3. Obat anti mual. Obat antimual bekerja dengan memblokir bahan kimia di otak yang memicu muntah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bukti yang mendukung penggunaan obat-obatan berikut dalam mencegah migrain perut dan Anda bisa dapatkan obat ini di sehatq.com :

  1. Pizotifen, obat berbasis benzocycloheptene.
  2. Flunarazine, agen penghambat saluran kalsium.
  3. Cyproheptadine, anti-histamin.
  4. Propranolol, penghambat beta dengan efek samping yang berpotensi serius, termasuk depresi dan hipertensi.

Seperti sakit kepala migrain, salah satu cara utama untuk mencegah abdominal migrain di masa mendatang adalah dengan menghindari pemicunya. Orang tua, anak-anak, dan dokter dapat bekerja sama untuk mengidentifikasi pemicu tertentu dan menyusun strategi untuk membantu anak-anak menghindarinya

Konsultasikan saja dengan dokter menggunakan fitur konsultasi dokter dari sehatq.com, mulai dari Rp 1 rupiah saja, Anda bisa lho konsultasikan apapun yang menjadi keluhan Anda!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *