Bagi pengguna TikTok, FYP bukan istilah yang asing lagi. FYP (For Your Page) merupakan halaman rekomendasi yang muncul setiap pengguna membuka aplikasi. Video yang masuk ke FYP adalah video-video yang viral dan populer. Jika berhasil masuk FYP, popularitas video serta akun TikTok pengguna akan meningkat dengan pesat. Tidak hanya pengguna populer yang memiliki banyak pengikut saja, video yang sobat digital unggah juga bisa FYP. Pasalnya video-video yang masuk ke halaman tersebut direkomendasikan oleh algoritma FYP. Apa sebenarnya algoritma FYP itu? Berikut pembahasannya:
Apa Itu Algoritma FYP?
Algoritma FYP atau algoritma TikTok merupakan sistem rekomendasi untuk menentukan konten mana yang akan ada di halaman utama pengguna. Konten yang muncul di FYP pengguna satu berbeda dengan pengguna lainnya.
Algoritma FYP memunculkan konten sesuai dengan preferensi atau minat pengguna. Contoh jika sobat digital menyukai konten KPOP, maka video-video KPOP akan lebih banyak muncul di FYP. Begitu pula dengan konten lain seperti kuliner, wisata, dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah faktor-faktor yang berpengaruh pada algoritma FYP:
Informasi video
Faktor pertama yang dapat memengaruhi algoritma FYP adalah informasi video. Faktor ini didasarkan pada konten yang dicari oleh pengguna. Jika sering mencari konten tertentu, maka konten yang berhubungan akan sering muncul di FYP pengguna. Adapun beberapa hal yang berhubungan dengan informasi video yaitu hashtag, efek atau filter, suara, keterangan, serta topik yang trending.
Interaksi pengguna
Faktor yang kedua ini sama seperti algoritma di platform Instagram. Algoritma FYP juga bekerja berdasarkan interaksi pengguna dengan konten. Melalui interaksi, algoritma bisa mengetahui jenis konten yang disukai atau tidak disukai oleh pengguna. Contohnya akun yang diikuti, konten yang dibagikan, konten yang disukai, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan engagement.
Pengaturan akun dan perangkat
Faktor terakhir yang berpengaruh pada algoritma FYP adalah pengaturan akun dan perangkat. Tidak hanya aktivitas saja, pengaturan juga bisa memengaruhi algoritma dari FYP. Contoh pengaturan yaitu pilihan bahasa, jenis perangkat seluler, pengaturan negara, dan kategori minat.
Meskipun begitu, faktor ini tidak terlalu berpengaruh dibandingkan dua faktor lainnya. Artinya, interaksi pengguna dan informasi video yang paling berpengaruh pada FYP.
Tips Menyiasati Algoritma FYP
Semua content creator TikTok pasti ingin video-nya masuk ke FYP pengguna lain hingga akhirnya memiliki banyak views dan engagement. Berikut adalah tips yang bisa diterapkan untuk menyiasati algoritma FYP tersebut:
Menggunakan hashtag yang relevan
Hashtag yang banyak memang membuka peluang untuk masuk ke tab discover atau halaman FYP. Akan tetapi, tidak ada jaminan bahwa konten yang sobat digital buah trending dan dilihat banyak orang.
Apalagi jika hashtag yang digunakan tidak relevan. Orang-orang biasanya akan langsung skip konten. Untuk menghindarinya, lebih baik gunakan hashtag yang tepat dan relevan. Tidak perlu banyak-banyak, asalkan tepat pasti lebih berguna.
Menambahkan lokasi
Tips selanjutnya yaitu dengan menambahkan lokasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, lokasi menjadi salah satu hal yang berpengaruh pada FYP karena berhubungan dengan pengaturan perangkat.
Algoritma biasanya merekomendasikan berdasarkan lokasi yang dekat. Jadi kemungkinan konten milikmu bisa muncul di FYP orang yang posisinya tidak terlalu jauh. Memang tidak selalu berhasil, namun tidak ada salahnya memaksimalkan kesempatan untuk FYP.
Menuliskan caption singkat
Berbeda dengan Twitter dan Facebook yang banyak tulisan atau teksnya, TikTok tidak terlalu fokus pada tulisan atau teks. Video merupakan konten utama yang hadir pada platform ini.
Meskipun begitu, sobat digital bisa menambahkan caption untuk memperjelas isi konten. Gunakan caption singkat yang menarik dan clickbait agar pengguna lain mau melihat kontenmu.
Membuat konten berkualitas secara rutin
Tips terakhir yang paling penting untuk diterapkan yaitu membuat konten berkualitas secara rutin. Percuma video milikmu masuk FYP jika tidak disukai oleh pengguna TikTok. Mereka pasti akan langsung melupakannya begitu saja.
Unggah konten yang mampu membuat pengguna menontonnya sampai selesai, bahkan mau mengulanginya atau membagikannya. Selain itu, pilih waktu unggah konten yang tepat yaitu saat prime time.
Itulah pembahasan mengenai algoritma FYP untuk sobat digital pengguna TikTok yang ingin video-nya viral. Semoga membantu dan selamat mencoba menerapkan tipsnya.