Cara Membeli BBM Tanpa Aplikasi MyPertamina

Sobat Dolan tentu tahu aturan Main HP di SPBU dilarang, Tapi bayar bbm diwajibkan pakai Aplikasi HP myPertamina jadi gimana dong? Baru-baru ini muncul pertanyaan tentang penggunaan ponsel di area SPBU karena ada peraturan yang mewajibkan pembelian Pertalite menggunakan aplikasi ponsel.

Padahal ada peraturan yang melarang menggunakan ponsel saat berada di area SPBU. Kenapa sih kita ga boleh mainan ponsel saat isi BBM di SPBU?

Paling dikhawatirkan adalah radiasi yang dihasilkan dan bisa menyebabkan ionisasi dan pada akhirnya memicu percikan api.

Apakah benar beli Pertalite harus pakai aplikasi?

“Kami tegaskan tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar pada website subsiditepat.mypertamina.id dan ini khusus untuk kendaraan roda empat,” kata Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (30/6/2022)

cara membeli bbm tanpa mypertamina di SPBU

PT Pertamina (Persero) menegaskan pendaftaran pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi melalui platform digital My Pertamina hanya dikhususkan untuk pemilik kendaraan roda empat. 

Pertamina juga menegaskan, pembeli BBM bersubsidi tidak harus membawa HP (ponsel) ke SPBU. Namun wajib mendaftar pada website subsiditepat.mypertamina.id.Pada tahap ini pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki. 

Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan kode QR yang akan diterima melalui notifikasi pada laman subsiditepat.mypertamina.id ataupun melalui surat elektronik. 

Kode QR itu bisa dicetak dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa ponsel ke SPBU.

Pertamina membuka pendaftaran kendaraan dan identitas bagi para pemilik kendaraan terhitung mulai 1 Juli 2022 sampai 30 Juli 2022. 

Selama masa pendaftaran dan transisi ini, konsumen masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar secara manual.

Apakah MyPertamina bisa bayar cash?

“Untuk pembayaran juga tidak wajib menggunakan aplikasi MyPertamina, jadi bisa pakai tunai dan nontunai,” kata Irto dalam konferensi pers, Kamis (30/6/2022).

Aturan terbaru mewajibkan membeli BBM Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina. 

Cara Membeli Pertalite tanpa MyPertamina

Namun, warga bisa loh membeli tanpa aplikasi MyPertamina. Bagaimana caranya? tidak hanya melalui MyPertamina, pembeli bisa tetap membeli BBM Pertalite dan Solar melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/. Website ini juga dibuka pada 1 Juli 2022.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan, masyarakat bisa mendaftarkan datanya melalui website. Sehingga bisa membeli BBM Pertalite dan Solar.

“Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022. 

Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. 

Sistem MyPertamina ini akan membantu Pertamina dalam mencocokan data pengguna. Masyarakat yang sudah mendaftar di website maupun aplikasi MyPertamina datanya akan diverifikasi terlebih dahulu. Jika sudah diverifikasi, baru bisa membeli BBMPertalite dan Solar. 

Berikut tahapan pendaftaran melalui website maupun aplikasi :

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
  2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  3. Centang informasi memahami persyaratan
  4. Klik daftar sekarang
  5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
  6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Pengguna kendaraan roda empat atau lebih diwajibkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Namun sementara ini belum berlaku untuk pengguna sepeda motor. Untuk pengendara Sepeda motor sementara belum.

Nah, Kalian bisa menggunakan beberapa Alternatif dan langkah-langkah tersebut untuk membeli pertalite tanpa harus membawa hp ke SPBU. Pastikan kalian sudah mendaftar via Websitenya ya sehingga mudah diakses di rumah tanpa harus mendaftar langsung Aplikasi Mypertamina.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.