Spot Wisata Alam Gunung Kidul, Mana yang Belum Kamu Jelajahi

Kalau mendengar kabupaten Gunung Kidul? Apa nih yang ada dipikiran kalian? Kekeringan? Gersang dan bahkan tandus?, Gunungkidul identik dengan daerah yang kering. Eits jangan salah meski wilayah Gunungkidul cukup kesulitan dengan air, namun daerah ini juga kaya akan potensi wisata, budaya hingga kulinernya loh.

Wisata gunungkidul eksotis mempesona, bagaikan surga tersembunyi. Gunungkidul merupakan Kabupaten di Provinsi Yogyakarta sebelah timur kota Yogyakarta yang kaya akan objek wisata yang sangat memanjakan pengunjung. Mulai dari destinasi wisata goa, air terjun, gunung, pantai dan lain-lain.

Sebagian besar wilayah ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Surga tersembunyi yang dimiliki Yogyakarta di wilayah Gunungkidul ini terdapat kurang lebih 130 pantai berpasir putih. 

Namun, wisata Gunung Kidul berupa pantai ini sebagian bahkan belum banyak terjamah wisatawan. Selain pantai, wisata Gunung Kidul juga makin menarik dengan adanya gua dan air terjun. 

Potensi Wisata Alam Gunung Kidul

Wisata Gunung Kidul bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 47 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Wisata Gunung Kidul menawarkan keindahan pegunungan karst sekaligus pantai yang masih alami.

Berikut ada 10 rekomendasi destinasi wisata yang wajib banget untuk kalian kunjungi :

Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta, berjarak 10 km dari kota Wonosari. Goa ini juga merupakan bagian dari ratusan goa yang terletak pada perbukitan karst di sepanjang pesisir selatan Jawa.

wisata alam gunungkidul goa jomblang

Goa Jomblang terkenal akan keunikan dan keindahan yang tidak terbantahkan. Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. 

Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah “luweng”. Goa Jomblang merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja, yang memiliki panorama indah serta fenomena cahaya surga serta caving goa yang menantang.

Tempat wisata Goa Jomblang juga menyediakan berbagai fasilitas yang sangat mencukupi, mulai dari kenyamanan pengunjung ataupun hanya sekedar dudukan di sekitar kawasan wisata ini. 

Adapun fasilitas Goa Jomblang diantaranya.

  • kamar mandi/toilet
  • Tempat parkir
  • Terdapat resort juga
  • Terdapat mushola bagi yang muslim
  • Anda juga dapat menitipkan barang-barang di rumah yang disiapkan oleh penduduk

Berapa sih biaya tiket masuk Goa jomblang?

Biaya tiket masuk kawasan wisata Goa Jomblang tidaklah terlalu mahal. Kalian cukup mengeluarkan biaya sebagai berikut.

Rp 450.000 – Rp 1.000.000 untuk menggunakan jasa pemandu serta peralatannya, tergantung dengan fasilitas yang akan Anda gunakan.

Rp 3.000 untuk parkir motor

Rp 5.000 untuk parkir mobil

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Goa Jomblang di Jogja guys?

Green Village Gedangsari

Cocok banget nih buat kalian pecinta alam, saat hari libur tiba pasti banyak diserbu wisatawan.Ada satu tempat di kawasan pegunungan yang menawarkan pesona keindahan alam. Obyek wisata itu adalah Green Village Gedangsari yang berjarak sekitar 43 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Green Village Gedangsari tepatnya berada di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Sesuai dengan namanya, Green Village Gedangsari kental akan nuansa hijau dari kawasan pegunungan di sekitarnya. Barisan pegunungan sisi selatan tempat Embung Batara Sriten berada tampak bagai dinding hijau raksasa.

Tampak rumah-rumah dan jaringan jalan yang tampak begitu kecil di lereng pegunungan itu. 

Jika dilihat menggunakan lensa zoom beberapa joglo di kawasan Embung Batara Sriten akan terlihat cukup kecil.

Berkunjung ketika tengah hari bukanlah masalah. Panasnya matahari seolah mampu diredam oleh hembusan angin pegunungan. Selain itu, ada banyak tempat berteduh semacam gazebo yang telah dibangun oleh pengelola dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Spot foto dari ketinggian

Selain menyajikan panorama berupa barisan perbukitan hijau di sisi selatan, pemandangan berupa hamparan terbuka dari ketinggian juga bisa didapatkan di Green Village Gedangsari.

destinasi wisata gunungkidul green village gedangsari

Hamparan terbuka ada di sisi barat daya, utara, hingga timur. Pemandangan dari ketinggian pun begitu menawan karena obyek wisata ini berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Beberapa spot foto juga ada dengan latar belakang barisan pegunungan hijau di sisi selatan. Uniknya spot foto dengan hijaunya pegunungan merupakan kombinasi yang sempurna.

Untuk kalian yang suka melihat sunrise, maupun sunset disinilah obyek wisata yang cocok untuk kita nikmati. Fasilitas di obyek wisata pun cukup lengkap. Telah tersedia area parkir, masjid, dan toilet. Jika lapar, wisatawan bisa makan di warung sekitar lokasi.

Tarif masuk Green Village Gedangsari adalah Rp 5.000 untuk jasa kebersihan dan perawatan obyek wisata, Rp 2.800 untuk tanda masuk obyek wisata dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dan Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor.

Telaga Biru

Destinasi wisata yang satu ini cocok buat kalian yang suka dengan fotografi.Di Jogja, ada destinasi wisata yang tengah viral yaitu Telaga Biru. Telaga ini terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. Telaga yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Wonosari atau 75 km dari pusat kota Jogja. Berdiri di atas lahan seluas 10 hektar, Telaga Biru merupakan sekumpulan embung kecil yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih. 

Lubang-lubang bekas tambang itu berubah menjadi telaga setelah terisi air hujan. Air telaga yang berwarna hijau kebiruan dengan beberapa bukit kecil berwarna hijau di tengahnya membuatnya menyerupai Raja Ampat di Papua. Wow..ga perlu jauh-jauh pergi ke Papua ya guys.

Hingga saat ini, untuk mengunjungi destinasi wisata Telaga Biru Semin anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk wisata. Karena masih free alias gratis.

Namun ada biaya tambahan yang harus anda keluarkan ketika mengunjungi obyek wisata ini dengan kendaraan. Karena ada tiket parkir wisata Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 ketika berkunjung dengan mobil.

Obyek wisata Telaga Biru Semin Yogyakarta sendiri buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga anda bisa berkunjung kapan saja. (Harga tiket masuk Telaga Biru Semin dan retribusi parkir wisata bisa berubah setiap saat)

Telaga Biru Semin merupakan destinasi wisata baru di Jogja yang berlokasi di Gunung Kidul Yogyakarta. Keindahan yang ditawarkan oleh obyek wisata ini membuatnya sedang naik daun dan di buru kawula muda untuk setting fotografi. Luas dari destinasi wisata satu ini memiliki luas kurang lebih 10 hektar. 

Dengan sajian keindahan telaga berair kebiru-biruan. Lubang-lubang galian batu di tempat ini terisi air hujan dan menyajikan danau-danau yang instagenic.

raja ampat jogja telaga biru semin wisata alam gunungkidul

Warna biru yang dihasilkan oleh Telaga Biru Semin Jogja sendiri berasal dari lumut dan ganggang yang memantulkan sinar matahari dan menghasilkan polarisasi warna kebiruan. 

Selain panorama telaga, tebing batuan yang indah mempesona juga akan memanjakan sejauh mata memandang. Obyek wisata Telaga Biru Semin sendiri sangat recomended untuk aktivitas berburu fotografi dengan landscape dan keindahan mempesona. 

Tanpa berlama-lama, berikut review singkat Telaga Biru Semin yang bisa anda jadikan referensi liburan. Hingga saat ini, untuk mengunjungi destinasi wisata Telaga Biru Semin anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk wisata. Karena masih free alias gratis. 

Kalian bisa berkunjung ke Telaga Biru Semin Jogja menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit perjalanan dari kota Jogja. Terdapat beberapa fasilitas wisata di Telaga Biru Semin yang bisa anda nikmati ketika berkunjung seperti area parkir wisata, Gazebo, Spot foto, Warung wisata,Toilet.

Pantai Ngobaran

Salah satu Destinasi Wisata pantainya, Pantai Ngobaran merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di gugusan laut pantai selatan tepatnya di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu surganya gunungkidul serasa di Bali mengingat ada keunikan yang menjadi ciri khas Pantai Ngobaran adalah adanya pura dan Arca. Keberadaan dua hal tersebut membuat sekilas Pantai Ngobaran memiliki suasana khas yang mirip dengan Pulau Bali. 

wisata alam gunungkidul pantai ngobaran

Pura paling besar adalah Pura Segara Wukir. Tak hanya sekadar ornamen, pura ini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu.

Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk.

Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan. Tapi yang tak terdapat di pantai lain adalah pesona budayanya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. 

Satu diantaranya yang menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan.Spot foto yang terbilang unik dan beraneka ragam, Tidak sekedar hanya untuk foto keluarga atau foto selfie, Tetapi juga banyak yang menggunakannya untuk moment foto prewedding.

Namun, kalau datang sore, biasanya Anda akan menjumpai warga tengah mencari landak laut untuk dijadikan makanan malam harinya. Untuk bisa dimakan, landak laut dikepras dulu durinya hingga rata dan kemudian dipecah menggunakan sabit. Daging yang ada di bagian dalam landak laut kemudian dicongkel. 

Biasanya warga mencari landak hanya berbekal ember, saringan kelapa, sabit, dan topi kepala untuk menghindari panas. Landak laut yang didapat biasanya diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng. Menurut penduduk, daging landak laut cukup kenyal dan lezat. 

Sayangnya, tak banyak penduduk yang menjual makanan yang eksotik itu. Tapi kalau mau memesan, coba saja meminta pada salah satu penduduk untuk memasakkan. Siapa tahu, kalian  juga bisa berbagi ide tentang bagaimana memasak landak laut. Sehingga warga pantai Ngobaran bisa memakai pengetahuan itu untuk berbisnis meningkatkan taraf kehidupannya. Ada beberapa fasilitas penginapan disekitar pantai ngobaran, jika kalian ingin menikmati sensasi pantai yang jauh dari hingar bingar kota, harga tiket masuk pantai Ngobaran sendiri yaitu Rp.5.000,- saja. 

Gardu Pandang Mangol Kencana

Untuk kalian yang cukup penat di hari-hari, bisa banget nih biar badan dan pikiran kita fresh dengan mengunjungi Gardu Pandang Mangol Kencana. Wisata Gardu Pandang Mangol Kencana di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. 

Wisata Gardu Pandang Mangol Kencana di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Keindahan Bukit Mangol Kencana berdekatan dengan tempat wisata Gunung Nglanggeran. Pemandangan Indah di dapatkan dari atas ketinggian Mangol Kencana. Kita bisa menikmati indahnya kota Yogyakarta dari atas ketinggian.

mangol kencana wisata alam jogja

Namun lebih spesial di Bukit Mangol Kencana ini karena disini lebih tinggi dari bukit bintang dan lebih nampak pemandangannya.

Buat kalian yang suka ngopi bareng, Wedangan, bercengkrama dengan keluarga pas banget. Pemandangan Alam lainnya seperti Sunset dan sunrise, Selain itu buat yang suka ngecamp sangat cocok karena lokasi berada di ketinggian dan cukup lapang.

Terdapat beberapa akan fasilitas dan pelayanan untuk para pengunjung di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat Istirahat
  • warung makan
  • area camping, dan masih banyak lain nya

Pantai Kesirat

Siapa sih yang ga mau liburan dekat, HTM terjangkau serta tempat wisata begitu memanjakan mata?Yuk kita bisa banget bersantai dan berlibur di pantai Kesirat. Bukanlah hamparan pasir pantai nan luas yang ditemui, melainkan tebing karang yang curam dengan vegetasi yang hijau menyejukkan.

Satu hal yang cukup ikonik di pantai ini yaitu keberadaan pohon tua yang berada di pinggir tebing. Pohon tersebut merupakan satu-satunya pohon besar yang tumbuh di tepi pantai dan sering dijadikan sebagai objek foto untuk menghasilkan gambar pantai yang eksotis.

Pantai kesirat berlokasi di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.

pantai kesirat wisata alam gunung kidul

Setiap pantai tentunya memiliki karakteristik serta daya tarik masing-masing. Keindahan Tebing hijau, Rock fishing tumpukan tebing sering diburu sebagai objek  memancing. Di pantai ini juga terdapat Camping area, Spot wisata yang menarik untuk ngecamp ria bareng sahabat atau keluarga.

Wajib ada dalam daftar destinasi pantai selanjutnya yang berada di kawasan Gunung Kidul.

Biaya tiket masuk pantai Kesirat adalah Rp.5000, Biaya parkir roda 2, 3000, Kendaraan roda 4 Rp.5000

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun yang ada di daerah wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Yang berbeda dari air terjun ini adalah lokasinya yang berada di persawahan bertingkat atau sengkedan. Air terjun ini bersusun atau bertingkat dengan susunan batuan vulkanik dan terjadi secara alamiah.

Yogyakarta adalah sebuah daerah yang dianugerahi bentang alam yang sangat indah dan beragam, mulai dari gunung, bukit, tebing, sungai hingga pantai semua ada di Jogja. 

wisata alam gunungkidul air terjun kedung kandang

Tak heran jika saat ini Jogja menempati urutan pertama sebagai tujuan wisata domestik nomor 1 di Indonesia. Apa sih yang membedakan air terjun Kedung Kandang dengan air terjun lainnya?

Air terjun yang berada pada gugusan tebing batu serta sawah yang berundak, terasering mirip dengan Ubud bali. Namun untuk menuju ke air terjun ini, harus trekking atau berjalan kaki terlebih dahulu sejauh kurang lebih 900 meter dengan rute naik turun bukit. 

Walau demikian kalian tidak perlu khawatir akan merasa bosan selama di perjalanan karena anda akan disuguhkan pemandangan sawah dan pepohonan hingga gemercik suara air. 

Merdunya suara burung yang akan menemani trekking anda menuju Air Terjun Kedung Kandang. Pastikan tidak saat musim kemarau panjang ya, Karena debit air pun akan berkurang.

Meskipun penuh perjuangan untuk mencapai titik lokasi, Namun akan terbayarkan dengan spot foto dan keindahan yang menarik lainnya.

HeHa Ocean View

HeHa Ocean View menyuguhkan pesona laut, Salah satu tempat wisata kekinian yang sangat populer dengan banyak spot foto keren berlatar belakang laut. HeHa Ocean View bisa dijangkau dalam 1,5 jam dari Kota Jogja.

Meskipun harus berjalan kaki cukup jauh, HeHa Ocean View tidak pernah gagal memuaskan wisatawan yang menginginkan foto-foto keren untuk feed Instagram.

JAM BUKA DAN HARGA TIKET MASUK HEHA OCEAN VIEW

Harga tiket masuk HeHa Ocean View berbeda pada hari-hari dan waktu tertentu.

Senin – Jumat

Pk 09.00-15.00 = Rp15.000 per orang

Pk 15.00-20.00 = Rp20.000 per orang

Sabtu, Minggu, dan hari libur

Pk 09.00-21.00 = Rp20.000 per orang

Dari info di atas, kita bisa dapat tiket lebih murah bila masuk sebelum pukul 3 sore dan bukan akhir pekan atau hari libur. Lagipula tempat ini biasanya terlalu ramai saat akhir pekan dan hari libur. Kalau ingin lebih murah lagi ada tiket terusan HeHa Sky View dan HeHa Ocean View seharga Rp25.000. Tiket ini bisa digunakan hingga keesokan harinya, tetapi tidak berlaku untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Sayangnya kita tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman dari luar HeHa Ocean View. Namun, jangan khawatir, di dalam banyak food stall.

Heha Ocean View juga menyediakan toilet, mushola, panggung untuk berbagai acara, pijat reflexology, dan tur dengan Jeep.

Puncak Segoro

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Girikarto, Gunung Kidul dan baru dibuka awal tahun 2022. Karena uniknya wisata ini, banyak pengunjung yang ramai-ramai memposting video maupun foto ketika mengunjungi tempat ini, jadi tak heran jika pengunjungnya juga mulai ramai. Di Puncak Segoro terdapat fasilitas lain yang bisa dinikmati pengunjung, yaitu kolam ikan air, yang diisi dengan hiu karang, pari, dan lain-lain.

Saat ini di Puncak Segoro terdapat satu cliff bar. Pengunjung bisa makan snack, sedangkan di resto mereka bisa makan nasi dengan lauk ikan yang didapat dari hasil tangkapan nelayan. Makan dengan lauk ikan biayanya Rp30 ribu, sedang mereka yang memilih udang atau cumi dikenakan bayaran Rp 40 ribu -Rp 45 ribu. 

Sambil makan mereka bisa menikmati pemandangan Samudera Hindia. Banyak menawarkan spot foto yang menarik dan eksotis. Bagi kalian yang ingin menginap, di lokasi wisata ini juga terdapat villa yang cukup bagus dan menarik. Pastinya bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin merasakan sensasi liburan yang agak panjang.

Fasilitas tersedia cukup lengkap, Yaitu Area parkir yang luas, Toilet, Mushola, Bar dan spot foto instagramable.

Harga tiket masuk 

Tiket Masuk include semua spot foto Rp. 25.000,-/orang

Tiket Masuk include semua spot foto & 1 makanan + 1 minuman (order di cliff bar) Rp. 50.000,-/orang

Tarif Parkir Motor Rp. 2.000,-/motor

Tarif Parkir Mobil Rp. 5.000,-/mobil

Nah itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata yang wajib banget ada di draf liburan kalian dan keluarga di kabupaten Gunungkidul khususnya. So, Buat kalian ketika musim liburan sudah tiba bingung nih mau liburan kemana bisa banget berkunjung ke beberapa tempat wisata di atas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.