Cara Membuat NFT Gratis di Opensea

Bisakah kita membuat NFT gratis? Maraknya tren NFT saat ini menjadikan banyak orang sadar akan potensi uang yang dihasilkan. Apalagi saat NFT Ghozali Everyday yang laku miliaran. Ini membuktikan bahwa kita juga bisa menjual apapun di marketplace NFT seperti OpenSea. Apa yang dimaksud dengan NFT? NFT adalah kependekan dari Non Fungiable Token, yaitu asset digital yang dilindungi oleh mekanisme blockchain sebagai bentuk kepemilikan secara digital terhadap sebuah obyek, yang biasanya berupa file digital.

Lalu bagaimana cara membuat NFT gratis di OpenSea ini? Jangan khawatir, kita akan jelaskan caranya berikut ini.

Cara Daftar OpenSea NFT

OpenSea merupakan salah satu tempat untuk melakukan jual beli NFT yang banyak dipakai oleh pengguna NFT. Dengan adanya platform OpenSea maka akan memudahkan siapa aja yang akan membeli maupun menjual NFT.

Pengertian NFT adalah

Namun saat akan menggunakan platform tersebut, kamu juga harus memiliki akun terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk mendafatar OpenSea NFT yaitu sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yaitu dengan membuat terlebih dahulu laman openSea dengan menggunakan browser baik yang ada di HP maupun PC
  2. Jika sudah lakukan pendaftaran akun OpenSea. Caranya yaitu dengan klik ikon dompet maupun ikon foto profil. Setelah itu pilih connect wallet
  3. Langkah selanjutnya yaitu dengan membuka extension MetaMask yang sebelumnya sudah di instal terlebih dahulu pada browser tersebut. Lalu klik ikon puzzle yang terdapat di samping kolom pencarian.
  4. Jika sudah klik Connect wallet dan dompet digital MetaMask otomatis akan terhubung.
  5. Selanjutnya pilihlah menu Account . Untuk mengatur profil pada platform pilih Profil.
  6. Berikutnya masukkan usernama, email serta data-data lainnya yang dibutuhkan kemudian klik Save.
  7. Dan OpenSea akan mengirimkan pesan ke email yang sudah kamu daftarkan.
  8. Langkah terakhir lakukan verifikasi melalui email. Dan OpenSea sudah siap untuk digunakan.
Baca juga  Cara Download Lagu dari TikTok Melalui VidMate

Cara Membuat NFT Gratis di OpenSea

cara membuat akun NFT Gratis di OpenSea

Jika kamu sudah berhasil membuat akun melalui cara-cara diatas, selanjutnya kamu juga bisa langsung membuat NFT pada platform tersebut.

Langkah-langkah untuk membuat NFT yaitu sebagai berikut :

  • Langkah pertama kamu bisa buka halaman awal OpenSea, kemudian klik Create lalu masukkan file yang akan kamu jadikan NFT. File tersebut bisa berupa gambar, foto, video maupun yng sejenisnya.
  • Kemudian langkah kedua yaitu dengan menginput nama NFT dan pengaturan penting yang lain. Contohnya pengaturan konten dengan muatan sensitif, lakukan setting blochain yang kamu gunakan.
  • Apabila langkah diatas sudah selesai maka kamu bisa klik Create yang terdapat di bagian bawah.
  • Langkah terakhir kamu sudah bisa mulai menjual NFT.

Cara Menjual NFT di OpenSea

Nah, setelah kamu berhasil membuat NFT di OpenSea mulai sekarang kamu juga sudah bisa mulai untuk menjualnya. Caranya mudah saja, kamu tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pertama bukalah menu My Collection, caranya dengan klik ikon foto profil yang terdapat di sebelah kanan atas
  2. Jika sudah pilihlah NFT yang akan kamu jual, lalu klik Sell
  3. Langkah berikutnya pilihlah skema penjualan yang akan kamu gunakan. Apabila kamu ingin menjualnya langsung maka tinggal pilih Ficxed Price. Namun jika kamu akan menggunakan skema lelang maka kamu bisa pilih Time Auction. Selain pengaturan harga, kamu juga bisa melakukan pengaturan terkait dengan berapa lama barang akan di listing. Terdapat opsi default 1 hari, 3 hari serta 1 minggu. Namun kamu juga bsia melaukan kustom durasi melalui kalender.
  4. Kemudian input harga NFT dengan memakai mata uang kripto Ethereum yang kamu inginkan.
  5. Aturlah durasi penjualan NFT dengan mengklik pada kolom duration
  6. Jika sudah, klik Complete Listing.
  7. Kemudian untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan pada NFT, OpenSea akan membuat extension MetaMask.
  8. Namun perlu kamu ketahui bahwa ada pajak penjualan yang terletak di bagian bawah. Untuk beberapa kasus penjual akan dikenakan service charge 2,5% lalu creator royalty 10%. Dan untuk pajak tertinggi pada OpenSea yaitu 12,5%, ini akan ditarik dari hasil penjualan kamu di akhir. Kemudian agar NFT kamu cepat laku, maka kamu juga bisa membagikannya di media sosial.
Baca juga  Cara Mudah Belajar Web Programming

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat NFT gratis di OpenSea sekaligus dengan cara menjualnya. Namun perlu kamu pahami sebelum menjual aset digital tersebut, sebelumnya kamu juga harus memahami terlebih dahulu mengenai mekanisme kerja NFT. Ini dilakukan agar terhindar dari kerugian.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.