Cara Mengembalikan Warna Sepatu Kets Terlihat Seperti Baru

Ketika melihat sepatu kesayangan sobat dolan terlihat kusam, pasti sobat dolan akan kecewa banget. Apalagi harga sepatunya mahal. Tapi sobat jangan cepat berpikir untuk membeli sepatu baru, karena ada cara mengembalikan warna sepatu yang kusam dan warnanya pudar  agar terlihat seperti baru.

Sepatu sekece dan semahal apapun jika warnanya sudah memudar ketika Anda pakai pasti tidak percaya diri. Pasti kepikiran kalau sepatu yang dikenakan tidak eyecatching. Padahal Anda sudah berniat untuk tampil trendi malah yang ada kelihatan dekil dan merusak penampilan Anda.

Kalau kamu punya sepatu yang tampilan warnanya sudah kusam dan memudar, ada baiknya segera diperbaiki. Dengan memanfaatkan pewarna tekstil dan semir sepatu ataupun cat tekstil, Anda bisa menyembuhkan sepatu lama menjadi seperti sepatu baru.

cara_mengembalikan_warna_sepatu-min

Sepatu memiliki berbagai jenis yang berbeda, baik berdasarkan bentuk, jenis sepatu dan bahan yang ditentukan dalam pembuatan sepatu. Jika Anda memiliki sepatu berbahan kanvas maka Anda akan menerapkan perawatan yang khusus dan berbeda dengan sepatu berbahan kulit lainnya.

Ketika Anda melakukan pengembalian warna sepatu sebaiknya dilakukan di luar rumah. Sediakan juga area tempat Anda bekerja menggunakan koran bekas ataupun plastik. Agar pewarna yang digunakan tidak berceceran dan menodai lantai, meja dan barang lainya. Anda juga bisa menggunakan sarung tangan agar tangan Anda tidak terkena pewarnanya.

Tips Cara mengembalikan Warna Sepatu Kanvas dan Sepatu Kulit

Cara mengembalikan warna sepatu kanvas dan kulit tentu berbeda treatmentnya, karena kedua jenis sepatu ini memiliki bahan dan tekstur berbeda. Untuk mengatasi kerisauan akan sepatu kusam dan pudar, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam cara mengembalikan warna sepatu adalah sebagai berikut.

Baca juga  Cara membasmi rayap dengan mudah

Pengembalian Warna Sepatu Kanvas

Anda yang memiliki sepatu kanvas, pasti sudah mengerti repot dan susahnya mengurus sepatu dengan bahan jenis ini. Selain mudah kotor, warna sepatu kanvas juga termasuk cepat pudar. Kabar baiknya, Anda dapat mengembalikan warna sepatu kanvas dengan cukup mudah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum proses pewarnaan sebaiknya cuci sepatu kanvas Anda terlebih dahulu hingga benar-benar bersih kemudian siapkan bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pengembalian warna sepatu kanvas antara lain:

  1. Pewarna tekstil
  2. Lem semen karet atau rubber cement (bisa didapatkan di toko online)
  3. Sarung tangan
  4. Handuk bekas atau lembaran plastik
  5. Panci besar

Langkah-Langkah Pengerjaan

Sebelum bekerja, pastikan Anda melakukannya di luar rumah. Jika harus menggunakan kompor untuk mendidihkan air, alasi permukaan dapur dengan menggunakan handuk bekas atau selembar plastik agar air dari panci tidak tercecer. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut.

  1. Lepas tali sepatu jika jenis sepatu talian.
  2. Jika terdapat bagian sepatu yang tidak ingin Anda warnai, lapisi bagian tersebut menggunakan rubber cement agar terlindungi.
  3. Masak air hingga mendidih kemudian campurkan dengan pewarna tekstil dan aduk secara rata. Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok garam dapur agar hasil pewarnaan lebih maksimal.
  4. Celupkan sepatu ke dalam panci dan gunakan sarung tangan.
  5. Diamkan selama beberapa saat sesuai dengan petunjuk pewarna di dalam larutan. Jika larutan dibutuhkan untuk terus panas, Anda bisa mengecilkan api kompor.
  6. Angkat sepatu dari panci, kemudian bilas dengan air dingin dan lepaskan lapisan perekat rubber cement.
  7. Jemur sepatu di bawah sinar matahari hingga kering.

Pengembalian Warna Sepatu Kulit

Pengembalian warna sepatu kulit cenderung lebih mudah dibandingkan dengan sepatu kanvas. Sepatu kulit menggunakan semir sepatu atau cat sepatu khusus kulit untuk mengembalikan warna sepatu yang memudar. Standar pengerjaannya hampir sama dengan pewarnaan sepatu kanvas.

Baca juga  Asuransi Kecelakaan, Perlu Gak Sih?

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pengembalian warna sepatu kulit antara lain:

  1. Semir sepatu atau cat sepatu khusus kulit
  2. Sarung tangan
  3. Koran bekas untuk alas tempat bekerja

Langkah-Langkah Pengerjaan

Pengembalian warna sepatu kulit lebih mudah dan lebih singkat dibandingkan dengan sepatu kanvas. Anda cukup membersihkan  sepatu kulit kemudian oleskan semir sepatu atau cat sepatu kulit secara merata dan diamkan hingga kering. Untuk pengeringannya jangan menjemur secara langsung dibawah terik sinar matahari.

Semoga tips cara mengembalikan warna sepatu diatas bisa membantu Anda yang lagi bingung dalam melakukan perawatan sepatu kesayangan Anda. Anda juga bisa tampil trendi dengan sepatu lama Anda yang tampak seperti baru.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *