Fitur Whatsapp Business untuk WA Marketing

Selain whatsapp reguler saat ini juga tersedia whatsapp business yang sangat cocok untuk UMKM yang membutuhkan layanan WA marketing. Untuk meningkatkan penghasilan dan membuat bisnis menjadi makin berkembang, salah satu caranya yaitu dengan mempromosikannya melalui media sosial. Adapun media sosial yang sering digunakan bisa melalui facebook, Instagram, Whatsapp Business dan lain-lain.

Kali ini kita khusus akan membahas mengenai Whatsapp business dari mulai pengertian hingga fitur whatsapp business yang ada didalamnya.

Apa Itu Whatsapp Business ?

Whatsapp Business merupakan aplikasi gratis yang banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memanfaatkan banyak fitur yang ada didalamnya untuk meningkatkan kredibilitas toko, menjalin komunikasi dengan konsumen serta untuk mengunggah produk yang dijual.

Fitur yang Ada Pada Whatsapp Business

Beberapa fitur yang ada pada Whatsapp Business ini sangat cocok digunakan untuk pelaku usaha. Fitur tersebut diantaranya yaitu :

Auto Greeting

fitur whatsapp business

Fitur ini digunakan untuk mengirimkan pesan otomatis pada pelanggan saat mereka mulai menghubungi kontak tokomu untuk yang pertama kali. Disini kamu juga bisa membuat pesan salam, pertanyaan mengenai seputar produk, sampai dengan tata cara pemesanan. Ketika kamu memberikan informasi dengan detil maka kamu juga bisa meghemat waktu untuk membalas chat pelanggan.

Baca juga  Ingin Menaikkan traffic website? 6 Cara Promosi Website ini Bisa Anda Coba

Auto Reply Scheduler

Seperti yang kita tahu bahwa pelanggan tidak suka diabaikan, oleh sebab itu kita bisa memakai fitur Auto Reply Scheduler. Jadi saat mereka menghubungi kamu diluar jam kerja, maka dengan adanya fitur ini akan memberikan balasan secara otomatis. Untuk isi pesan tersebut bisa dibuat secara custom sesuai dengan keinginan.

Katalog Produk

Selanjutnya pada Whatsapp Bisnis ini juga terdapat fitur Katalog produk. Dengan menggunakan fitur ini maka kamu tak perlu repot untuk mengirimkan satu persatu dari foto produk yang kamu jual.

fitur whatsapp business

Tentunya dengan menggunakan fitur ini maka akan menjadi lebih mudah. Fitur katalog ini bisa kamu temukan pada kolom profil. Lalu bisa kamu tambahkan gambar produk, deskripsi singkat , harga dan lainnya.

Broadcast Message

Kemudian bagi kamu yang ingin mengadakan diskon maupun rilis produk terbaru maka kamu bisa memanfaatkan fitur broadcast message. Melalui fitur ini maka kita bisa mempromosikan mengenai agenda toko seperti diskon dan lainnya. Kamu bisa memulai membuat pesan pada semua customer secara bersaman.

Quick Replies

Biasanya pembeli akan bertanya mengenai : PO berapa hari? Pengiriman dari mana? Adakah diskon? Dan lain-lain.

Dalam menjawab pertanyaan dari pembeli maka bisa dijawab dengan menggunakan Quick Replies. Caranya mudah saja kamu buat saja beberapa pesan singkat yang isinya jawaban atas pertanyaan yang sering kali dilontarkan pelanggan.

Kemudian jika ada chat yang masuk maka ketik simbol garis miring “/” yang ada di keyboard, dan akan muncul Quick Replies yang sudah kamu buat sebelumnya.

Label Pesan

Karena pelanggannya sudah banyak, mungkin kita sering lupa mana pelanggan yang sudah bayar, belum bayar maupun yang masih nanya-nanya. Untuk membedakannya bisa menggunakan fitur label pesan dalam mengelompokan pelanggan sesuai dengan isi chatnya.

Baca juga  PPOB, Peluang Usaha Kekinian yang Memudahkan Pembayaran Online

Statistik Pesan

Fitur lainnya yaitu fitur statistik. Dengan fitur ini kamu bisa tahu mengenai jumlah pesan yang dikirim, tersampaikan, dibalas maupun hanya dibaca saja. Jadi dengan adanya fitur ini maka kita juga bisa menilai besarnya pengaruh interaksi terhadap customer.

FAQ:

Apakah saya bisa menggunakan whatsapp business dan whatsapp reguler dengan nomor sama? Tidak anda bisa memilih whatsapp business untuk nomor yang anda gunakan untuk keperluan bisnis dan nomor pribadi untuk whatsapp biasa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.