Permudah Kelola Slip Gaji Karyawan, Ini Software Payroll Terbaik

Dalam melakukan pengelolaan gaji karyawan, sebuah perusahaan umumnya sudah memiliki divisi khusus yang menangani hal ini. Karyawan merupakan salah satu aset perusahaan, berkembang tidaknya sebuah perusahaan sangat terpengaruh dari performa karyawan dalam perusahaan tersebut.

Oleh karenanya, perusahaan perlu mempertimbangkan pelayanan kepada karyawan agar mereka lebih produktif, salah satu poin yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan memastikan sistem penggajian karyawan dapat memberikan rasa keadilan bagi para staff.

Semakin berkembang sebuah bisnis, logikanya akan membutuhkan lebih banyak karyawan untuk memastikan perusahaan memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk mendukung lini bisnis agar terus dapat berkompetisi di tengah persaingan pasar.

Mengapa Software Payroll dapat Meningkatkan Kinerja Karyawan?

Mungkin banyak pihak yang tidak melihat hubungan langsung sebuah software payroll dapat meningkatkan kinerja karyawan. Namun hal tersebut memiliki peran dalam menjaga hubungan perusahaan dan para staff.

permudah kelola slip gaji ini software payroll terbaik

Memberikan Rasa Adil dan Loyalitas pada Karyawan

Dalam software payroll, kinerja karyawan dapat dipantau, berapa jam waktu yang mereka habiskan untuk bekerja lembur, apakah ada tugas tambahan yang diberikan selain tanggung jawab utama mereka. Dengan menggunakan software payroll, perusahaan dapat lebih mudah untuk memberikan apresiasi berupa bonus terhadap kinerjanya. Tanpa adanya software payroll, seringkali pekerja merasa telah melakukan hal lebih untuk perusahaan tetapi tidak mendapatkan imbal balik berupa tambahan penghasilan atau bonus. Hal ini jika berlangsung lama dapat menyebabkan ketidaknyamanan bekerja karena pekerja merasa perusahaan bersikap subyektif dan tidak adil dalam memberikan apresiasi pada karyawan.

Dengan adanya software payroll, hal semacam ini dapat diminimalisir, sehingga karyawan merasa apa yang mereka lakukan untuk perusahaan memang dihargai dan akan menumbuhkan semangat kerja dan loyalitas yang lebih baik.

Mengukur Kinerja Karyawan

fitur software payroll terbaik GajiHub

Software payroll juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja karyawan, apakah karyawan tersebut memiliki performa baik, disiplin, tepat waktu dan tidak sering ijin. Kinerja karyawan ini dapat menjadi salah satu tolak ukur untuk pihak manajemen perusahaan dalam menentukan besar tunjangan, promosi maupun untuk melakukan evaluasi kinerja.

Memudahkan Pembuatan Slip Gaji

Slip gaji karyawan adalah bukti pembayaran gaji perusahaan kepada karyawan. Dari slip gaji terdapat informasi perusahaan, data periode pembayaran gaji, besar gaji, tunjangan, potongan dan bonus. Slip gaji dapat dikirimkan secara online ke email karyawan menggunakan software payroll, sementara gaji bisa langsung dikirimkan ke rekening dari sistem yang sama.

Efektivitas Sumber Daya Manusia

Proses penghitungan gaji karyawan biasanya akan menghabiskan waktu dan tenaga para staff di bagian financing dan HRD, mengingat perhitungan yang cukup banyak dan setiap karyawan tentu memiliki nilai pendapatan yang berbeda. Di sisi lain, tim finance juga harus melakukan berbagai tugas lain seperti invoicing, pembayaran supplier, maupun hal-hal terkait finansial perusahaan lainnya.

Aplikasi payroll akan sangat membantu mengalokasikan sumber daya manusia perusahaan untuk mengejar target-target bisnis perusahaan. Tidak ada lagi kerumitan bulanan untuk menghitung besaran gaji setiap karyawan dan sistem payroll bisa melakukannya secara otomatis sesuai parameter yang sudah kita tentukan.

Pilihan Software Payroll Terbaik untuk Membayar Gaji Karyawan

Berbagai manfaat software payroll tersebut adalah sebagian kecil dari fitur yang bisa didapatkan perusahaan untuk mengelola gaji karyawan. Selain keuntungan tersebut, beberapa software payroll juga memberikan kemudahan lain dari fitur-fitur yang terintegrasi pada aplikasi mereka.

Berikut ini kami sampaikan beberapa pilihan software payroll terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi perusahaan memilih sistem payroll.

GajiHub

GajiHub merupakan aplikasi payroll yang memiliki fitur cukup lengkap. Di GajiHub, perusahaan dapat dengan mudah melakukan berbagai aktivitas accounting perusahaan seperti pengelolaan absensi karyawan, penghitungan payroll, pajak PPH, mengelola cuti karyawan. pembayaran pesangon, kompensasi karyawan serta mengelola aset.

Selain itu, GajiHub memungkinkan perusahaan memberikan reimbursement pada karyawan, serta sudah terintegrasi dengan fitur pembayaran BPJS.

Berbicara soal pengukuran kinerja karyawan, GajiHub memiliki fitur performance management yang memiliki 30 indikator performa karyawan yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan perusahaan.

 

mudah bikin slip gaji karyawan dengan software payroll terbaikBerkat fitur Human Resource Information System (HRIS) perusahaan dapat dengan mudah melihat informasi pelamar kerja dan karyawan. Memudahkan HRD mengontrol manajemen database karyawan untuk memberikan persetujuan cuti, lembur dan lain sebagainya.

Fitur lain yang sangat penting adalah automatic reminder, yang dapat digunakan untuk komunikasi internal dan reminding kepada para staff terkait adanya pengumuman, undangan rapat, kalender yang bisa langsung terhubung ke smartphone karyawan.

Di sisi kemudahan manajemen, GajiHub mengijinkan employe self service, dimana seorang karyawan dapat mengirimkan informasi absensi mereka dan melihat slip gaji masing-masing dengan mendownload aplikasi GajiHub di Playstore dan AppStore.

BambooHR

BambooHR merupakan software HRIS yang terdiri dari dua pilihan paket Essentials dan Advantage. Kedua jenis paket ini dapat digunakan untuk melakukan pemprosesan data karyawan, sebagai employee self service serta fitur dukungan pelanggan.

Untuk jenis paket Advantage, software ini dilengkapi applicant tracking system untuk melihat serta manajemen kinerja.

Oracle HR

Oracle merupakan perusahaan yang telah dikenal luas sebagai perusahaan yang sangat berkompeten di bidang database. Untuk solusi payroll, Oracle menghadirkan Oracle HCM Cloud yang dapat memudahkan staf HRD untuk melakukan update data gaji karyawan kapan saja dan dari mana saja.

Software satu ini dapat diakses dengan 26 bahasa yang tentunya cocok untuk perusahaan besar multinasional. Oracle menyediakan fitur human resource, talent management, workforce management serta Oracle HCM Payroll

Kesimpulan

Tujuan penggunaan software payroll adalah untuk memastikan perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya lebih efektif guna mendapatkan performa maksimal. Yang tidak kalah penting, adalah menghadirkan transparansi dan good governance pada para karyawan terhadap apresiasi kinerja mereka dari perusahaan.

Harapannya, karyawan akan semakin terpacu untuk memberikan performa terbaik untuk perusahaan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.