Sumber Vitamin C Selain Buah

Sebagai orang yang suka dolan, tentu kalian memerlukan sumber vitamin C yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit selama kalian bepergian. Nah tentunya manfaat vitamin C bukan hanya itu saja, tapi sebelum kita bicara lebih banyak, kenalan dulu yuk apa sih vitamin C itu?

Vitamin C

Vitamin C adalah nama lain dari asam askorbat, merupakan golongan vitamin yang mudah larut dalam air, vitamin C merupakan vitamin yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, namun berita baiknya vitamin ini mudah ditemukan dan pada umumnya tersedia dari buah dan sayur-mayur.

Manfaat Vitamin C

sumber vitamin c selain buah

Vitamin C memiliki banyak sekali kegunaan bagi tubuh kita, berikut adalah manfaat vitamin C

  1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Mendorong produksi sel darah merah (limfosit)
  3. Meningkatkan produksi sel darah putih (fagosit)
  4. Antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas
  5. Menjaga kulit tetap sehat dan kencang
  6. Menghalau bakteri, jamur dan mikroba lain
  7. Mendorong produksi kolagen
  8. Mencegah anemia dan defisiensi zat besi
  9. Membantu mengontrol tekanan darah
  10. Mencegah asam urat
  11. Menurunkan resiko penyakit kronis
  12. Mempercepat penyembuhan luka
  13. Mengurangi resiko penyakit mata

Banyak banget ya manfaat vitamin C ini bagi tubuh kita, dan gak cuma itu saja, seperti kalian ketahui, sumber vitamin C ini sangat mudah didapatkan, penyuka buah pasti tahu bahwa vitamin C banyak terkandung pada berbagai buah-buahan segar, seperti pisang, jeruk, apel, jambu biji, black currants, kiwi lemon, leci, pepaya, kesemek, stroberi.

Sumber Vitamin C selain Buah-buahan

Nah selain terdapat dalam buah-buahan, sumber vitamin C ini rupanya juga ada di dalam sayur-sayuran. Kalian mungkin pernah memakan sayur ini namun kurang familiar bahwa sayur tersebut ternyata juga memiliki kandungan vitamin C, apa saja? Simak yuk

Baca juga  Mengenal Kecerdasan Linguistik Pada Anak

Cabai

Rasa cabai yang pedas mungkin akan membuat orang heran mengapa cabai merupakan sumber vitamin C, mengingat vitamin C cenderung asam. Sebagaimana kita ketahui, cabai juga mengandung asam, satu cabai hijau besar dapat memiliki kandungan 109 mg vitamin C. Dan itu sudah memenuhi 121% kebutuhan vitamin C harian kita.

Sementara itu cabai merah juga menghasilkan 65mg vitamin C atau setara 72% kebutuhan vitamin C kita sehari. Selain memiliki kandungan vitamin C tinggi, cabai juga memiliki zat yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, yaitu Capsaicin, zat ini juga yang bertanggungjawab menyebabkan rasa panas di badan setelah kita mengkonsumsi cabai.

Sementara itu satu sendok bubuk cabai merah berukuran 10 mg dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak tubuh

Paprika

sumber vitamin C selain buah

Buah paprika merupakan jenis buah yang masuk dalam kategori sayuran, 75 gram paprika kuning dapat memberikan 152% kebutuhan harian vitamin C kita, paprika merupakan sumber vitamin C yang cukup simpel karena ukuran tersebut sama dengan setengah potong paprika.

Sawi

Sumber vitamin C lain adalah Sawi, makanan yang mudah didapatkan ini ternyata memiliki kandungan vitamin hingga 195 mg vitamin C, atau setara 217% kebutuhan vitamin harian.

Pasti banyak yang tidak menyangka bahwa sawi memiliki kandungan  vitamin C yang sangat tinggi. Selain vitamin C, Sawi juga kaya akan kandungan vitamin A, kalsium, mangan, serat, asam folat serta kalium.

Brokoli

Sayuran luar biasa satu ini selain terkenal akan kekayaan nutrisi yang dikandungnya juga memiliki kandungan vitamin C sebanyak 51mg atau setara 57% kebutuhan sumber vitamin C harian.

brokoli sumber vitamin C

Yang menarik sebuah studi acak pada 27 perokok berat menyebutkan, terjadi penurunan stress oksidatif dan inflasi protein reactive C sebanyak 48% setelah mengkonsumsi brokoli kukus sebanyak 250gr setiap harinya

Baca juga  Cara membasmi rayap dengan mudah

Bunga Kol

Sayuran yang punya kemiripan fisik dengan brokoli ini setidaknya mampu memenuhi setengah kebutuhan harian vitamin C kamu, bunga kol memiliki setidaknya 50mg vitamin.

Kol

Seperti bunganya, siapa sangka sayuran kol ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kol dikenal dengan kandungan karetonid dan zeaxanthin sebagai sumber vitamin K. Namun kandungan kol terbaik selalu didapatkan pada kol mentah, itulah mengapa sayuran ini lebih sering dipakai untuk lalapan.

Kol mentah memiliki 80mg vitamin C atau setara asupan 89% kebutuhan harian, sedangkan setelah dimasak kandungannya mencapai 53mg atau 59% kebutuhan harian vitamin C kita.

Tomat

Tomat sumber vitamin c

Tomat juga merupakan salah satu sumber vitamin C, dalam 100gr tomah terdapat setidaknya 23 mg vitamin C, meski terbilang kecil, namun kamu bisa memasaknya dengan sayuran lain yang juga memiliki kandungan vitamin C bukan?

Bawang Putih

Bawang putih sumber vitamin c

Bumbu penyedap masakan satu ini bagi sebagian orang tentu agak asing jika disebut sebagai sumber vitamin C, namun rempah beraroram khas satu ini mengandung vitamin B6, selenium, vitamin C serta dialil sulfida yang memiliki kemampuan memperbaiki DNA rusak jika terkena kanker.

Bawang putih sangat baik dikonsumsi secara mentah untuk mencegah kanker paru-paru.

Untuk kamu yang lebih suka mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk yang lebih simpel, kamu bisa membeli kaplet damuvit dari Pyfahealth. Kaplet ini mengandung 1000mg vitamin C untuk memelihara daya tahan tubuh kamu.

26 comments

  1. Cabe tentu enggak kalau aku hehehee, nggak tahan perutku. Paling suka sawi karena gampang mau diolah apa. Kalau brokoli ada love & hate. Suka cuma direbus dikasih mayo, tapi kadang dapat yg ada ulatnya huhuuu

  2. wah aku pun biasanya konsumsi bawang putih, cabe buat bumbu masakan, tomat, sawi, brokoli, lumayan juga nih ya asupan vitamin c langsung dari bumbu dan buah-buahan ga perlu minum vitamin kemasan hehe

  3. Alhamdulillah dapat ilmu baru lagi dari blog super keren ini. Awalnya saya tahunya sumber vitamin C itu cuma dari buahan aja, kayak Jeruk. Namun ternyata sayuran juga banyak yang kandungan vitamin C tinggi. Dan saya suka semua sayur-sayuran tersebut. Mantap ulasannya Mas Priyo.

  4. vitamin C memang sangat penting dalam menjaga kesehatan ya kak
    dan ternyata banyak ya sumber vitamin C, nggak hanya dari buah tapi juga dari sayuran

  5. Semua buah dan sayur di atas bisa dibikin jadi salad, buat dikonsumsi sehari-hari. Tapi ya memang agak ribet untuk menyiapkannya. Makanya aku seringnya konsumsi tablet vitamin aja, lebih praktis hehe.

  6. Semua buah dan sayur di atas bisa dibikin jadi salad, buat dikonsumsi sehari-hari. Tapi ya memang agak ribet untuk menyiapkannya. Makanya aku seringnya konsumsi tablet vitamin aja, lebih praktis hehe..

  7. Baru tahu sih kalau bawang putih juga mengandung vitamin C. Kalau tomat mah sudah banyak yang mengetahui ya kalau sayuran buah ini adalah sumber vitamin C juga.

  8. Beberapa waktu lalu aku juga baru tahu kalau cabai memiliki kandungan vitamin C yang cukup juga lho. Karena ada salah satu teman usaha kuliner yang bilang hihihi.

  9. Wow, brokoli tinggi juga kandungan vit C-nya. Kirain cuma protein dan serat aja. Kebetulan ini sayuran favorit kedua anakku. Makan tiap hari pun mereka gak bosen karena udah kebiasaan dari bayi.

  10. memang banyak sekali ya sumber vitamin C itu dna pastinya bagus banget buat kesehatan kita apalagi saya yang hobby naik gunung wajib banget fit badannya dengan konsumsi vitamin c salah satunya

  11. Betapa pentingnya makan makanan yang beragam setiap harinya.
    Salah satunya agar kebutuhan zat mikro dan zat makro terpenuhi. Termasuk kebutuhna akan vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

  12. Vitamin C dibutuhkan banget..biar kita selalu terjaga ya kekebalan tubuhnya.. Ternyata banyak juga ya sumber vitamin C selain buah..di sayur juga banyak.. sayur daun kelor tinggi juga loh vitamin C nya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *