Cara Menyimpan Halaman Web Agar Bisa Dibuka Saat Offline

Pernah gak kepikiran ada cara menyimpan halaman web agar bisa dibuka saat offline? Misalnya kita menyukai sebuah web bertipe wiki dan ingin membaca halaman-halaman yang ada disana secara offline? Atau ingin membaca komik online tanpa harus melakukan redownload lagi setiap kita ingin membaca ulang?

Cara Menyimpan Halaman Web Agar Bisa Dibuka Saat Offline

Sebenarnya ada cara menyimpan halaman web agar dapat dibuka saat offline, gak cuma satu halaman saja, tapi menyimpan semua halaman web yang terkait? Cara kerjanya adalah seperti membuat sebuah mirror site secara offline.

Kita bisa menggunakan sebuah aplikasi untuk menyedot property sebuah website secara lengkap, mulai dari text, gambar, audio, dokumen, video, script dan masih banyak elemen lain agar dapat kita buka secara offline. Atau bisa saja kita membatasi hanya ingin mendownload tipe file tertentu dari sebuah website, misalnya mendownload file dokumen bertipe word saja atau pdf saja.

Untuk melakukannya, kita memerlukan sebuah software bernama Teleport Pro

Cara Menyimpan Halaman Web Agar Bisa Dibuka Saat Offline Menggunakan Teleport Pro

Teleport pro adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk mendownload halaman web secara offline, berikut berbagai jenis file yang ada di dalam website tersebut, kecuali yang berbasis side server seperti file .php maupun database.

Untuk menyimpan halaman web secara offline  menggunakan Teleport Pro dapat mengikuti langkah sebagai berikut

1  Buat New Project Wizard pada bagian File

cara membuat situs web menjadi offline

2 Pada New Project Wizard kita bisa melakukan beberapa opsi penyimpanan halaman web agar bisa dibuka saat offline yaitu

cara menyimpan halaman web agar bisa dibuka saat offline

  • Create browsable copy of a website on my hard drive
  • Duplicate a website including directory structure
  • Search a website of a certain type
  • Explore every site linked from a central site
  • Retrieve one or more files at known addresses
  • Search a website for keywords
Baca juga  6 Game Terbaru PS4 Yang Menjadi Favorit Di 2019

Kita bisa menggunakan opsi create browsable copy atau duplicate website directory structur untuk menyimpan halaman web. Biasanya sih aku pake buat ngedownload komik online. Sementara jika kita mencari file bertipe tertentu dapat menggunakan opsi search a website of a certain type. Namun harap diingat bahwa jenis file ini harus bisa diakses langsung dari website, tidak menggunakan encryption link maupun captcha.

3 Isi starting address merujuk pada nama website yang ingin kita mirror. Kita juga bisa memulai starting address dari sub domain atau subkategori. Misal nih hanya komik sinchan yang akan kita ambil dari komikonline.com maka kita mulai starting addressnya dari komikonline.com/sinchan/ tinggal sesuaikan aja dengan sub bahasan yang ingin kalian ambil.

cara membuat web menjadi offline di chrome

Pastikan juga kalian mengisi how deeply links yang harus Teleport explore. Aku biasanya membatasi 2-3 aja dari starting points, ini biar halaman yang tersimpan tidak terlalu luas scopenya.

4 Pilih project properties, file bertipe apa saja yang ingin kita simpan dari halaman tersebut. Apakah hanya teks, teks dan gambar, teks, gambar dan suara, atau semuanya kita ambil. Jika untuk mengakses halaman situs tersebut membutuhkan login, Teleport juga akan meminta kita memasukkan username password di halaman project properties.

cara menyimpan halaman web untuk dibaca offline

5 Tentukan folder yang akan kita gunakan sebagai media tempat menyimpan file yang akan didownload Teleport Pro. Setelah itu kita bisa klik ok dan Teleport akan mulai melakukan download.

Oh ya, dalam proses downloadnya, kita bisa melakukan Pause, Play dan Stop. Karena seringkali website yang akan kita sedot memang cukup besar sementara komputer harus kita matikan. Maka kita bisa menggunakan tombol pause terlebih dahulu dan melanjutkan proses download tersebut keesokan harinya.

Baca juga  Mengatasi Komputer Lemot Karena Disk 100 % Pada Windows

Apa cara download halaman web agar bisa dibuka saat offline ini begitu lamanya? ya enggak juga, tergantung dengan tingkat kompleksitas web yang kita download dan juga berapa deep link yang kita masukkan dalam project wizard ini.

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *