Jenis Vaksin Corona Yang Siap Edar Di Berbagai Negara

Sobat Dolan, per 17 Desember 2020 Presiden baru saja mengumumkan akan menggratiskan vaksinasi corona bagi seluruh warga Indonesia, adapun vaksin Corona yang akan digunakan di Indonesia adalah Vaksin Sinovac yang bekerjasama dengan BioFarma untuk pengadaan vaksin di Indonesia, hingga saat ini sudah ada 1.2 juta dosis Sinovac di Indonesia, setidaknya, tinggal menunggu kepastian akan pelaksanaan vaksinasi yang sudah sangat ditunggu oleh masyarakat.

Varian Jenis Vaksin Corona Siap Edar

Selain Sinovac dari China, ada banyak jenis vaksin Corona yang dibuat dan telah melewati tiga fase uji klinis dan mulai didistribusikan di seluruh dunia. Inggris merupakan negara pertama yang menggelar vaksinasi corona secara resmi pada tanggal 11 Desember 2020 menggunakan Vaksin Pfizer.

Nah jenis vaksin apa saja sih yang sudah siap edar?

Vaksin Corona Pfizer BioNTech

Vaksin Corona yang merupakan hasil kerjasama dua perusahaan Farmasi Pzifer dari Amerika Serikat dan BioNTech dari Jerman menjadi vaksin pertama yang dirilis secara resmi di Inggris. Vaksin ini menggunakan metode mRNA dalam menjinakkan vaksin corona.

Target pertama pengguna vaksin ini adalah mereka yang tinggal di panti Jompo beserta stafnya, kemudian orang-orang tua dan tenaga kesehatan yang berada di garis depan melawan Corona.

varian jenis vaksin corona siap edar sinovac pfizer moderna sputnik astrazeneca sinopharm

Sejauh ini, vaksin Pfizer diklaim memiliki efektifitas 95%, namun masih belum disarankan penggunaannya untuk ibu hamil dan anak di bawah usia 16 tahun karena belum diketahui efek samping yang mungkin timbul karenanya.

Baca juga  Asuransi Kecelakaan, Perlu Gak Sih?

Selain di Inggris, China selain mengembangkan berbagai jenis vaksin diketahui tengah mengupayakan import terhadap jenis vaksin corona ini, Shanghai Fosun Pharmaceutical Group menargetkan membawa 100 juta vaksin Pfizer ini ke China daratan. Namun, tantangan utama vaksin Pfizer ini harus disimpan dalam suhu ekstrim dibawah -70 derajat celcius yang mungkin mempersulit distribusi untuk negara-negara tropis seperti Indonesia

Vaksin Covid 19 Sinopharm

Vaksin corona Sinopharm dikembangkan di China tepatnya di Institut Virologi Wuhan, nama lembaga yang pernah santer terdengar sebagai lembaga yang menjadi terduga penyebab awal menyebarnya virus Corona secara global ini telah berhasil mengembangkan vaksin Covid bernama Sinopharm.

Vaksin yang dibuat dengan metode innactivated vaccine (melemahkan virus corona) ini telah selesai melakukan tahap uji klinis fase 3 di China, Turki dan Uni Emirat Arab, di negara terakhir ini Sinopharm bahkan sudah melalui sertifikasi halal.

Di Indonesia sendiri Sinopharm menjadi salah satu dari tiga jenis vaksin China yang sempat diuji coba selain Sinovac dan Cansino Biologics. Sementara negara yang siap menggunakan Sinopharm secara massal adalah Bahrain dan Uni Emirat Arab

Vaksin Virus Corona Moderna

Moderna dibuat oleh perusahaan Moderna Inc dari Massaschusetts Amerika Serikat yang telah melewati uji klinis tahap 3. Vaksin yang dibuat dengan metode penyuntingan materi genetik virus mRNA ini diujicoba pada 30ribu sukarelawan dan mendapat tingkat efektifitas 94.5%

Pengujian juga dilakukan guna mengetahui efektifitas antibody setelah 3 bulan penyuntikan vaksin dan hasil yang didapatkan darah sukarelawan masih mengandung antibodi moderna.

Antivirus Corona Sputnik V

Antivirus corona berikutnya adalah Sputnik V, vaksin yang dikembangkan di negeri Beruang Merah Rusia ini telah melewati uji klinis fase 3 terhadap 16ribu sukarelawan. Vaksin buatan Gamaleya Institute ini dirancang untuk memicu respon tubuh dari dua suntikan yang dilakukan dalam selang waktu 21 hari.

Baca juga  Review Lengkap Konveksi Seragam Green Garment Konveksi Bandung

Saat ini terdapat dua jenis varian vaksin corona Sputnik V yaitu dalam bentuk cairan yang harus disimpan di suhu minus 18 derajat celcius dan bentuk kering beku yang dapat disimpan di suhu 2-8 derajat celcius

Vaksin Covid 19 Oxford AstraZeneca

Selain mengggunakan vaksin corona Pfizer, Inggris juga memiliki vaksin sendiri yang dibuat oleh Oxford dengan nama AstraZeneca. Virus berkode AZD12222 atau ChAdOx1 nCov-19 ini berasal dari adenovirus simpanse yang dimodifikasi guna menghasilkan protein pada sel manusia yang juga diproduksi oleh SARS-COV2.

Dengan demikian, virus ini merupakan pendekatan virus flu biasa yang menyebabkan infeksi pada simpanse namun memiliki urutan protein spike yang mirip virus corona.

Saat ini Universitas Oxford bekerjasama dengan BioPharmaceuticals R&D guna memproduksi virus, dan untuk proses pemberian vaksin selama pandemi, hanya dikenakan biaya pembuatan vaksin saja tanpa mengambil untung, oleh karenanya Vaksin AstraZeneca ini menjadi vaksin corona termurah di dunia dengan harga sekitar 2-4 dollar

Vaksin Coronavac Sinovac

Sinovac adalah vaksin yang resmi akan digunakan di Indonesia, vaksin bernama resmi Coronavac ini telah lulus uji klinis di Brazil dan China sendiri, pemerintah menunjuk BioFarma guna bekerjasama dengan Sinovac Biotech guna memproduksi vaksin tersebut di Indonesia. Hingga saat ini 1,2 juta vaksin Sinovac sudah tiba di Indonesia guna keperluan uji klinis. 15 juta dosis diharapkan tiba bulan Desember ini dan 30 juta dosis datang di bulan pertama 2021.

Kamu bisa mencari informasi terbaru seputar vaksin corona ini dari Halodoc juga lho. Di Halodoc selain dapet informasi seputar virus corona kalian bisa melakukan banyak hal, mulai dari mencari informasi seputar kesehatan, melakukan konsultasi dokter, melakukan janji temu dengan dokter atau melakukan schedule perawatan di RS, gak cuma itu aja cari informasi buat tes PCR or Swab juga bisa.

Baca juga  Minyak Urut Sumber Waras Membumikan Tradisi dan Kearifan Lokal Indonesia

Selain itu di Halodoc lagi ada tanya jawab seputar corona, yaitu cek risiko tertular corona yang tersedia secara interaktif di website Halodoc. Kek gini lho.

cek risiko virus corona halodoc

Boleh banget dicoba, karena disini aku jadi tau apa aja sih gejala terkena virus corona secara interaktif.

Presiden Pastikan Vaksin Corona Tersedia Gratis di Indonesia

Berita gembira bagi masyarakat Indonesia, karena per tanggal 17 Desember 2020 ini Presiden mengumumkan lewat Channel Youtube Sekretariat Presiden bahwa vaksin Corona akan tersedia gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia, ini berarti menganulir informasi sebelumnya yang mengharuskan 70 juta masyarakat Indonesia membeli vaksin ini secara mandiri.

Dalam kesempatan tersebut Presiden menargetkan Januari 2021 Indonesia sudah bisa melakukan vaksinasi. Semoga kita bisa segera melalui pandemi corona ini dengan baik, biar tahun depan sudah bisa beraktifitas normal seperti biasa. Tapi sebelum itu, tetap waspada ya gaes, dan tetap lakukan 3M, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menjaga Jarak serta Memakai Masker

38 comments

  1. Aku baru tahu ternyata banyak ya jenis-jenis vaksin corona itu
    Semoga setelah diuji coba, tidak menimbulkan efek samping ya
    Tak sabar rasanya untuk vaksin, supaya lebih aman dan terlindungi

    1. klo untuk efek samping biasanya ada mbak, seperti demam, kebas-kebas, tapi efeknya minim, dan semoga tidak berbahaya

  2. Jenis-jenis vaksin antiCovid-19 ada 6 ya Mas Priyo… Pfizer, Sinopharm, Moderna, Sputnik V, Oxford, dan Sinovac. Tetapi saya familiernya yang terakhir, Sinovac. Bismillah semoga bisa mengatasi Covid-19 di negeri tercinta ya

  3. Banyak juga ya jenis vaksin Covid, semoga pemerintah bisa memastikan keamanan vaksin terlebih dahulu sebelum digunakan ke masyarakat. Agar nanti tahun 2021 kita bisa beraktivitas seperti biasa

  4. Aku langganan Halodoc apalagi saat pandemi, beli vitamin dan obat di Halodoc saja terus ditinggal selonjoran datang deh obatnya.
    Kalau soal vaksin ,, infonya lengkap, banyak pilihan ya..senang jika sudah ada dan semoga efektif. Terutama karena Januari nanti suami rencana sudah full ngantor lagi, – saat ini selang-seling dengan WFH, dan anakku infonya sudah sekolah tatap muka. Pasti perlu vaksin kami sekeluarga

    1. aku masih agak horor sebenernya klo anak sekolah harus sekolah, setidaknya bisa ditunggu sampai vaksinasi ini sudah dilakukan biar orang tua lebih tenang

  5. Kalo mas sendiri, kira-kira akan daftar untuk divaksin kah atau termasuk tim yang cek ombak dulu nih hihihi? Ternyata banyak jenis vaksinnya ya selain Sinovac

    1. kalau saya, ngikut nanti proses pemberian vaksinnya seperti apa, klo saya sih lebih baik divaksin dulu mbak hehe

    1. vaksin pfizer kemungkinan agak sulit dalam proses distribusi di Indonesia kak, karena kebutuhan media penyimpanan yang -70 derajat celcius ini yang mungkin bakalan mempersulit proses vaksinasi di masyarakat

    1. Di dalam negeri juga lagi disiapin mbak wiwin, dari yang aku dengar nantinya diberi nama vaksin merah putih, n klo bisa diproduksi sendiri nantinya dipakai untuk penanganan dalam negeri dulu, baru klo lebih bisa dipake buat membantu negeri tetangga yang masih membutuhkan

  6. wah ternyata perkembangan vaksinnya sudah demikian pesat ya. semoga bisa segera dilaksanakan pemberian vaksinnya. ingin segera lepas dari rasa takut dan was-was seiap pergi kemanapun. rasanya udah seperti di medan perang, cuman musuhnya gak keliatan. semoga vaksin yang di pilih nanti efektif dan manjur.

  7. Halodoc ini andalan saya juga ka. Kayak kemarin saat anak demam, rewel, di rumah cuma berdua. Buka app Halodoc dan konsultasi sama dokternya.

  8. Aq baru tau kalo jenis vaksin ada banyak, semoga dari berbagai jenis ini bisa segera menuntaskan permasalahan pandemi yang ada

  9. Udah ngikutin Sinovac sejak Indonesia akhirnya milih ini vaksin. Meskipun benernya prefer ke Pfizer, tapi karena distribusi bakal sulit dan Sinovac yang gratis, sebagai warga negara yang baik kudu mendukung upaya pemerintah

    1. sebenernya mungkin bisa pake oxford juga, cuma setau aku mungkin bakalan repot juga klo orang tau vaksin ini dikembangkan dari sel janin yang digugurkan

    2. Meskipun sekarang udah ada vaksin untuk jenis virus ini, pastikan udah benar benar udah lulus uji ya kak, mengingat vaksin tersebut akan diberikan ke manusia.
      Tentu kita tak ingin mengambil resiko, supaya aman.

  10. Apapun jenis vaksinnya, semoga bisa melepaskan pandemi ini ya. sehingga kita bisa terbebas dari corona dan bisa melanjutkan hidup lebih baik lagi. Aamiin

  11. Semoga emang beneran gratis ya dan bukan hanya sekedar wacana kemudian terlupakan. Warga dunia khususnya Indonesia sudah lelah dengan adanya covid ini

  12. ternyata sudah banyak sekali vaksin yang sudah siap edar di berbagai negara ya. saya sendiri sejauh ini hanya tau vaksin sinovac, terima kasih artikelnya, sangat informatif

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *