Maksimalkan WordPressmu dengan Tips SEO berikut ini

Apa sih SEO, sepertinya mumetin. Itulah beberapa pertanyaan klasik yang umum dilontarkan oleh beberapa kanca digital yang menjadi blogger, terutama dari kalangan ibu-ibu. Pada dasarnya kemampuan menulis di blog, itu adalah suatu hal, sedangkan menyajikannya agar mudah dibaca search engine, adalah hal lain. Karena itulah umumnya jika ada temen yang bisa memberikan tips SEO, mereka dengan senang hati akan menerimanya.

Memang, Google saat ini mulai mengutamakan kualitas konten yang emang ditujukan untuk pembaca, bukan untuk dibaca oleh bot google. Lho maksudnya gimana? Jadi begini, untuk menyajikan hasil pencarian di halaman Google, Google mengembangkan algoritma pencarian. Algoritma ini disusun berdasarkan parameter-parameter tertentu agar menghasilkan jawaban yang relevan dengan apa yang benar-benar dicari oleh si pencari informasi tersebut. Masalahnya, namanya juga algoritma bikinan manusia, selalu ada celah yang dimanfaatkan oleh blogger tidak bertanggung jawab untuk menjebak bot google agar menampilkan situs mereka alih-alih situs yang lebih informatif. Mereka menggunakan berbagai teknik seperti keyword spider, keyword looping, spamming keyword, keyword stuffing, manipulasi backlink, clickbait, dan masih banyak lagi. Trik tersebut adalah jenis tips SEO, yang sekarang dikenal dengan istilah blackhat SEO.

Tren SEO terbaru

Sedikit demi sedikit, Google terus berupaya memperbaiki algoritma pencariannya, teknik blackhat yang dulunya masih lolos dari algoritma lama, mulai terkena sanksi di algoritma baru. Karena itulah sedikit demi sedikit Google mulai memperbaiki algoritmanya agar memberikan hasil yang lebih relevan bagi penggunanya.

Satu tahun yang lalu, Google melakukan salah satu update algoritma besarnya, algoritma tersebut memangkas habis banyak konten unauthoritive dari halaman pertama mesin pencari. Secara general, bagan berikut ini menunjukkan niche paling terdampak pembaruan Google.

Tiga besar niche terdampak adalah kesehatan, otomotif dan kecantikan, tiga ini memang selama tahun 2018 termasuk niche yang paling banyak diproduksi, baik oleh mastah yang mengincar keyword, ataupun oleh produsen produk yang ingin menjual produk-produknya. Sayangnya, seringkali pembuatan konten niche tersebut seringkali tidak dapat dipertanggungjawabkan. Cenderung melebih-lebihkan, dan tidak terverifikasi oleh ahli di bidangnya. Misalnya masalah kesehatan oleh dokter, otomotif oleh dealer resmi dan kecantikan oleh pakar kecantikan.

Pada gambar di atas, kita melihat banyak sekali website yang menyasar kata kunci Toyota Jogja, hanya satu situs yang muncul di halaman pencarian pertama yang memang berasal dari vendor, sisanya adalah website yang dibuat oleh para mastah yang mengincar keyword tersebut, biasanya mereka bekerja sama dengan seorang sales agen jika ada pengunjung yang tertarik membeli mobil lewat situs mereka.

Permasalahan semacam di atas adalah contoh dimana informasi yang muncul di hadapan pengunjung tidak resmi dari perusahaan terkait, yang ditakutkan adalah jika terjadi misinformasi di situs-situs semacam itu, maka pengunjung lah yang akan dirugikan.

Kemudian banyak sekali konten yang berkaitan dengan kesehatan maupun kecantikan. Konten kesehatan ini jika memang dibuat oleh tenaga kesehatan, tentunya akan memberikan informasi yang valid, bagaimana jika tidak? Bukankah ada peluang orang salah mengkonsumsi obat karena Google menyajikan jawaban dari situs yang tidak authoritive? Oleh karenanya, jika dulu rata-rata blogger pelit sekali memberikan external link ke blog orang lain, sekarang justru dibalik, tidak boleh pelit memberikan eksternal link. Hanya saja, harus dipastikan bahwa eksternal link tersebut mengarah ke situs yang memang authoritive.

Cerita lain dalam trend SEO adalah, meningkatnya pencarian berbasis Google voice, ini membuat algoritma pencarian tidak lagi hanya melihat exact keywordnya saja, tapi juga similar keywords dan long tail keywords. So enggak masalah jika kamu menggunakan long tail keyword, semakin panjang malah semakin bagus. Jika cara pengaksesan informasi sekarang mulai beralih dari teks ke audio. Konten justru bergerak sebaliknya, mulai beralih dari teks based menjadi visual based. Konten infografis dan video menjadi sangat diminati masyarakat. Orang tidak lagi mau membaca resep cara membuat kue dadar, mereka lebih suka menonton video cara membuat kue dadar di youtube.

Tidak kalah penting adalah tampilan situs yang ringan dan cepat. Lho suruh apdet konten video tapi kok minta loadingnya cepat? Semacam ngimpi kan ya? tapi enggak juga sih, kita bisa memaksimalkan penggunaan template responsif dan juga Accellerated Mobile Pages.

Accellerated Mobile Pages sendiri adalah mekanisme yang dibuat google dengan memanfaatkan CDN mereka untuk menampilkan tampilan situs yang lebih ramah pengguna handheld. Sebuah logo petir akan ditampilkan di hasil pencarian untuk menunjukkan pada pengguna bahwa sebuah situs telah mendukung format AMP ini.

Memaksimalkan WordPressmu dengan Plugin

Para pengguna hosting Indonesia yang menggunakan wordpress sebagai CMS engine blognya patut merasa bersyukur, karena WordPress memiliki sistem modular yang membuatnya mudah untuk dimaintenance, penambahan fitur bisa dilakukan semudah menginstall plugin tertentu.

Apa saja sih plugin yang penting untuk SEO di WordPress ini?

Rank Math SEO

maksimalkan wordpressmu dengan plugin seo

Jika kalian pernah menggunakan plugin SEO seperti Yoast atau AIO, maka plugin ini akan sangat memudahkan kalian untuk belajar. Rank Math seolah menggabungkan kemampuan SEO Yoast dan AIO. Saat plugin dalam kondisi aktif, kita bisa mendapatkan panduan menulis secara SEO seperti yang biasa kita temukan di plugin Yoast. Rank Math akan memberi tahu kalian jika kalian terlalu banyak menggunakan keywords dalam artikel yang sedang ditulis.

Rank Math juga memudahkan kita mengatur secara otomatis meta tag, excerpt dan berbagai istilah yang terlalu teknis untuk dipahami blogger yang lebih fokus pada meningkatkan kualitas tulisan alih-alih SEO Onpage.

Accellerated Mobile Pages

Plugin AMP cukup banyak, pilihanku jatuh pada AMP-WP buatan Ahmed Khaludi. Keunggulan plugin AMP ini tidak hanya dari segi kemudahan customnya. Tetapi juga kemampuan menempatkan iklan adsense, yang biasanya hanya bisa didapatkan plugin AMP lain versi premium.

Layaknya plugin SEO tetapi khusus untuk halaman accellerated, plugin satu ini memiliki kemampuan yang tidak kalah garang. Misalnya kemampuan untuk melakukan minify dan leverage browser caching (dua hal yang sering jadi penyebab nilai pagespeed blog kita jelek) dukungan google analytics dan structured data untuk halaman AMP, notice bar, contact form, dan masih banyak lagi. Semuanya free, beda banget sama plugin amp lain deh.

Schema

Jika kalian melihat halaman hasil pencarian Google, ada yang berubah cukup drastis dalam beberapa tahun terakhir ini, misalnya halaman pencarian bisa menunjukkan tayangan video, item produk e-commerce, foto, daftar list, dan masih banyak lagi. Tahukah kalian jika hal tersebut berasal dari structured data, pembuatan artikel blog tidak lagi sebatas hanya butuh terstruktur rapi agar mudah dibaca pengguna, tetapi juga terstruktur rapi agar mudah diklasifikasikan oleh search engine. Plugin schema, berperan penting untuk menghasilkan hasil pencarian yang sesuai dengan klasifikasinya. Jika ingin tampilan hasil pencarian blog kalian di search engine tampak lebih manis dan memukau, sangat disarankan untuk menginstall plugin satu ini.

A3 Lazy Loads

Kecepatan loading website menjadi faktor yang saat ini sangat dipertimbangkan oleh Google. Jika kalian menggunakan cloud hosting atau WordPress Hosting dari Qwords, kalian akan sangat terbantu, karena penggunaan hosting tersebut memang secara backend diciptakan untuk benar-benar memberikan response time yang cepat dengan basis cloud dan penggunaan SSD. Selain itu, kalian bisa menambahkan plugin a3 lazy loads.

Plugin satu ini seperti namanya, memang pemalas, dalam artian dia akan secara malas meload konten media dan dynamic, seperti gambar dan javascript. Lazy loads mengutamakan untuk menampilkan teks terlebih dulu ke layar pengguna. Dia bahkan hanya akan benar-benar meload gambar jika pengguna melakukan scroll ke arah area atau melewati gambar. Selain membantu mempercepat loading blog kita juga membantu user untuk menghemat kuota mereka.

Masih banyak sebenarnya plugin lain yang berguna di wordpress tetapi untuk artikel kali ini sepertinya empat plugin tersebut sudah lebih dari cukup untuk memaksimalkan wordpressmu. Dan akan lebih baik lagi jika kita menggunakan WordPress Hosting yang memang dioptimasi untuk mesin-mesin blog berbasis wordpress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *