5 Alasan Mengapa Anda Perlu Tahu Cara Menentukan Harga Jual Makanan

Setiap pebisnis produk pasti tahu bagaimana cara menarik keuntungan dari penjualan setiap unit. Bila produk jadi bisa Anda hitung dengan melihat harga beli ditambah biaya lain-lain, kemudian menentukan laba yang diinginkan, maka bisnis makanan membutuhkan penghitungan yang lebih rinci. Apalagi Anda yang menjadi pebisnis kuliner mulai pemilihan bahan, pengolahan hingga pengemasan, maka harus tahu cara menentukan harga jual makanan berikut HPP makanan tersebut.

Perbedaan Harga Jual dan HPP

Mungkin banyak orang yang bertanya, apa perbedaan antara harga pokok penjualan dengan harga jual? Harga Pokok Penjualan (HPP) adalah seluruh biaya yang diperlukan perusahaan untuk menghasilkan barang/jasa yang dijual kepada pelanggan.

Sementara yang dimaksud dengan harga jual adalah harga yang dibebankan kepada konsumen atau pembeli kita saat membeli produk.

Cara Menentukan Harga Jual Makanan

Bagaimana cara menentukan harga jual makanan dari restoran kita? Secara sederhana, harga jual makanan adalah nilai HPP ditambah laba yang Anda inginkan dari produk restoran anda. Atau dapat dirumuskan sebagai berikut

Rumus Harga Jual Makanan = Harga Pokok Penjualan + Laba

Kenapa Harus Menghitung HPP Makanan dalam Bisnis Kuliner?

Bisnis kuliner restoran, kafe atau warung makan memerlukan cara menentukan harga jual makanan, kemudian Anda baru bisa menentukan nilai laba yang diinginkan, lalu menjual sesuai dengan penghitungan. HPP ditambah laba yang Anda inginkan menjadi harga jual produk makanan tersebut, ya! Anda bisa melihat kompetisi harga di pasaran untuk produk yang sama agar bisa bersaing dengan memberikan harga yang lebih murah.

cara menentukan harga jual makanan

Kenapa Anda harus menghitung HPP makanan dengan tepat? Sebelum Anda terjun ke bisnis kuliner, maka simak alasan pentingnya HPP makanan atau food cost berikut :

Memiliki tujuan menentukan harga jual makanan

Dengan menghitung HPP makanan, Anda bisa memiliki referensi atau pertimbangan menentukan harga jual kelak. Harga jual tidak hanya dipengaruhi oleh harga pokok saja, tetapi nilai laba yang Anda inginkan berdasarkan ide atau resep, waktu dan tenaga pembuatan makanan tersebut.

Bisa mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam produksi makanan 

Menghitung HPP makanan sejak awal bisa membantu Anda yang tengah merintis bisnis kuliner untuk menentukan perkiraan biaya produksi. Apakah perusahaan mampu mengelola bahan mentah hingga menjadi makanan yang siap disajikan pada pelanggan dengan biaya operasional yang terbatas? Tentu hal ini menjadi bahan pertimbangan Anda yang memiliki modal terbatas atau ingin menghemat anggaran operasional usaha.

Menjadi bahan atau data pembuatan laporan laba rugi perusahaan 

perbedaan HPP dan harga jual cara menentukan harga jual makanan

Dalam laporan laba rugi perusahaan mingguan, bulanan hingga per periode satu tahun, Anda membutuhkan adanya HPP untuk menghitung total pendapatan atau kerugian yang didapatkan perusahaan. Anda bisa melihat finansial perusahaan sehat atau mengalami penurunan dengan laporan laba rugi ini. Laporan laba rugi menjadi aspek penting yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan kemudian hari. 

Melihat nilai keuntungan yang didapatkan dari satu produk 

HPP satu makanan bisa menjadi bahan pertimbangan Anda yang ingin melihat nilai keuntungan yang diberikan. Bila Anda punya usaha kuliner banyak produk makanan, HPP per produk bisa menjadi evaluasi usaha kedepannya. Mana menu produk yang memiliki nilai keuntungan paling besar dengan biaya atau harga pokok penjualan yang paling rendah. 

Bisa menjadi acuan perusahaan berkembang  

cara menentukan harga jual makanan

Jumlah HPP perusahaan menjadi bahan evaluasi pimpinan yang bisa menilai komponen mana kurang efektif atau bagaimana cara melakukan perbaikan pada harga pokok penjualan tersebut. Apakah bahan utama terus mengalami kenaikan, biaya operasional yang ikut naik atau faktor lain yang menyebabkan harga pokok penjualan naik sehingga nilai keuntungan menurun, daya beli masyarakat yang kurang menjangkau harga jual makanan dan berbagai perbaikan berkelanjutan. 

Tidak hanya perusahaan besar yang harus tahu cara menghitung HPP dan cara menentukan harga jual makanan, Anda yang tengah merintis usaha kuliner pun wajib memahami cara penghitungan yang benar. Kini Anda bisa memakai software akuntansi yang praktis untuk mendukung penghitungan harga pokok makanan yang lebih efisien. Tinggal memasukkan data yang dibutuhkan, Anda bisa melihat harga pokok penjualan produk makanan yang dijual. Selain itu, kemudahan pencatatan sistem keuangan yang bisa diakses kapan saja bisa membuat usaha Anda semakin berkembang pesat, lho! 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.