Begini Langkah Pemula Dapet Uang dari Blog

Bagi sebagian besar orang, mencari uang dari internet itu susah, apalagi bisa dapet uang dari blog, merasa sadar diri karena untuk menulis caption instagram yang panjang aja susah, apalagi harus menulis di blog yang panjang betul tulisannya.

Ingin menjadi seorang youtuber juga mungkin susah juga, meski jika kamu ingin jadi youtuber, kamu bisa banget lihat beberapa artikel di dolan digital ini mengenai tips-tipsnya.

Step by Step Cara Dapet Uang Dari Blog

Nah kali ini kita akan bicara soal gimana cara dapet uang dari blog, tapi kamu masih beneran pemula dan enggak tahu harus ngapain dulu untuk mulai mencari uang?

Punya Website

Sudah barang tentu, untuk mendapatkan uang dari blog, kamu harus punya website dahulu. Website ini terdiri dari dua ya, yang pertama adalah domain, atau alamat website kamu, dan yang kedua adalah hosting, yaitu tempat untuk menyimpan file-file yang akan ditampilkan di blog kamu.

cara dapet uang dari blog untuk pemula

Sebaiknya kalian membeli domain agar blog kalian terlihat profesional dan terpercaya, selanjutnya kalian bisa memilih apakah ingin menggunakan layanan hosting berbayar atau cukup menggunakan layanan blogspot.

Jika kamu memilih layanan blogspot kamu akan menghemat biaya, tetapi ada baiknya sih kamu menggunakan layanan hosting dan menggunakan wordpress sebagai engine blog kamu, karena wordpress punya banyak keunggulan untuk newbie seperti kamu saat ingin mempercantik blog kamu nantinya.

Kamu bisa menyerahkan urusan ini pada jasa pembuatan website untuk memudahkanmu mendapatkan blog yang terlihat profesional dan meyakinkan para pembaca dan calon klien kamu nantinya.

Baca juga  Tips Menambah Subscriber Youtube

Untuk urusan tampilan kamu bisa juga hire desain website jogja untuk mempercantik tampilan blog kamu agar semakin memanjakan mata para pembaca.

Mulailah Menulis

Setelah website kamu terisi, kamu harus mengisinya dengan konten/artikel yang menarik untuk para pembaca, sebuah artikel sebaiknya berisi tidak kurang dari 500 kata, semakin lengkap, unik dan spesifik artikel kamu, akan semakin banyak pembaca yang datang untuk membaca tulisan di blog kamu.

Namun, seandainya kamu belum bisa menulis dengan baik, kamu bisa memanfaatkan jasa para content writter yang tersebar di dunia maya, mereka akan membantu kamu menyiapkan konten siap publish untuk blog kamu.

Kamu cukup menyebutkan kata kunci apa yang ingin dibuatkan artikelnya dan tunggu sampai mereka selesai membuatnya. Oh ya, jasa content writter ini cukup murah kok, antara 10-20 ribu per konten artikel 500 kata.

Waktunya Dapet Uang dari Blog

Jika kamu sudah punya blog dan artikel yang rutin terupdate, paling tidak usahakan kamu update artikel 2x seminggu. Waktunya untuk mulai monetisasi blog kamu biar dapet cuan.

Ada banyak cara untuk dapetin uang dari blog.

Adsense

Adsense adalah layanan penyedia iklan dari Google, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai publisher di adsense, nantinya kamu akan diminta memasang kode iklan di blog kamu. Saat pengunjung membaca artikelmu, iklan tersebut akan tampil dan bisa diklik oleh pembaca yang tertarik.

Kamu akan mendapatkan bayaran per klik iklan tersebut

Affilate

Metode kedua adalah dengan cara affiliate, disini kamu bisa dapet uang dari blog dengan mempromosikan produk orang lain secara langsung di web kamu, sebelum bisa mempromosikan produk, kamu perlu bergabung terlebih dahulu dengan website penyedia afiliasi dan mulai membuat konten blog untuk mempromosikan produk orang lain.

Baca juga  5 Pekerjaan Yang Diperlukan di Era Big Data

Saat orang lain membeli lewat link afiliasi kamu, kamu akan mendapatkan komisi

Review

Siapa bilang review produk cuma bisa mengandalkan foto dan video ala youtuber, selebgram atau tiktokers, sebelum mereka berkembang, blog adalah lahan basah untuk melakukan review produk, kamu bisa dapetin banyak cuan dari blog hanya dengan review produk saja.

Rentang harga review ini bervariasi ya sobat digital, mulai dari 50ribu hingga jutaan rupiah per job.

Bingung gimana mulainya? coba deh konsultasi sama jasa pembuatan website jogja biar kamu punya gambaran yang lebih jelas step by stepnya. Jadi kapan kamu siap dapet duit dari blog?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *