Perbedaan Mentega dan Margarin

Apa sih sebenarnya perbedaan mentega dan margarin? Margarin dan mentega sering digunakan untuk bahan membuat roti, kue kering dan makanan lain. Namun tahukah kamu ternyata antara mentega dan margarin berbeda. Akan tetapi banyak yang belum mengetahui akan perbedaan duanya.

Untuk Lebih jelasnya bisa disimak perbedaan mentega dan margarin yang ada di bawah ini.

Ini Dia Perbedaan Mentega dan Margarin

Dilansir dari Web MD, disebutkan bahwa margarin dan mentega memiliki kesamaan yaitu sama-sama memiliki warna kuning dan bisa digunakan untuk memasak serta menggoreng.

Agar penggunaannya tidak tertukar, inilah perbedaan antara margarin dan mentega yang harus kamu tahu.

1. Bahan baku mentega adalah lemak susu hewan

Banyak orang yang mengenal mentega dengan sebutan butter. Perbedaan antara keduanya yang pertama yaitu dari bahan dasarnya. Untuk bahan baku dalam pembuatan mentega ini yaitu dari susu sapi.

Mentega berasal dari lemak susu yang dipisahkan dengan airnya sampai teksturnya menjadi padat dengan menggunakan metode tertentu.

Untuk susu yang dipakai busa dari susu sapi, kambing, kuda, kerbau atau unta. Kemudian lapisan lemak yang sudah berupa mentega , diolah kembali menjadi berbagai jenis mentega seperti  minyak samin, salted butter, butter cream dan lain-lain.

2. Margarin terbuat dari lemak nabati

Diatas sudah dijelaskan bahwa mentega terbuat dari susu. Dan untuk margarin berasal dari lemak tumbuh-tumbuhan. Margarin biasanya dipakai untuk menggantikan sumber lemak hewani terutama bagi orang-orang yang mengikuti paham vegan.

7 perbedaan mentega dan margarin

Untuk menjadi margarin yang kita tahu, ternyata margarin memerlukan beberapa bahan. Diantaranya Itu minyak sayur, air, garam dan emulsifier yang berguna untuk menyatukan semua bahan.

Lalu untuk proses pembuatan margarin biasanya memerlukan mesin  untuk pengolahannya.

3. Keduanya memiliki tekstur rasa yang berbeda

Kemudian perbedaan selanjutnya dilihat dari rasa antara keduanya. Margarine dan mentega memiliki rasa yang tak sama. Rasa yang dimiliki mentega lebih harum khas susu dan karamel. Sehingga aroma yang dimilikinya cenderung beraroma manis.

Jadi tumisan, gorengan ataupun masakan lain yang menggunakan mentega maka aromanya menjadi lebih berlemak serta rasa gurih yang pekat. Dan untuk margarin memang lebih ringan di lidah.

Inilah yang membuat mereka lebih sering dipakai untuk bahan campuran dalam pembuatan roti dan kue.

Kemudian untuk rasa yang dimiliki pada margarin memang lebih gurih. Margarin biasanya dipakai untuk olesan roti ataupun pengganti minyak goreng saat memasak.

4. Mentega dan margarin mudah dibedakan melalui bentuk fisiknya

Margarin dan mentega juga mudah untuk dibedakan hanya dilihat dari bentuk fisiknya. Untuk warna yang dimiliki mentega memang cenderung kuning pucat ke arah putih. Teksturnya juga lebih padat meskipun memiliki titik didih yang sangat rendah. Inilah yang membuat mentega tidak bisa disimpan pada suhu ruang.

Kemudian untuk warna yang dimiliki margarin yaitu kuning dan memiliki tekstur yang lebih lembut. Apabila dipegang, tekstur margarin lebih cepat lumat ditangan. Dan karena memiliki titik didih yang tinggi maka margarin bisa disimpan pada suhu ruang.

5. Hasil akhir pada pembuatan roti dan kue juga berbeda

Saat mentega dan margarin digunakan untuk membuat kue dan roti maka hasil yang diberikan juga akan berbeda.

Pada tekstur roti dan kue yang dibuat dengan campuran mentega akan terasa lembut. Jadi kue yang dibuat dengan mentega biasanya juga akan menghasilkan remahan yang lebih banyak.

Kemudian untuk roti dan kue yang dibuat dengan margarin, teksturnya akan lebih padat dan renyah, sehingga teksturnya juga agak sedikit keras. Sehingga margarin cocok digunakan untuk membuat kue kering.

6. Perbedaan Keawetan

Bagi yang tinggal pada suhu tropis kota, seperti Malang dan Surabaya tentunya harus hati-hati dalam menyimpan mentega. Hal ini dikarenakan mentega sifatnya yang mudah meleleh.

Dan untuk margarin tak perlu disimpan dan tanpa perlu  dimasukan ke lemari pendingin.

7. Kandungan air

Bentuk mentega memang lebih padat, namun kandungan air yang ada di dalam mentega lebih banyak

Jadi untuk pemilihan apakah harus dengan mentega atau kah margarin, semuanya tergantung dari tujuan dan selera yang dimiliki. Karena ada yang memilihnya karena alasan memiliki aroma yang enak, rasa, tekstur maupun pertimbangan kesehatan.

Setiap merek tentunya menawarkan kandungan yang berbeda-beda. sehingga untuk memilih produk tersebut juga harus cermat agar aman dan sehat dikonsumsi. Makin padat mentega maupun margarin yang kamu beli maka akan semakin tinggi pula kadar lemaknya.

Namun yang paling penting yaitu margarin dan mentega ini akan membuat makanan menjadi lebih lezat dan bergizi. Dan memilih mentega dan margarin tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan. Dan jika memiliki penyakit jantung maupun gangguan serupa sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui pilihan terbaik untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.